1. Beauty
  2. Ketahui Cara Menghilangkan Jerawat di Leher Menurut Ahli
Beauty

Ketahui Cara Menghilangkan Jerawat di Leher Menurut Ahli

Ketahui Cara Menghilangkan Jerawat di Leher Menurut Ahli

Ilustrasi Jerawat Leher. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Jerawat adalah permasalah kulit yang sangat mengganggu dan bisa muncul di bagian kulit mana pun, seperti di leher.

Jerawat yang muncul di leher ini bisa berupa komedo putih, komedo hitam, atau bahkan jerawat kistik, dan bisa muncul di mana saja mulai dari bawah dagu hingga dada.

Penyebab jerawat di leher tidak jauh berbeda dengan penyebab munculnya jerawat di bagian mana pun di wajah atau tubuh. Hal ini karena pada intinya, jerawat terjadi ketika pori-pori tersumbat yang dapat terjadi karena kelebihan sebum, penumpukan sel kulit mati, atau bakteri.

Dilansir dari Instyle Online, wanita lebih rentan berjerawat di leher jika mereka menderita PCOS, yang menyebabkan fluktuasi hormonal, termasuk lonjakan hormon dominan pria seperti androgen dan testosteron, yang menyebabkan peningkatan produksi minyak.

Sedangkan pria bisa menderita jerawat di leher akibat mencukur dan rambut tumbuh ke dalam yang terlihat seperti jerawat atau menjadi jerawat.

Cara Cegah Jerawat Leher

Ilustrasi Jerawat Leher. (Freepik.com)

 

Para ahli sepakat bahwa fokus pada perawatan kulit yang berpusat pada leher merupakan langkah penting dalam mencegah timbulnya jerawat di leher.

Untuk mencegah timbulnya jerawat di leher perlu melakukan perawatan yang sama saat merawat kulit wajah.

Jika jerawat di leher adalah kondisi kulit kronis, kamu mungkin perlu memasukkan produk perawatan kulit khusus anti jerawat ke dalam rutinitas harian untuk mencegah jerawat di leher muncul.

Namun, jika pengobatan tidak membantu dalam dua hingga empat minggu, ini merupakan sinyal untuk menemui dokter kulit untuk evaluasi dan rencana perawatan yang lebih menyeluruh.

Hal yang Harus Dihindari Saat Mengalami Jerawat Leher

Ilustrasi Jerawat Leher. (Freepik.com)

 

Saat muncul jerawat pada leher, hindari scrubbing yang keras karena dapat mengiritasi kulit dan memperparah jerawat, begitu juga dengan produk yang keras.

Seorang ahli juga merekomendasikan untuk tidak menggunakan pakaian ketat dan kerah di sekitar leher serta bahan yang tidak dapat menyerap keringat.

Selain itu, para profesional juga mengatakan untuk menghindari membiarkan rambut menempel di leher, dan jika rambut itu menutupi leher, maka harus dipastikan rambut itu bersih.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel