Khawatir SPF Palsu? Unitary Persembahkan Rangkaian Produk Sunscreen Terbaik Dunia

Kamis, 14 September 2023 | 05:00:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Khawatir Spf Palsu? Unitary Persembahkan Rangkaian Produk Sunscreen Terbaik Dunia

Ilustrasi sunscreen. (Special)

Ladiestory.id - Kulit merupakan bagian terluar tubuh yang langsung berpapasan dengan sinar matahari. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk melindunginya dengan sunscreen. Selain melindungi kulit dari sinar UV, penggunaan sunscreen juga bisa menghambat penuaan dini dan mencegah kanker kulit.

Menurut para ahli, radiasi sinar ultraviolet bisa memicu kerusakan hingga kanker kulit. Pasalnya, 90 persen kanker kulit disebabkan oleh paparan sinar UV. Hopkins Medicine memaparkan bahwa sunscreen bisa menjaga kesehatan kulit wajah. Jika digunakan setiap hari dengan tepat, produk ini bisa mencegah terjadinya sunburn dan penuaan dini yang disertai flek hitam serta kerutan.

Sebelum memilih sunscreen, konsumen perlu memperhatikan dua hal:

1. Perhatikan Klaim SPF

Rangkaian produk Suncreen dengan SPF Terbaik Dunia dari Unitary. (Unitary)

 

Kandungan sun protection factor (SPF) penting untuk dipertimbangkan. Faktor ini dapat diidentifikasi sebagai tanda kemampuan suatu produk sunscreen dalam menangkal sinar ultraviolet. SPF biasanya tercantum di label kemasan dan memiliki tingkat yang berbeda. SPF 15 hanya bisa menahan 93 persen radiasi sinar UVB selama 2,5 jam di luar ruangan.

Sementara SPF 30 mampu menahan 97 persen radiasi dengan tingkat ketahanan mencapai lima jam. Terakhir, SPF 50 sangat direkomendasikan jika kita sedang travelling atau mempunyai pekerjaan yang kerap mengharuskan berada di luar ruangan. Sunscreen dengan SPF 50 mampu menahan sinar UVB hingga delapan jam.

Kini perlu lebih teliti dalam memastikan kandungan SPF pada sunscreen. Baru-baru ini, para pecinta skincare dihebohkan dengan skandal SPF palsu yang dibeberkan oleh ERICIKO, seorang blogger yang aktif di TikTok. Blogger tersebut menggunakan tes mesin lab dan tes kulit manusia untuk mengukur nilai kandungan SPF pada sunscreen / tabir surya. Setelah hasil tes keluar, beberapa sunscreen ternyata tidak memiliki nilai SPF seperti yang diiklankan.

Sebagian merek sunscreen yang mengklaim SPF 50 ternyata kandungan SPF-nya kurang dari 50 dan ada beberapa yang bahkan lebih tinggi dari 50. Konten ini cukup membuat heboh netizen karena khawatir sunscreen yang mereka gunakan mengandung SPF palsu.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengecek nilai SPF dari sunscreen yang akan kita beli. Jangan sembarangan memilih merek sunscreen, karena sunscreen merupakan pelindung yang sangat penting bagi kulit. Lalu bagaimana caranya memilih sunscreen yang berkualitas baik? Cara terbaik adalah dengan memilih sunscreen yang memiliki laporan pengujian merek oleh organisasi yang berintegritas tinggi.

Dilihat dari data saat ini, pemasok bahan baku kosmetik terkenal di dunia antara lain BASF dari Jerman, Royal DSM dari Belanda, Evonik dari Jerman, Givaudan dari Swiss, Dow Chemical dari Amerika Serikat, Firmenich dari Swiss, Solvay dari Belgia, dan Lonza Swiss.

Konsumen dapat memastikan efektivitas dan keamanan sunscreen dengan memeriksa apakah filter UV yang digunakan pada sunscreen berasal dari pemasok ternama tersebut.

Di antara pemasok bahan baku kosmetik ini, agen filter UV yang paling terkenal adalah Royal DSM dari Belanda. Dengan pengalaman 40 tahun dalam produksi, seleksi dan bahan baku sunscreen, Royal DSM adalah perusahaan kimia yang terkenal secara internasional dengan filter UV nomor satu di dunia.

Royal DSM Group Belanda adalah grup produk kesehatan nutrisi, bahan baku kimia, dan farmasi internasional, dan merupakan pemasok bahan baku terbesar di dunia. Berkantor pusat di Belanda, perusahaan ini memiliki lebih dari 200 institusi di Eropa, Asia, Amerika Utara dan Selatan, dan 22.000 karyawan di seluruh dunia.

