Kerap Jadi Menu Diet, Ini 5 Manfaat Mie Shirataki bagi Kesehatan Tubuh

Minggu, 28 Mei 2023 | 00:00:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Kerap Jadi Menu Diet, Ini 5 Manfaat Mie Shirataki Bagi Kesehatan Tubuh

Banner Image: Mie shirataki. (Special)

Ladiestory.id - Mie shirataki atau mie konjak merupakan jenis makanan yang bahan utama pembuatannya berasal dari akar tanaman konjak. Mie shirataki memiliki bentuk dan tekstur yang menyerupai bihun atau soun. Hanya saja, kandungan yang ada dalam mie ini berbeda dengan jenis mie pada umumnya.

Jika pada jenis mie lain seperti mie kuning, bihun, maupun soun kandungan karbohidrat cukup tinggi, sementara pada mie shirataki kandungan karbohidratnya lebih rendah. Oleh karena itu, jenis mie ini sangat cocok dijadikan menu diet untuk menurunkan berat badan. 

Ladiestory.Id telah merangkum lima manfaat mie shirataki bagi kesehatan tubuh. 

1. Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi menimbang berat badan. (Special)

 

Dalam mie shirataki terdapat kandungan serat glucomannan. Kandungan serat ini sangat efektif untuk memperlambat gerakan usus besar. Sehingga proses pengosongan perut menjadi sedikit lebih lama yang akan membuat kamu akan selalu merasa kenyang dan tidak mudah lapar. 

Oleh karena itu, mie shirataki kerap dijadikan alternatif menu untuk diet menurunkan berat badan. Bahkan berdasarkan sebuah penelitian, jika kamu mengonsumsi mie shirataki selama empat minggu maka hormon lapar di dalam tubuh yaitu ghrelin akan menurun. Dengan adanya penurunan hormon tersebut, maka kamu akan lebih bisa menahan lapar dan mengurangi keinginan untuk makan.

2. Menurunkan Kolesterol

Ilustrasi mengecek kadar kolesterol. (Special)

 

Mie shirataki diketahui memiliki kandungan serat yang tinggi yaitu serat glucomanan. Mengonsumsi makanan yang tinggi serat ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, lho. 

Jadi, menjadikan mie shirataki sebagai menu harian juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Pasalnya, serat glucomanan yang ada dalam mie shirataki mampu membantu tubuh untuk mengeluarkan kolesterol melalui feses. Semakin banyak kolesterol yang dikeluarkan melalui feses maka akan membuat kadar kolesterol jahat dalam darah menurun. 

3. Mencegah Sembelit

Ilustrasi mengalami sembelit. (Special)

 

Manfaat selanjutnya yang dimiliki mie shirataki adalah dapat mencegah terjadinya sembelit atau konstipasi. Sembelit dapat terjadi jika tubuh kekurangan serat sehingga feses menjadi keras. 

Dengan mengonsumsi mie shirataki yang tinggi serat maka dapat membantu melancarkan pencernaan. Serat glucomanan yang terdapat dalam mie ini juga mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus sehingga melancarkan pergerakan usus dan feses mudah untuk dikeluarkan. 

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Ilustrasi mengecek kadar gula darah. (Special)

 

Selain bagus untuk diet, mie shirataki juga ternyata aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Jenis mie ini tidak menyebabkan kenaikan kadar gula dalam darah justru dapat menurunkan kadar gula darah, lho. Manfaat ini didapatkan karena peranan serat glucomanan yang ada dalam mie shirataki. Serat glucomanan ini diyakini mampu membantu menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, kamu juga akan terhindar dari risiko terjadinya resistensi insulin karena peranan dari serat glucomanan yang ada dalam mie shirataki. 

5. Mengurangi Risiko Kanker Usus Besar

Ilustrasi mengecek kadar gula darah. (Special)

 

Manfaat mie shirataki sangat erat kaitannya dengan kesehatan sistem pencernaan. Jenis makanan ini juga dapat membantu menurunkan risiko terkena kanker usus besar, lho. 

Mie shirataki termasuk jenis makanan yang mudah dicerna, namun tidak semua kandungan di dalamnya dicerna sepenuhnya. Kandungan serat glucomanan termasuk yang tidak dicerna sepenuhnya, serat ini hanya melewati sistem pencernaan dan dibuang melalui usus besar.

Proses ini kemudian menimbulkan pergerakan usus besar yang berguna untuk membersihkan saluran pencernaan. Sehingga semua racun dan sisa makanan yang tersisa dapat dengan mudah dikeluarkan melalui feses. 

Nah, itulah lima manfaat mie shirataki bagi kesehatan tubuh. Meskipun bagus untuk sistem pencernaan, namun sebaiknya hindari mengonsumsi makanan ini secara berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan ringan.