Ketahui 5 Manfaat Air Mawar untuk Wajah, Bisa Bantu Hilangkan Jerawat

Jumat, 12 Mei 2023 | 00:00:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Ketahui 5 Manfaat Air Mawar Untuk Wajah, Bisa Bantu Hilangkan Jerawat

Ilustrasi Air Mawar. (Special)

Ladiestory.id - Mawar merupakan salah satu jenis bunga yang tak hanya bisa dijadikan sebagai hiasan namun juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan kulit wajah. Manfaat ini bisa kamu dapatkan dengan menggunakan air mawar secara rutin. Air mawar atau rose water adalah air yang berasal dari hasil rebusan kelopak bunga mawar. Khasiat air mawar untuk kesehatan kulit wajah bahkan telah diakui sejak zaman abad pertengahan di kawasan Timur Tengah. 

Kini, air mawar telah banyak digunakan oleh masyarakat sebagai salah satu skincare yang murah namun punya banyak manfaat. Bahkan sekarang juga telah tersedia air mawar kemasan yang semakin memudahkan kamu untuk merawat kulit.

Ladies, inilah lima manfaat air mawar bagi wajah, simak yuk! 

Melembapkan Kulit Wajah

Ilustrasi Kulit Glowing. (Special)

 

Dalam air mawar terdapat kandungan pelembap alami yang dapat membuat kulit tetap lembap dan terhidrasi dengan baik. Selain itu, terdapat juga kandungan zat antioksidan yang dapat membantu menangkal paparan radikal bebas sehingga kulit tetap terjaga kesehatannya. 

Untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering, kamu bisa manfaatkan air mawar sebagai toner dalam rangkaian perawatan wajah yang kamu lakukan. Selain itu, kamu juga bisa gunakan air mawar ini untuk menjaga kelembapan bagian tubuh yang lain seperti tangan dan kaki. 

Mencegah Penuaan Dini

Ilustrasi penuaan dini. (Special)

 

Manfaat selanjutnya yang akan kamu dapatkan dengan rutin menggunakan air mawar adalah dapat membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Penuaan dini ditandai dengan munculnya garis halus dan kerutan di wajah.

Jika menggunakan air mawar secara rutin, maka tanda-tanda penuaan dini tersebut akan hilang. Pasalnya, dalam air mawar terdapat kandungan zat antioksidan yang berfungsi untuk menghambat kerusakan kulit yang menyebabkan kulit menjadi lebih cepat tua dan keriput.

Mengatasi Peradangan Kulit

Ilustrasi Menghambat Regenerasi Kulit. (Special)

 

Dalam air mawar diketahui juga mengandung polifenol dan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan dan antiradang. Sehingga air mawar bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada kulit. Misalnya peradangan yang terjadi karena penyakit eksim dan rosacea. Air mawar bersifat dingin dan menenangkan kulit sehingga aman untuk digunakan. Cara memanfaatkan air mawar sangat mudah yaitu dengan cara membasahi kapas dengan air mawar. Kemudian oleskan secara merata pada area kulit yang bermasalah. 

Mengurangi Jerawat

Ilustrasi Wajah Berjerawat. (Special)

 

Air mawar juga diyakini dapat membantu mengatasi jerawat. Air mawar mampu membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit wajah karena kandungan pH dalam air mawar dinilai cukup rendah. 

Selain itu, terdapat juga kandungan zat antiseptik dan antibakteri dalam air mawar. Kedua kandungan ini berfungsi untuk membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Nah, agar kamu bisa mendapatkan manfaat tersebut, caranya cukup mudah yaitu dengan memanfaatkan air mawar sebagai toner. Basahi kapas dengan air mawar dan usapkan ke seluruh bagian wajah. Gunakan secara rutin setiap pagi dan malam setelah kamu selesai membersihkan wajah. 

Mengatasi Mata Lelah

Ilustrasi Mata lelah. (Special)

 

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah, air mawar juga dapat membantu mengatasi keluhan pada mata, salah satunya adalah mata lelah. Gejala mata lelah seperti mata terasa nyeri dan berair dapat diatasi dengan cara mengompres mata menggunakan air mawar. 

Cara memanfaatkannya cukup mudah yaitu dengan membasahi kapas dengan air mawar, kemudian kompres bagian mata sekitar 20 menit. Lakukan hal ini secara berulang dan rutin hingga gejala mata lelah mulai menghilang.