Kelebihan Dan Kekurangan Pada Bahan Kain Katun Stretch, Berikut Penjelasannya

Jumat, 13 Agustus 2021 | 07:18:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Kelebihan Dan Kekurangan Pada Bahan Kain Katun Stretch, Berikut Penjelasannya

foto:instagram/neokranggan.official

Kamu mungkin pernah mendengar nama kain katun stretch? Kamu mungkin juga berfikir jika bahan ini menyerupai kain katun biasa atau lebih ke arah kain spandex.

Jika dilihat dari katanya, streacth berarti mudah direnggangkan atau elastis, jadi bahan kain katun stretch ini merupakan kain jenis katun yang mudah melar.

Kain katun yang terbuat dari 2 jenis serat disebut katun stretch. Yang pertama yaitu serat utama merupakan serat kapas atau cotton, dan yang kedua merupakan serat spandex atau Iycra yang biasa dikenal memiliki daya elastisitas yang baik, serta disebut sebagai bahan yang kuat dan tahan lama ketimbang dengan karet alam.

foto:instagram/lollipop.fabric
foto:instagram/lollipop.fabric

 

Katun stretch bahannya tetap bisa menyerap keringat dan dingin sebab mayoritas bahannya adalah kapas. Pemakaian campuran spandex atau Iycra pada kain hanya beberapa persen saja agar kain bisa memiliki daya elastis atau stretch.

Menurut kami, katun jenis stretch ini mungkin sama saja dengan katun spandex, atau mungkin memang katun spandex yang ada di Indonesia disebut dengan katun stretch sebab karakter kainnya yang dapat merenggang atau melar. Poin utamanya yaitu tinggal bagaimana cara kain ini ditenun. Apakah dengan teknik Woven atau kniting.

Bila kami ingin mengetahui kain yang memakai struktur woven, maka tengoklah kain semacam Linen, denim, cotton twill, satin, dan chiffon. Jenis itu merupakan beberapa contoh kain dengan teknik woven. Biasanya, kain dengan teknik woven tidak berkarakter stretch atau renggang. Kecuali bila Iycra atau serat spandex di tenun secara bersamaan.

Sedangkan bila kamu ingin mengetahui kain dengan teknik knitting, maka lihatlah kain semacam bahan untuk kaos seperti combed, carded, dan sejenisnya, kemudian dapat juga melihat bahan untuk sweater. Jenis itu merupakan contoh dari kain dengan teknik knitted. Kain dengan struktur knitting biasanya memiliki karakter yang dapat merenggang, walau tidak mengandung bahan spandex.

Saat ini sudah banyak sekali jenis bahan kain, salah satunya kain bahan katun stretch. Bahan ini banyak dipakai untuk bahan dasar pembuatan fashion seperti kaos dan juga untuk membuat celana, pakaian dalam dan legging.

foto:instagram/lollipop.fabric
foto:instagram/lollipop.fabric

 

Kain katun stretch juga memiliki kelebihan serta kekurangan tentunya. Apa saja? Simak ulasan di bawah.

Kelebihan Bahan Kain Katun Stretch

Kain jenis bahan katun stretch ini sudah menjadi salah satu bahan favorit atau unggulan pada industri pakaian atau fashion. Sebab bahan kain katun stretch ini memiliki banyak kelebihan yang tidak di miliki bahan kain lainnya.

foto:instagram/lollipop.fabric
foto:instagram/lollipop.fabric

 

Kelebihannya yaitu nyaman ketika digunakan, adem dan sejuk jika sudah menempel pada bagian kulit. Sebab bahan kain ini berasal dari bahan katun, disisi lain bahan katun stretch ini bisa dengan baik menyerap keringat dan juga mengikuti lekuk bentuk tubuh.

Seperti kamu memiliki badan yang berukuran besar atau big size, bahan kain ini akan dapat merenggang dan membalut badan kamu dengan sempurna.

Kekurangan Bahan Kain Katun Stretch

Sesudah membahas mengenai kelebihan dari bahan katun strecth ini berikutnya kita akan membahas perihal kekurangannya.

foto:instagram/lollipop.fabric
foto:instagram/lollipop.fabric

 

Salah satu dari kekurangan bahan kain katun ini yaitu pada proses perawatannya, misalnya dalam proses mencucinya kamu haruslah berhati-hati.

Sebab kain ini memiliki kandungan spandex yang bisa menjadi merenggang atau melebar jika dicuci dengan menggunakan mesin cuci.

Jadi lebih baik cucilah bahan kain ini dengan manual atau dengan tangan, pada waktu menjemur pun pastikan jangan di jemur atau jangan di gantung.