Komentari Kasus Pembunuhan Brigadir J, Hotman Paris Beri Nasihat pada Bharada E

Rabu, 10 Agustus 2022 | 09:15:00

Selsa Nawang Wulan

Penulis : Selsa Nawang Wulan

Komentari Kasus Pembunuhan Brigadir J, Hotman Paris Beri Nasihat Pada Bharada E

Hotman Paris. (IDX Channel)

Ladiestory.id - Peristiwa kematian Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J sampai saat ini masih menjadi perhatian masyarakat. Pengacara senior, Hotman Paris juga terus mengikuti perkembangan kasus tersebut. Melalui posting-an di Instagramnya, Hotman Paris memberikan saran kepada Bharada E untuk berkata jujur sebelum terlambat. 

“Renungan pagi untuk Bharada E, renungkanlah apa kata abangmu ini. Abangmu ini sudah 36 tahun dalam dunia praktek hukum. Saya punya indra keenam, saya punya out of the box thinking, jadi benar-benar turutilah saran saya ini,” pesan Hotman di awal video.

Video Postingan Hotman Paris. (instagram.com/hotmanparisofficial)

Ia dengan tegas mengatakan analisanya, bahwa dalam waktu dekat akan ada nama tersangka berikutnya.

“Dari arah penyidikan (timsus) maupun para penyidik, saya Hotman yakin dalam waktu dekat bakal ada pengumuman tentang tersangka lainnya dari perwira tinggi polisi. Mungkin itu dari Irjen ataupun Brigjen polisi, dan saya melihat ini bisa bukan 1 atau 2 orang tetapi 3 orang,”

Hotman juga percaya, bahwa timsus (tim khusus) sudah mendapatkan bukti-bukti dugaan jika ini bukanlah sekadar kejadian tembak-menembak guna membela diri dari Bharada E, tetapi pasti ada faktor lain. 

Hotman kembali memberikan saran kepada Bharada E untuk segera berkonsultasi kepada pengacaranya untuk kepentingan keringanan hukuman yang akan diterima olehnya.  

“Bharada E, segera konsultasi dengan pengacaramu. Pakai pembelaan dalam KUHP pidana kita yaitu dugaan menjalankan perintah atasan,”

“Dalil pembelaan bahwa dugaan menjalankan perintah dari atasan itu merupakan pembelaan yang sangat meringankan bagi kamu,” Hotman menambahkan. 

Hotman sangat yakin kasus ini sudah mulai terbuka secara luas. Ia berpendapat, kasus ini sudah terlihat jelas dari arah penyelidikan yang telah dilakukan hingga hari ini (9/8/2022). Di akhir video, Hotman Paris kembali memberikan nasihat sekaligus saran kepada Bharada E.

“Sebelum terlambat, karena oknum-oknum jenderal polisi tidak mungkin bisa membantu kamu nanti sampai level Mahkamah Agung di mana banyak hakim yang menentukan nasibmu,”

“Ini nasihat saya yang kedua, saran saya,” imbuhnya di akhir. 

Dalam videonya tersebut, Hotman tampak mengkhawatirkan masa depan dari Bhayangkara Dua Richard Eliezer alias Bharada E yang sudah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus pembunuhan berencana Brigadir J.  

Sosok Bharada E. (nasional.sindonews.com)

Warganet menilai hal yang dilakukan Hotman Paris adalah bentuk kebaikannya sebagai pengacara berpengalaman dan banyak juga dari mereka yang setuju atas sarannya kepada Bharada E.

“Baik sekali bang Hotman ini …” tulis @nadia_narsies

“Mantappp abg @hotmanparisofficial ternyata juga memberikan saran yang terbaik untuk Bharada E 👏👏 kasian abg keluarga dikampungnya sdh kena sanksi sosial juga semoga kasus ini cepat menemukan titik terang'a agar tersangka cepat di umumkan pak @listyosigitprabowo 👏👏👏👏”, tulis @nirma15rahmawati

“Mantap Abang ku .GWS, Sehat selalu org baik ❤️❤️❤️”, tulis @adigustiyanrolando072