Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Eksfoliasi Wajah Biar Nggak Iritasi

Kamis, 23 September 2021 | 00:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Eksfoliasi Wajah Biar Nggak Iritasi

Foto: Ladiestory.id

Eksfoliasi adalah salah satu tahapan perawatan kulit yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati di lapisan terluar kulit dan membersihkan pori-pori wajah.

Rutin eksfoliasi dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk menyerap skincare lebih baik. Tak hanya itu, kulit pun akan tampak cerah, dan pori-pori wajah tampak mengecil.

Kesalahan dalam Eksfoliasi

Namun, masih banyak orang yang masih melakukan eksfoliasi wajah dengan cara yang tidak tepat sehingga malah menimbulkan masalah baru pada kulit wajah, seperti kulit dehidrasi, kemerahan, dan breakout. Agar kulit terhindar dari masalah-masalah tersebut, yuk hindari 5 kesalahan eksfoliasi wajah berikut ini!

1. Eksfoliasi wajah secara berlebihan

Foto: Ladiestory.id

Eksfoliasi wajah memang sangat berguna untuk menjaga kebersihan kulit wajah, tapi kalau dilakukan secara berlebihan tentu juga tidak baik untuk kulit wajah. Eksfoliasi wajah secara berlebihan dapat mengacaukan skin barrier.

Skin barrier yang rusak dapat memicu kulit yang dehidrasi dan sensitif. Jika wajahmu mulai kemerahan dan iritasi, hentikan dulu proses eksfoliasi dan kembali menggunakan basic skincare , yakni cleanser, moisturizer, dan sunscreen. Gunakan skincare dengan bahan yang bersifat menenangkan, misalnya Centella asiatica dan ceramide.

2. Tidak menggunakan pelembap setelah eksfoliasi

Sel kulit lapisan luar yang ikut terangkat dalam proses eksfoliasi dapat meningkatkan sensitivitas kulit. Untuk itu dianjurkan menggunakan pelembap dalam bentuk hydrating toner dan moisturizer setelah eksfoliasi.

Atau jika kamu baru pertama kali melakukan eksfoliasi dengan toner, kamu bisa melakukan metode buffer, yaitu melapisi kulit terlebih dulu dengan hydrating toner, kemudian menggunakan exfoliating toner, dan ditutup dengan hydrating toner lagi untuk meminimalkan risiko iritasi dan melembapkan kulit.

3. Tidak menggunakan sunscreen keesokan paginya

Foto: Ladiestory.id

Sehubungan dengan poin sebelumnya, bahwa sel kulit luar yang terangkat dan tereksfoliasi dapat meningkatkan senstivitas wajah, salah satunya menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Selain menggunakan pelembap, jangan lupa juga untuk menggunakan sunscreen keesokan paginya untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV.

4. Menggosok wajah terlalu keras

Mungkin sebagian dari kita berpikir bahwa semakin kencang menggosok semakin banyak pula kotoran yang terangkat. Gosokan wajah yang terlalu keras menyebabkan kulit yang teriritasi. Pijatlah wajah secara perlahan ke arah atas dan memutar searah jarum jam agar aliran darah di wajah menjadi lancar.

5. Menggabungkan dua jenis eksfoliasi dalam satu tahap

Foto: Ladiestory.id

Jika kamu menggunakan dua jenis eksfoliasi, physical atau chemical, jangan pakai keduanya dalam satu skincare routine untuk menghindari eksfoliasi yang berlebihan. Berikan jeda selama beberapa hari sebelum memakai jenis eksfoliasi lainnya. 

Bagaimana, merasa ada yang salah dengan cara melakukan eksfoliasi wajah kamu selama ini? Mulai sekarang yuk, kita hindari 5 kesalahan eksfoliasi wajah tersebut agar kulit tampak sehat. Semoga bermanfaat! 

Berita Terkait