Kisruh Brand Indonesia di Paris, Oscar Lawalata: “Fashion Tak Tumbuh dari Sensasi”

Minggu, 13 Maret 2022 | 12:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Kisruh Brand Indonesia Di Paris, Oscar Lawalata: “Fashion Tak Tumbuh Dari Sensasi”

Oscar Lawalata. (Instagram.com/oscarlawalata)

Ladiestory.id - Kisruh mengenai klaim keikutsertaan brand-brand Indonesia di ajang Paris Fashion Week 2022 menuai banyak komentar dari para pesohor maupun publik. Usai Wanda Hamidah, kini desainer sekaligus artis Oscar Lawalata pun tampak turut memberikan tanggapannya mengenai kasus tersebut.

Melalui akun Instagramnya, desainer yang juga merupakan kakak dari artis Mario Lawalata itu mengomentari rombongan brand Indonesia yang mengklaim tampil di acara besar tersebut.

Pada unggahan tersebut, sang desainer menyinggung masalah kelayakan dari tim yang solid dan paham mengenai pentas dunia untuk bisa benar-benar membawa nama Indonesia ke kancah internasional.

Dirinya sangat menyayangkan jika uang yang dikeluarkan oleh para brand di Paris menjadi sia-sia karena kini hanya akan membuat malu.

Unggahan Oscar Lawalata. (Instagram.com/oscarlawalata)

Dalam unggahan tersebut, desainer yang kini berganti nama menjadi Asha Smara pun menegaskan jika fashion tidak tumbuh dari hal yang instan seperti sensasi.

"Apapun alasannya uang yang dibuang menjadi sia sia dan menjadi hasil yang memalukan. Mengangkat kreatifitas fashion anak bangsa diperlukan team solid dan mengerti kelayakan pentas dunia. Fashion tidak tumbuh dari sensasi," tulis Oscar Lawalata dalam unggahannya pada Sabtu (12/3/2022).

Tak ketinggalan, unggahannya tersebut pun menandai akun resmi Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) selaku lembaga di bawah kementerian Pariwisata. Selain itu akun sang menteri, Sandiaga Uno dan Badan Ekonomi Kreatif pun tak lupa ditandai dalam tulisan tersebut.

Atas unggahan tersebut, banyak warganet yang setuju dan mendukung Oscar sebagai desainer  yang akhirnya buka suara. 

Sebagai bukti proses dari industri fashion yang tak instan.

Di unggahan selanjutnya, Oscar pun membagikan video proses panjang pembuatan kain tenun sambil menegaskan bahwa fashion adalah proses dan bukan sensasi.

"Belajar menghargai proses sebuah nilai cipta. Tidak kita dibutakan dalam kebodohan ilusi sensasi," tulis sang desainer.