Kenali Berbagai Fakta Seputar Keratin Rambut

Jumat, 15 Januari 2021 | 12:18:38

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

Kenali Berbagai Fakta Seputar Keratin Rambut

Salah satu komponen penyusun yang membuat rambut tampak sehat dan berkilau adalah keratin. Perlu diketahui, keratin adalah protein alami yang diproduksi oleh tubuh untuk membentuk dan menjaga rambut agar tetap sehat, kuat, dan lembut. Dengan segudang manfaat yang dimiliki, tak heran jika jenis protein alami satu ini juga sering digunakan sebagai bahan perawatan rambut. Yuk, kenali berbagai fakta seputar keratin rambut lebih jauh di artikel ini!

Keratin Merupakan Protein Dasar Pembentuk Rambut

Keratin adalah protein alami yang ada pada rambut, kuku, dan gigi. Keratin pada rambut berperan untuk menjaga rambut tetap sehat dan berkilau. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi protein alami dalam tubuh ini akan berkurang. Selain itu, gaya hidup juga memengaruhi kadar keratin yang diproduksi tubuh. Polusi, paparan sinar matahari, penggunaan hair dryer dan catok, hingga penggunaan zat kimia pada pewarnaan rambut dapat menyebabkan produksi keratin berkurang. Untuk itu, tak ada salahnya memberikan asupan keratin dari luar melalui produk-produk khusus

Kerap Digunakan untuk Smoothing Treatment

Manfaat lain yang ditawarkan keratin adalah membuat rambut tampak lebih lurus. Secara alamiah, orang yang memiliki rambut lurus memiliki kadar protein alami lebih tinggi dibanding pemilik rambut keriting. Tidak heran, keratin juga kerap dimanfaatkan dalam proses smoothing. Metode smoothing menggunakan jenis protein ini dikenal juga dengan istilah keratin treatment. Saat ini, keratin treatment semakin digemari sebagai metode pelurusan rambut, karena bisa membuat rambut lurus sekaligus tetap terlihat lembut dan lebih berkilau.

Bermanfaat Memberi Lapisan Perlindungan Pada Rambut

Untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau, protein alami pada rambut harus tetap terjaga. Sebab, 90 persen komponen rambut terdiri dari keratin dan protein satu ini berperan memberi lapisan perlindungan pada rambut. Apabila kekurangan keratin, kerusakan pada rambut akan semakin mudah terjadi. Misalnya seperti rambut kering, mudah patah, dan kusam. Untuk melindungi rambut dari risiko kerusakan, penggunaan shampoo dan kondisioner yang mengandung keratin penting untuk dilakukan.

Dampak Positif dan Negatif Keratin Treatment Salon Terhadap Rambut

Karena memiliki banyak manfaat bagi rambut, tidak heran jika banyak salon menawarkan keratin treatment untuk memperbaiki kerusakan maupun merawat rambut. Salah satu treatment yang menggunakan protein alami ini adalah teknik pelurusan rambut, baik smoothing maupun rebonding. Namun, kendati bisa membuat rambut lebih halus, treatment di salon tak dapat dipungkiri juga memiliki beberapa dampak negatif. Hal ini karena penggunaan bahan-bahan kimia yang sering masih sering dilibatkan. Bagi Kamu yang melakukan perawatan keratin di salon, ada baiknya pelajari dulu kelebihan dan kekurangan yang mungkin terjadi.

Perawatan Keratin yang Lebih Aman Dengan Harga Terjangkau

Melakukan perawatan keratin di salon mungkin memang sangat menarik bagi kaum wanita. Bagaimana tidak, bayang-bayang rambut lurus dan halus sudah menanti di depan mata. Meski begitu, sebagian di antara Kamu mungkin masih ragu melakukannya karena khawatir dampak negatif yang mungkin mengikuti. Tak hanya itu, keratin treatment di salon juga memerlukan biaya yang tak sedikit. Namun tak perlu khawatir, karena kini Kamu bisa melakukan perawatan keratin yang lebih aman dan mudah di rumah.

Keratin treatment juga sebaiknya tidak dilakukan oleh ibu hamil. Hal ini karena risiko paparan bahan kimia di dalam krim keratin dikhawatirkan dapat mengganggu perkembangan janin. Rambut yang lembut dan berkilau akan memudahkan kamu untuk menatanya dan tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com