Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Rambutmu

Rabu, 27 Januari 2021 | 14:52:07

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Rambutmu

Rambut adalah salah satu anggota tubuh yang paling sering jadi pusat perhatian. Setuju ? Makanya, kita perlu nih lebih menjaga kesehatan rambut agar gak mudah rusak. Karena ternyata banyak pemicu yang membuat rambut rusak salah satunya meninggalkan rambut dalam keadaan basah saat tidur. Hayo siapa yang sering kaya gini ? saat basah rambut dalam kondisi yang sangat rapuh dan gesekan dengan sarung bantal memicu kerontokan. ??

5 Hal  Buruk yang Bisa Merusak Rambutmu

Mengikat rambut terlalu kencang

Bagi kamu yang berambut panjang, mungkin akan mengikat rambut sesekali. Apalagi, jika cuaca panas. Padahal, mengikat rambut bisa menyebabkan kerontokan. Mengikat terlalu kencang akan menarik rambut dari akar, membuatnya jadi rapuh dan mudah tercabut. Berhati-hatilah mengikat rambut saat masih basah. Karena kondisinya lebih rapuh dan mudah patah, jelas laman Self. Oleh karena itu, rambut harus sering dibiarkan dalam kondisi terurai. Jika harus diikat, jangan terlalu ketat, ya!

Mencuci rambut terlalu sering

Menurut dr. Melissa Piliang dari Cleveland Clinic, keramas terlalu sering akan menyebabkan kerusakan pada rambut, jelasnya di laman The Healthy. Apalagi, jika menggunakan dry shampoo (sampo kering). Wajarnya, kita keramas setiap 2-3 hari sekali, tergantung apakah rambut mulai berminyak atau tidak. Khusus untuk orang keturunan Afrika, disarankan untuk keramas setiap 7-10 hari sekali. Sebab, rambut mereka lebih kering dan rapuh, akibat struktur rambut mereka yang keriting. Sementara, orang berambut lurus harus lebih sering keramas karena rambutnya cepat berminyak dan lepek.

Melakukan bleaching terlalu sering

Sebelum mewarnai rambut, kita pasti melakukan proses bleaching terlebih dahulu. Tetapi, menurut dr. Melissa Piliang, bleaching bisa merusak kutikula rambut, terangnya di laman The Healthy. Selain itu, serat rambut akan menipis dan lebih rentan rusak. Proses bleaching bisa menghilangkan kelembapan alami pada rambut, lalu membuat rambut rapuh dan rontok. Tak jarang, kulit kepala terasa panas, timbul sensasi terbakar, kemerahan dan gatal akibat larutan bleaching yang bersentuhan dengan kulit.

Mengeringkan Rambut dengan Menggosok Pakai Handuk

Banyak orang yang menggosok-gosokan rambut dengan handuk dengan tujuan agar cepat kering. Sayangnya, tindakan ini tidak tepat karena dapat menyebabkan tekstur rambut menjadi lebih kasar dan mudah rusak. Untuk mengeringkan rambut, sebaiknya biarkan rambut terkena udara terbuka dan kering dengan sendirinya.

Menyisir Rambut Terlalu Sering

Banyak orang meyakini bahwa semakin sering disisir, rambut akan semakin lembut dan juga tidak kusut. Sayangnya, itu hanyalah mitos. Faktanya, semakin sering disisir, semakin banyak tarikan dan gesekan pada rambut.

So, yuk mulai perhatian lagi dengan kesehatan rambut kita. Life isn't perfect, but your hair can be ladies!??

Sumber Foto Utama: istockphoto.com