Keterlambatan Bicara pada Anak, Cari Penyebabnya Yuk!

Senin, 10 Juni 2019 | 08:00:41

okta viyana

Penulis : okta viyana

Keterlambatan Bicara Pada Anak, Cari Penyebabnya Yuk!

Wah, anakku sudah 2 tahun tapi belum ada kata berarti yang bisa diucapkan nih.

Hai moms, aku ada pengalaman ni untuk?anak yang yang kurang bisa mengucapkan kata kata bermakna pada usia hampir 2 tahun. Anakku, Elang sebut saja. Dia hanya bisa mengucapkan bagian kata yang terakhir. Seperti, mobil jadi bing, makan jadi kan, bahkan untuk pengulangan kata seperti Mama, atau Papa dia masih menguucap Emaaa, Epaa.. Bingung dong, pasti. Eits, tapi bukan semua itu langsung di-judge?Speech Delay?lho Maa.. Karena banyak banget pemeriksaan terkait Diagnosa ini.

Aku sampai bingung pergi ke Psikolog anak dan ke dokter tumbuh kembang anak. Jawaban mereka memang bikin lumayan khawatir sih. Bahwa seharusnya anak usia 18 bulan setidaknya bisa mengelurkan kata dengan jelas minimal 3 kata selain papa mama. Tapi, setelah menjalani berbagai pemeriksaan hati ini mulai tenang, karena sudah ditangani oleh ahlinya.

Pemeriksaan yang dijalani hanya dengan melihat anak bermain, melihat fokus anak dan komunikasi dua arah. Nah, setelah banyak sekali pertanyaan yang diberondong kepada saya. Ternyata ada beberapa penyebab anak saya masih kurang bisa ngomong jelas.

Dulu, saat MPASI Elang kerap kali mengemut makanannya lama sekali, dia juga baru disapih seminggu belakangan, makan masih suka yang halus dan lembut, apabila ada yang kasar langsung di lepeh. Nah, itu juga bisa menjadi penyebabnya lo. Perkembangan Oral Motorik tidak begitu baik sehingga otot otot Oralmotornya kaku. Jadi harus apa dong? Pijat Oralmotor jawabannya. Dan pijat ini bisa dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke Pusat rehabilitasi. Menggunakan sikat gigi 3 step yang biasanya dimiliki oleh anak.

Caranya adalah

1. Tekan bagian bibir atas 3-5 detik kemudian bagian bibir bawah 3-5 detik 3x secara bergantian

2. Pijat bagian pipidalam sampai menggelembung. pijatnya hingga pipi anak tidak terasa kaku. Lakukan pipi kanan dan pipi kiri bergantian

3. Pijat memutar bagian gusi dari atas, masuk ke gusi ujung atas, gusi bawah kakan kiri sampai kembali bertemu titik awal pijat. lakukan 3x putaran

4. Pijat bagian langit - langit dari arah depan (Dekat gigi) sampai bagian tengah langit langit 3x

5. Pijat bagian lidah, dan sikat lidah ke arah depan.

Nah, semoga kita sebagai orang tua banyak belajar, bahwa proses makan juga mempengaruhi kemampuan biacara anak.

Foto : google