Royal DSM adalah pemimpin teratas di banyak bidang, dan produknya banyak digunakan di pasar akhir seperti produk makanan dan kesehatan, produk perawatan pribadi, obat-obatan dan peralatan medis, perlindungan jiwa, energi alternatif, dan bahan berbasis bio. PARSOL® EHT (INCI: Ethylhexyl Triazone) dari DSM, dengan daya serap UV-B tertinggi di pasaran, adalah filter UV-B yang sangat efektif. Kandungan ini memiliki sifat ekologis yang sangat baik, yang sangat cocok untuk pengembangan formulasi tabir surya tingkat ekologis tinggi.

Jadi jika Anda menginginkan produk sunscreen berkualitas, bisa mencari brand sunscreen / tabir surya yang menggunakan filter DSM UV. Unitary adalah brand Perancis yang fokus pada produk sunscreen profesional. Agen filter UV inti dari semua produk sunscreen Unitary berasal dari DSM. Unitary berkomitmen penuh pada transparansi nilai kandungan sunscreen dan secara aktif memberikan laporan pemeriksaan resmi dan sertifikat BPOM mengenai nilai tabir surya.

2. Pilih Sunscreen yang Sesuai dengan Jenis Kulit dan Ramah Lingkungan

Rangkaian produk Suncreen dengan SPF Terbaik Dunia dari Unitary. (Unitary)

 

Jika Anda belum tahu sunscreen mana yang cocok untuk jenis kulit Anda, maka pilihlah sunscreen Unitary. Brand ini menawarkan produk sunscreen untuk jenis kulit kering, kulit berminyak, kulit campuran, dan kulit sensitif. Unitary menyediakan sunscreen yang tepat untuk setiap jenis kulit.

Brand Unitary membuat produk dengan profesionalisme dan membangun brand dengan hati. Brand Unitary juga berkomitmen untuk melindungi laut dan terumbu karang.

Dalam penelitian Stanford University yang diterbitkan pada 2 Mei 2022 lalu, diketahui bahwa oxybenzone dan micro-nano zinc oxide, kandungan yang umumnya terdapat dalam produk sunscreen dan sejenisnya, berkontribusi negatif pada kesehatan terumbu karang. Bahan kimia pada ramuan itu disinyalir mematikan biota laut pada ekosistem terumbu karang.

Produk sunscreen yang mengandung bahan-bahan tersebut telah terbukti menghancurkan karang, menghambat reproduksi, dan menyebabkan pemutihan terumbu karang.

Unitary merupakan brand sunscreen Prancis yang didirikan oleh Dr. Sophie, seorang ahli biologi kelautan yang fokus penelitiannya adalah perlindungan dan pembangunan berkelanjutan lingkungan laut. Saat itu, Sophie menyadari kurangnya produk tabir surya dan perawatan kulit yang benar-benar aman dan andal di pasaran.

Sebagai seorang pemuda yang mencintai alam dan peduli terhadap perlindungan lingkungan, ia menyadari bahwa banyak bahan yang berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan, sehingga ia memutuskan untuk mengembangkan sendiri brand perawatan kulit yang efisien, ramah lingkungan, dan alami.

Selama proses penelitian, Dr. Sophie menemukan bahwa sunscreen kimiawi biasa telah merusak ekologi laut, dan masih ada kasus di mana efek tabir surya tidak memenuhi standar.

Oleh karena itu, Dr. Sophie bersama tim penelitian dan pengembangannya mulai mempelajari teknologi sunscreen seluler. Formula ramah lingkungan, menggabungkan faktor perlindungan matahari yang tinggi dari SPF50+・PA++++, dan atas dasar ini, ia menambahkan bahan untuk perlindungan laut, tanpa menambahkan oxybenzone dan micro-nano zinc oxide.

Pada akhir tahun 2015, tim penelitian dan pengembangan Dr. Sophie menjalin kemitraan strategis dengan DSM, perusahaan kimia yang terkenal secara internasional dan merupakan agen sunscreen nomor satu di dunia. Penelitian tentang penerapan teknologi sunscreen sel biologis baru pada sunscreen DSM telah dilakukan.

Menggabungkan SPF tinggi dengan formula perlindungan laut, mengurangi kerusakan pada laut dengan teknologi perlindungan
sinar matahari yang baru dikembangkan. #SunProtectionForTheWorld adalah slogan Unitary.

Vayanadela Murbarani selaku Brand Representative Unitary, mengungkapkan bahwa Unitary berkomitmen untuk menyediakan produk perawatan kulit yang aman, efisien, dan ramah lingkungan, sehingga Anda dapat menikmati hidup di bawah sinar matahari dengan leluasa, tanpa khawatir akan kerusakan kulit akibat sinar matahari.

