Kenali Tipe Rambut Kombinasi, Begini Cara Merawatnya

Senin, 29 Januari 2024 | 15:37:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Kenali Tipe Rambut Kombinasi, Begini Cara Merawatnya

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Rambut merupakan mahkota bagi tiap perempuan, maka tak heran apabila seorang wanita melakukan berbagai perawatan agar rambutnya tetap bersih dan berkilau. 

Sama halnya dengan kulit, rambut juga dapat dikategorikan sebagai kombinasi. Rambut tipe kombinasi biasanya cenderung berminyak pada bagian akarnya, dan ujung rambut yang bercabang. Sayangnya, banyak perempuan yang tidak menyadari hal ini.

“Orang dengan rambut kombinasi memproduksi minyak secara berlebihan di kulit kepala, dan minyak tidak didistribusikan melalui batang rambut sampai ke ujung rambut. Jadi, kita melihat rambut dengan kulit kepala berminyak dan ujung kering dan rapuh,” jelas Heemskerk, selaku International Education Manager Balmain Hair Couture

Rambut kombinasi pada umumnya terjadi pada seseorang yang memiliki rambut halus dan panjang karena kemungkinan besar memiliki kulit kepala berminyak. Hal ini karena seseorang dengan kulit kepala halus memiliki lebih banyak kelenjar minyak di kulit kepala dibandingkan jenis rambut kasar, sehingga akar rambut juga cenderung berminyak. 

Melansir Byrdie, ini cara merawat rambut kombinasi.

Jangan Keramas Berlebihan

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Anabel Kingsley, Kepala Ahli Trikologi Philip Kingsley, mengatakan bahwa lebih baik hindari keramas yang berlebihan. Pasalnya, keramas berlebih dapat menyebabkan kulit kepala menghasilkan lebih banyak sebum karena produksi minyak yang berlebihan.

“Mencuci rambut berlebihan bisa membuat kulit kepala menjadi berminyak dan rambut kering. Jangan keramas lebih dari sekali sehari,” kata Anabel Kingsley.

Pilih Sampo dan Kondisioner yang Tepat

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Cara terbaik merawat rambut kombinasi adalah dengan memilih sampo dan kondisioner yang tepat. Jika kulit kepala cenderung berminyak, hindari produk rambut yang terlalu menghidrasi karena dapat meningkatkan penumpukan produk.

Sebaliknya, untuk kulit kepala yang cenderung kering harus menghindari formula berat yang akan melapisi ujung rambut dan membuatnya berminyak.

Scrub Kulit Kepala

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Scrub kulit kepala sangat bermanfaat bagi jenis kulit rambut apapun. Anabel Kingsley merekomendasikan penggunaan eksfoliator untuk menenangkan kulit kepala, menghaluskan sel-sel kulit mati, dan mengatasi ketidakseimbangan.

Carilah perawatan kulit kepala yang mengandung asam salisilat pengelupas kulit, piroctone olamine anti-mikroba, asam hialuronat yang menghidrasi, dan shea butter untuk kulit kepala yang berminyak.

Kurangi Penggunaan Alat Hair Styling

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Bagi pemilik tipe rambut kombinasi, sebaiknya kurangi penggunaan hair styling yang bersifat panas agar kulit kepala dan ujung rambut tidak terkelupas. Sebaiknya terlebih dahulu gunakan semprotan pelindung sebelum menggunakan alat hair styling.

Rutin Sisir Rambut

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Tipe rambut kombinasi biasanya membutuhkan kelembapan dari tengah hingga ujung, menyisir dengan kondisioner saat rambut masih basah merupakan cara termudah untuk mendistribusikan hidrasi yang tidak akan membebani rambut.