Kenali 5 Tipe Tetangga dan Cara Jalin Komunikasi dengan Mereka

Senin, 13 Februari 2023 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Kenali 5 Tipe Tetangga Dan Cara Jalin Komunikasi Dengan Mereka

Ilustrasi mengobrol dengan tetangga. (Special)

Ladiestory.id - Ada ungkapan yang menyatakan bahwa tetangga adalah saudara terdekat kita. Hal tersebut memang benar adanya, saat kamu butuh bantuan dan mengalami hal yang mendesak, orang pertama yang akan kamu mintai tolong adalah tetangga.

Menjalin hubungan dengan tetangga sebenarnya hal yang gampang-gampang susah. Pasalnya, tetangga memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda. Ada tetangga yang ramah, ada yang cuek, bahkan ada juga yang sering menimbulkan amarah.

Cara menjalin komunikasi tetangga juga tentunya berbeda-beda. Kamu harus bisa menyesuaikan dengan sifat dan karakternya. Karena salah dalam cara berkomunikasi justru akan menimbulkan masalah baru dan membuat hubungan dengan tetangga menjadi tidak baik. Nah, Ladiestory.Id telah merangkum lima tipe tetangga dan cara jalin komunikasi dengan mereka. 

Tetangga Antisosial

Ilustrasi tetangga antisosial. (Special)

 

Tipe tetangga yang mungkin akan kamu temukan di lingkungan sekitarmu adalah tetangga antisosial. Umumnya tetangga semacam ini biasa ditemukan di kompleks perumahan mewah ataupun apartemen. 

Kamu bisa dengan mudah mengenali tipe tetangga antisosial. Biasanya mereka tidak menyukai aktivitas sosial dengan orang-orang di sekitarnya. Selain itu, mereka juga cenderung lebih sering berada di dalam rumah. 

Untuk bisa mengenal mereka bukanlah hal yang mudah. Kamu bisa mulai menyapa mereka saat berpapasan, namun kamu juga tidak perlu memaksa agar bisa akrab dengan mereka, ya. Hal ini akan membuat mereka merasa tak nyaman. 

Tetangga Tukang Gosip

Tipe tetangga selanjutnya yang akan banyak kamu temui di lingkungan sekitar adalah tetangga tukang gosip. Mereka biasanya akan lebih ramah dan dekat dengan siapapun. Namun, tipe tetangga seperti ini perlu kamu waspadai. Mereka bisa saja tiba-tiba datang ke rumahmu dan menceritakan keburukan orang lain. Kamu juga sebaiknya tak perlu menanggapinya, karena bisa saja suatu saat ia menyebarkan berita jelek tentang keluargamu. Sebaiknya, bicara seperlunya saja dan hindari membicarakan masalah personal dengan mereka. 

Tetangga Ramah

Ilustrasi tetangga ramah. (Special) 

 

Tetangga ramah dan tetangga tukang gosip sekilas mungkin akan terlihat sama. Pasalnya, mereka akan selalu terlihat ramah kepada siapapun. Namun, tipe tetangga ini bukanlah tipe tetangga yang suka membicarakan keburukan orang lain. 

Mereka tidak hanya bersikap ramah dalam ucapan namun juga dalam perbuatan. Tipe tetangga yang ramah akan mudah sekali untuk berbaur. Bahkan kamu juga tidak akan kesulitan saat akan memulai komunikasi dengan mereka. Mereka akan dengan senang hati menyapa, menanyakan kabar, atau bahkan menawarkan bantuan.

Tetangga Menyebalkan

Ilustrasi tetangga ramah. (Special)

 

Kamu bisa saja punya tetangga yang menyebalkan, lho. Mereka biasanya memiliki kebiasaan buruk seperti tidak bisa menjaga perkataan atau bahkan sikap yang kurang dipelihara. Tak jarang juga tipe tetangga ini dapat memicu terjadinya keributan di lingkungan sekitar. 

Nah, agar hidupmu tenang dan tidak terpancing emosi karena sikap dan perbuatan mereka, maka sebaiknya kamu bersikap biasa saja. Tidak perlu terlalu dekat dan berkomunikasilah seperlunya saja. Kamu juga tidak perlu meladeni ucapan mereka yang mungkin akan mengganggumu. 

Tetangga Dermawan

Tipe tetangga terakhir yang mungkin akan kamu temui di lingkungan sekitarmu adalah tetangga yang dermawan. Mereka akan dengan senang hati memberikan bantuan kepada siapapun dalam bentuk apapun. Baik berupa uang, barang, maupun jasa. 

Mereka juga biasanya akan senang berbagi ke tetangga sekitarnya, lho. Kamu juga tidak akan kesulitan jika harus menjalin komunikasi dengan mereka. Kamu bisa membicarakan hal-hal yang baik dan mereka akan dengan senang hati mendengarkannya. Semakin kamu berbuat baik dengan mereka, maka mereka juga akan semakin baik kepadamu.