5 Karakter Disney yang Bisa Dijadikan Edukasi Anak

Minggu, 21 November 2021 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

5 Karakter Disney Yang Bisa Dijadikan Edukasi Anak

Foto: DeviantArt

Ladiestory.id - Film Disney merupakan salah satu film yang setia menemani kehidupan kita mulai sejak kecil hingga dewasa. Dulu Disney hanya mengangkat karakter kartun dan ditujukan untuk anak-anak saja.

Namun, saat ini Disney mulai memproduksi film yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Film dengan karakter Princess Disney memiliki banyak kisah unik yang menginspirasi, sehingga bisa dijadikan teladan atau edukasi untuk anak kita.

Mengenal Karakter Princess Disney

Karakter Disney apa saja yang bisa dijadikan bahan edukasi untuk anak-anak kita, yuk kita kenalan dulu dengan karakter Princess Disney.

1. Mulan

Foto : Amazon

Masih ingat dengan film animasi Disney yang berjudul Mulan? Mulan merupakan salah satu Princess Disney yang bercerita tentang seorang gadis yang berpura-pura menjadi laki-laki untuk menjadi prajurit dan menggantikan ayahnya yang sakit sementara adik laki-lakinya masih sakit.

Hal yang bisa dijadikan edukasi untuk anak kita adalah karakter Mulan yang berbakti kepada orangtua dan negaranya.

2. Pocahontas

Foto : Hugh Fox

Pocahontas merupakan tokoh fiksi Amerika Indian dari film animasi Disney Pocahontas. Diceritakan Pocahontas adalah seorang anak kepala suku dari Indian yang berteman dengan John Smith dari Inggris, dimana hal tersebut dibenci oleh suku-suku Indian.

Meskipun Pocahontas ingin ikut dengan John Smith ke Inggris, namun dia memilih tetap tinggal di tanah kelahirannya. Ia yakin orang-orang masih membutuhkannya, kemudian ia rela berpisah dengan John Smith.

Karakter yang tidak egois, mau mengalah dan mementingkan kepentingan orang lain di atas kepentingan pribadi, bisa dijadikan bahan pembelajaran ke anak kita.

3. Tiana

Foto : Amazon

Siapa yang masih ingat dengan Tiana? Ya betul sekali. Dalam film Disney yang berjudul The Princess and The Frog, kita mengenal satu karakter putri Tiana. Tiana merupakan seorang perempuan yang memiliki impian atau cita-cita membuka restoran.

Ia memiliki karakter pekerja keras, dan menggunakan kemampuan serta ketrampilannya secara maksimal untuk mewujudkan keinginannya.

Walau banyak sekali tantangan yang dihadapi mulai dari bekerja keras, menabung sampai kebingungan karena tiba-tiba berubah menjadi katak. Dalam karakter Tiana, anak-anak bisa diedukasi untuk mencapai cita-cita atau keinginan dibutuhkan perjuangan dan semangat pantang menyerah.

4. Cinderella

Foto : YouTube

Semua kalangan pastinya sudah tidak asing lagi dengan Cinderella. Film Disney yang bercerita tentang seorang putri yang ditinggal ayahnya ke kota, dan mendapatkan perlakuan tidak baik dari ibu tiri serta adik tirinya.

Namun dia tetap berbaik hati sampai suatu ketika datang seorang peri yang merubah kehidupannya. Dalam karakter Cinderella ini mengajarkan kita untuk selalu berbuat baik kepada semua orang, dan tidak mendendam walau diperlakukan tidak baik oleh orang lain. Wah, patut dicontoh sekali ini.

5. Moana

Foto : pinterest

Kesuksesan film Moana menjadi bukti betapa kuatnya Disney dalam urusan membuat film animasi keluarga dengan karakter utama seorang gadis muda. Moana bercerita tentang seorang gadis muda yang berusaha keras mengembalikan batu pounamu yang merupakan jatung Te Fiti.

Dalam film Disney Moana dijelaskan seorang perempuan yang suka berempati terhadap orang lain, memiliki keberanian dan pendirian yang teguh.

Nah itulah beberapa karakter Disney yang kuat dan patut dijadikan contoh bagi anak-anak kita. Manfaatkan film favorit anak untuk mengajarkannya karakter yang terbaik.