Kembangkan Bakat, Ini 5 Rekomendasi Aplikasi untuk Tulisanmu

Sabtu, 16 Juli 2022 | 09:20:00

Kembangkan Bakat, Ini 5 Rekomendasi Aplikasi Untuk Tulisanmu

Ilustrasi Orang Menulis. (Pinterest)

Ladiestory.id - Menulis merupakan suatu proses menuangkan gagasan, ide, dan pendapat dalam suatu tulisan. Di zaman sekarang, menulis, membaca hingga belanja buku bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi digital berupa gadget dan aplikasi.

Berikut ini 5 rekomendasi aplikasi menulis dan membaca untuk menyalurkan hobi dan bakatmu.

Wattpad

Ilustrasi Aplikasi Wattpad. (Special)

Aplikasi pertama yang direkomendasikan yaitu Wattpad. Diluncurkan pertama kali pada 2006 oleh Allen Lau dan Ivan Yuen, aplikasi ini dapat digunakan sebagai sarana bagi kamu yang hobi menulis atau sekadar membaca karya tulis dalam bentuk artikel, novel, puisi, cerita pendek, quotes, dan sejenisnya.

Hingga kini, Wattpad memiliki lebih dari 100 juta cerita yang bisa kamu baca secara online hanya dengan registrasi melalui akun Facebook atau Google.

Aplikasi ini sudah tersedia untuk Android maupun iOS. Selain untuk membaca dan menyalurkan hobi menulis, Wattpad juga bisa digunakan untuk menghasilkan uang melalui fitur Paid Story. Bahkan, kamu juga berkesempatan untuk karyamu diterbitkan oleh penerbit.

NovelMe

Ilustrasi Aplikasi NovelMe. (Special)

Rekomendasi aplikasi menulis dan membaca yang kedua yaitu NovelMe. Aplikasi yang satu ini cukup baik dalam hal menghasilkan uang karena apabila kamu rajin dan taat pada ketentuan penulisan, minimal dapat menghasilkan uang senilai Rp400 Ribu tiap bulannya.

NovelMe pun akan mengontrak genre tulisan apa pun dan akan memberikan kesempatan promosi bergilir pada tiap penulisnya. Namun sayangnya, kontrak pada aplikasi ini bersifat selamanya sehingga kesempatan untuk mengunggah tulisan di platform atau di penerbit lain akan sulit, bahkan tidak bisa terjadi.

Bagi kamu yang tertarik, aplikasi ini bisa di-install pada Android maupun iOS.

Joyread

Ilustrasi Aplikasi Joyread. (Special)

Joyread merupakan salah satu aplikasi yang menyediakan beragam cerita menarik untuk pecinta novel. Bagi kamu yang ingin mencoba aplikasi ini, kamu bisa mendapatkannya di Google Play Store.

Fizzo Novel

Ilustrasi Aplikasi Fizzo Novel. (Special)

Fizzo Novel merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk menulis maupun membaca novel dengan genre yang beraneka ragam, mulai dari romantis, horor, fiksi, hingga non fiksi.

Bagi kamu yang suka menulis dan ingin mendapatkan penghasilan dari karyamu, kamu wajib banget mencoba aplikasi ini. Aplikasi Fizzo Novel juga tersedia untuk platform Android maupun iOS.

NovelToon

Ilustrasi Aplikasi NovelToon. (Special)

Salah satu platform menulis yang bagus untuk menghasilkan uang bagi para penulis yaitu NovelToon. Aplikasi ini memiliki dua sistem poin yang digunakan untuk membaca cerita secara online dan membaca novel yang difavoritkan.

Tersedia banyak genre bacaan di aplikasi ini, seperti romantis, fantasy, hingga horor. Diantara beberapa aplikasi membaca dan menulis, NovelToon terbilang cukup bagus.

Bagi kamu yang ingin menulis atau membaca cerita pada aplikasi ini, harus lebih bersabar karena untuk melakukan update diperlukan moderasi, yaitu proses untuk menentukan layak atau tidaknya cerita tersebut dimuat.

Agar kamu bisa menghasilkan uang pada aplikasi ini, kamu harus mengajukan kontrak terlebih dahulu, serta rajin update cerita. Minimal satu chapter dengan panjang 800-1000 kata per hari, serta 20 bab dengan jumlah 20 ribu kata.

Aplikasi NovelToon sudah tersedia untuk platform Android maupun iOS.

Nah, itu tadi 5 rekomendasi aplikasi menulis sekaligus membaca untuk menyalurkan hobi dan bakatmu. Selamat mencoba!