Ketahui Cara Pertahankan Fokus untuk Pengidap ADHD

Selasa, 6 Februari 2024 | 16:44:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Ketahui Cara Pertahankan Fokus Untuk Pengidap Adhd

Ilustrasi ADHD. (Freepik.com)

Ladiestory.id - ADHD atau attention deficit hyperactivity disorder adalah gangguan mental yang menyebabkan pengidapnya sulit memusatkan perhatian, serta memiliki perilaku impulsif dan hiperaktif. Hingga saat ini, penyebab utama ADHD belum diketahui dengan pasti akan tetapi, kondisi ini diduga dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan.

ADHD juga diduga berkaitan dengan gangguan pada pola aliran listrik otak atau gelombang otak. Ada pula yang menganggap bahwa gangguan perilaku hiperaktif ini disebabkan oleh sugar rush atau konsumsi gula berlebihan. Namun, hal ini belum terbukti benar.

Kendati demikian, hal yang paasti adalah pengidap ADHD mengalami kesulitan untuk fokus pada salah satu hal. Dilansir dari Healthline Online, berikut adalah beberapa cara untuk pertahankan fokus pada pengidap ADHD.

Bersikap Baik Pada Diri Sendiri

Ilustrasi ADHD. (Freepik.com)

Jika kamu penderita ADHD, kamu pasti seringkali bermonolog batin dan menanyakan apa yang salah dengan dirimu saat kamu tidak bisa fokus pada suatu hal.

Berfokus pada suatu hal itu sulit. Menyalahkan diri sendiri tidak akan membantu, karena konsentrasi itu seperti cuaca yang terkadang cerah, namun di lain waktu terlihat mendung.

Daripada berteriak ke langit, cobalah menerima keberadaanmu secara terbuka. Dalam hal ini, sedikit kebaikan bisa sangat membantu dalam memastikan kamu tidak menyerah terlalu cepat.

Jadwalkan Beberapa Sesi Gerakan 10 Menit

Ilustrasi ADHD. (Freepik.com)

Beristirahat di tengah tugas dengan menari, melompat, atau sekadar berjalan dari satu ujung jalan ke ujung jalan lainnya dapat menjadi bantuan yang berguna untuk meningkatkan fokus dan energi.

Hal itu akan meningkatkan suasana hati terutama jika kamu sedang dalam kondisi menyalahkan diri sendiri.

Coba Pernapasan Perut

Ilustrasi ADHD. (Freepik.com)

Kecemasan dan stres benar-benar dapat menumpuk ketika kamu mencoba berkonsentrasi, sampai pada titik di mana hal itu menjadi tembok mengerikan yang tampaknya tidak dapat ditembus.

Namun, ada berbagai macam latihan pernapasan yang patut dicoba untuk membantu menghilangkan hambatan tersebut. Salah satunya adalah pernapasan perut. Pernapasan perut adalah salah satu cara terbaik untuk  meredakan stres.

Latihan pernapasan perut dapat membantu mengelola kecemasan serta menawarkan banyak manfaat kesehatan mental karena saat menarik napas, sinyal dikirimkan ke otak lalu menyuruh kita untuk tenang dan rileks.