“Untuk membuat produk kami lebih aman dan andal, kami menggunakan bahan-bahan alami dan tidak beracun dalam produk kami. Kami berkomitmen untuk memungkinkan semua orang bermain bebas di bawah sinar matahari tanpa khawatir akan kerusakan kulit akibat sinar matahari,” ujar Vayanadela.

Vayanadela melanjutkan Unitary terus mengeksplorasi teknologi baru, formulasi baru, dan desain baru untuk memenuhi perubahan kebutuhan konsumen. Produk Unitary membuat konsumen merasa nyaman, percaya diri, dan tenteram dalam menggunakannya sehingga
dapat menikmati nikmatnya sinar matahari.

“Kami percaya bahwa hanya dengan menyediakan produk perawatan dan perlindungan dari sinar matahari terbaik kepada konsumen, kami dapat benar-benar mencapai misi kami dalam memberikan kebebasan kepada semua orang untuk menikmati sinar matahari. Slogan brand kami adalah 'Lindungi kulit Anda, nikmati sinar matahari' dan kami ingin menjadi brand tepercaya di hati setiap orang,” seru Vayanadela.

Pemikiran inovatif Dr. Sophie dan kecintaannya terhadap laut telah menarik sekelompok anak muda yang berpikiran sama, dan tim ini berkomitmen untuk mempromosikan konsep perlindungan lingkungan dan penggunaan produk sunscreen yang lebih aman, ramah lingkungan, dan berkualitas lebih tinggi.

 Dr Sophie memutuskan untuk menghadirkan produk inovatif ini ke lebih banyak orang, dan pada tahun 2014 ia mendirikan brand Unitary di Perancis. Nama brand Unitary berasal dari keyakinannya bahwa semua makhluk hidup dan lingkungan saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan dan kita perlu melindungi lingkungan laut serta kulit kita.

Kini Unitary bisa Anda dapatkan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Vayanadela mengungkapkan produk sunscreen Unitary kini hadir dengan ragam pilihan sebagai berikut:

Global UV Suncare Protector

Memberikan perlindungan menyeluruh terhadap kulit, kaya akan faktor pelembab untuk membantu memperbaiki kekasaran kulit, dan meningkatkan fungsi pertahanan kulit. Produk ini memberikan efek tahan air dan tahan keringat. Kocok dengan baik sebelum digunakan.

UV Watery Essence

Produk sunscreen yang tahan lama, tidak berminyak, lembab, tipis, tidak mudah lengket, dan tidak mudah putih. Menggunakan kapsul mikron yang dibalut dengan tabir surya, mampu merawat celah-celah kulit dan merupakan tabir surya yang melembapkan dan tahan lama. Tekstur gel bening, setelah perawatan kulit dasar, oleskan produk secukupnya secara merata pada wajah dan tekan perlahan hingga terserap seluruhnya.

SunBlock Moisturizer Facial

Produk ini secara efektif memblokir UVA / UVB, menahan kerusakan akibat sinar UV, dan melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Formulanya creamy, menyegarkan dan tidak berminyak. Memperkuat pelindung kulit, menjaga kelembaban kulit, tahan air, dan tahan keringat. Setelah perawatan kulit dasar, oleskan produk secukupnya ke wajah dan tekan perlahan hingga terserap sepenuhnya.

Sun Face Protection Serum

Fitur ganda whitening dan tabir surya, cepat meresap, tanpa efek lengket di permukaan wajah. Dapat mencerahkan kulit secara instan, mengoreksi kulit kuning dan hitam tanpa putih berlebih, dan tidak akan menghilangkan riasan. Perlindungan dari sinar matahari yang tinggi untuk mencegah sengatan matahari dan penuaan kulit.

Selain empat produk di atas, Unitary juga memiliki 3 produk pendukung perlindungan kulit dari sinar matahari yaitu Physical Refreshing Sunscreen Stick, Soothing and Sunscreen Air  Cushion, dan Full Effect Oil Control Sunscreen Powder.

Rangkaian produk Suncreen dengan SPF Terbaik Dunia dari Unitary. (Unitary)

 

Melalui Unitary, Dr. Sophie berharap dapat menyampaikan filosofi dan keyakinan teguhnya terhadap perlindungan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan kepada lebih banyak orang.

Pada saat yang sama, Sophie juga berharap produk Unitary dapat membantu lebih banyak orang menikmati sinar matahari sekaligus melindungi kulit dan lautnya. Dapatkan Unitary di online store official kami di Shopee dan Tiktok. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi kami di website dan Instagram.