Keren Banget! 4 Destinasi Wisata Alam Papua Wajib Kamu Kunjungi

Kamis, 20 Januari 2022 | 20:30:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Keren Banget! 4 Destinasi Wisata Alam Papua Wajib Kamu Kunjungi

Ilustrasi mendaki gunung salju. (special)

Ladiestory.id - Papua merupakan salah satu pulau di Indonesia yang terletak di bagian paling timur. Di pulau ini terdapat aneka ragam keindahan alam yang tak kalah menarik dibandingkan dengan negara Eropa dan lainnya.

Mendapat julukan 'Tanah Mutiara Hitam' pulau Papua menyajikan pemandangan yang menyejukkan mata dan sangat mempesona.

Bagi Kamu yang ingin mengisi agenda liburan di awal tahun, Papua menjadi salah satu rekomendasi pulau yang wajib Kamu kunjungi. Tak hanya menawarkan keindahan alam saja, di Papua juga banyak menyimpan kearifan budaya lokal yang masih terjaga sampai saat ini.

Menjelajahi beberapa tempat wisata alam di Papua tentunya akan menjadi pengalaman yang unik dan menarik yang bisa Kamu coba.

Nah, penasaran kan Ladies, seperti apa keindahan wisata alam di Papua? Simak terus ulasan berikut ini ya.

1. Raja Ampat

Ilustrasi wisata Raja Ampat. (special)

Tempat wisata alam di Papua yang cukup populer salah satunya adalah Raja Ampat. Pesona alam dan keindahan Raja Ampat memang tidak diragukan lagi. Tempat ini sering dikunjungi para wisatawan lokal atau mancanegara.

Terdiri dari empat pulau besar yaitu Waigeo, Misool, Salawati, Batata dan pulau-pulau kecil lainnya membuat Raja Ampat semakin indah dipandang mata. Tak hanya itu saja, Raja Ampat juga memiliki beragam keindahan laut yang bisa Kamu nikmati saat menyelam.

Kamu akan melihat pemandangan bawah laut yang sangat fantastik dengan aneka ikan hias dan terumbu karang yang unik.

2. Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Ilustrasi Taman Nasional Teluk Cendrawasih. (special)

Bagi Kamu pecinta olahraga air, Kamu wajib mengunjungi Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Taman Nasional ini sebagian besar berupa perairan, sehingga tak jarang banyak wisatawan yang melakukan diving di tempat ini.

Tempat wisata ini menyajikan pemandangan bawah laut yang begitu eksotis, dengan beragam flora dan fauna yang unik dan menarik. Terdapat bermacam jenis ikan, penyu, hiu dan lumba-lumba yang akan menemanimu menyelam menjelajah wisata bawah laut.

Tak hanya keindahan bawah laut saja, di tempat ini Kamu juga bisa menjelajahi beberapa pulau lainnya. Salah satunya adalah Pulau Mioswaar, yang memiliki sumber air panas dan gua yang terkenal keindahannya.

3. Danau Sentani

Ilustrasi Danau Sentani. (special)

Wisata alam di Papua yang lainnya adalah Danau Sentani. Danau ini merupakan danau terbesar di Papua yang memiliki keindahan, dan menjadi kebanggaan masyarakat lokal. Danau Sentani terletak di Kabupaten Jayapura, dengan luas sekitar 9.000 hektar, danau ini merupakan sember air dari 14 sungai besar yang ada di Papua.

Selain itu danau ini juga menghasilkan ikan dalam skala besar, yaitu mencapai 1.800 ton setiap tahunnya. Kamu bisa menjelajahi keindahan Danau Sentani dengan menggunakan kapal motor, menikmati sunrise dan sunset di Danau Sentani akan membuat Kamu enggan beranjak dari tempat ini.

4. Taman Nasional Lorentz

Ilustrasi Taman Nasional Lorentz. (special)

Taman Nasional Lorentz merupakan salah satu wisata alam di Papua yang tak boleh Kamu lewatkan. Taman Nasional Lorentz memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan sehingga diakui sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO.

Memiliki luas sekitar 2,5 juta hektar dan menempati 10 kabupaten di Papua menjadikan Taman Nasional Lorentz, menjadi salah satu wisata alam termegah di Asia Tenggara.

Tak hanya itu, Taman Nasional Lorentz juga memiliki ekosistem terlengkap di Asia Pasifik, mulai dari ekosistem hutan, ekosistem laut dan ekosistem pegunungan salju. Namun sayangnya salju di pegunungan Papua semakin menipis seiring adanya pemanasan global.