7 Kota dengan Suhu Terpanas di Indonesia

Kamis, 8 Desember 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

7 Kota Dengan Suhu Terpanas Di Indonesia

Surabaya. (Special)

Ladiestory.id - Indonesia juga merupakan salah satu negara tropis di dunia. Hal ini menjadikan indonesia memiliki dua musim, yakni kemarau dan penghujan. Seperti yang diketahui, Indonesia dikenal sebagai negara yang hampir seluruh daerahnya memiliki suhu panas, terlebih saat memasuki musim kemarau.

Selain itu, Indonesia juga terletak di garis Khatulistiwa. Itulah yang membuat beberapa kota di Indonesia memiliki suhu sangat panas dibandingkan dengan kota-kota lain.

Bahkan, ada beberapa yang suhunya dapat meroket di atas normal. Karena terlalu panas, banyak area yang terlihat gersang di sudut-sudut kota. Area tersebut akan terlihat sangat kering dan panas. Apa kamu tahu kota mana saja yang dijuluki kota terpanas di Indonesia? Berikut Ladiestory.id rangkum 7 daftar kota di Indonesia yang terkenal memiliki suhu sangat panas. 

Bekasi, Jawa Barat

Bekasi. (Special)

Daftar pertama yaitu terletak di daerah Bekasi, Jawa Barat. Bagaimana tidak? Suhu di kota Bekasi bisa mencapai 35-36 derajat Celcius saat matahari sedang berada tepat di atas ubun-ubun. Hal ini yang sering membuat orang menyebut bahwa bekasi menjadi kota paling panas di Jawa Barat dan salah satu kota terpanas di Indonesia.

Medan, Sumatera Utara

Medan. (Special)

Kemudian, di Sumatera Utara, tepatnya di kota Medan juga memiliki julukan serupa dengan Bekasi. Temperatur suhu di kota Medan berkisar sekitar 30 sampai 35 derajat Celcius di siang dan malam hari. Hal ini yang menyebabkan Medan dinilai sebagai kota tropis dengan musim kemarau dan hujan yang tidak pernah menentu.

Palembang, Sumatera Selatan

Palembang. (Special)

Selain Medan, suhu di Palembang juga bisa mencapai 39 derajat Celcius saat di siang hari. Bahkan, temperatur suhu kota yang berada di Sumatera Selatan ini dapat meningkatkan ketika musim kemarau tiba. Parahnya, sumber air besar yang ada di daerah tersebut juga tidak bisa membantu menurunkan suhu di Palembang.

Surabaya, Jawa Timur

Surabaya. (Special)

Menjadi kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya juga menjadi salah satu kota terpanas di Indonesia. Suhu kota di Jawa Timur ini saat sedang musim kemarau bisa melambung tinggi sampai 34 derajat Celcius. Bahkan, suhunya hanya dapat turun kurang lebih 4 derajat saja saat musim hujan.

Cirebon, Jawa Barat

Cirebon. (Special)

Kota besar yang terkenal dengan jalur panturanya ini wajib masuk dalam daftar kota terpanas di Indonesia. Bagaimana tidak? Temperaturnya saja bisa mencapai 34 sampai 38 derajat Celcius. Tidak hanya itu, saat musim kemarau tiba, kota Cirebon bisa sangat gersang dan juga kering. 

Pekanbaru, Riau

Pekanbaru. (Special)

Pekanbaru juga masuk kedalam daftar kota terpanas di Indonesia. Bahkan daripada Pekanbaru, Jakarta masih akan terasa seperti jalan-jalan di tengah hutan pinus. Di kota ini sendiri memiliki suhu  berkisar antara 32 sampai 36 derajat Celcius. Terutama saat musim kemarau di mana matahari lagi ada di belahan utara bumi suhunya bisa menjadi sangat panas.

Bima, NTB

Bima. (Special)

Kota Bima terletak di provinsi NTB, Di kota tersebut,r matahari bersinar dengan terik mulai dari musim kemarau hingga musim hujan. Intensitas terik mataharinya itu yang dapat membuat kota Bima memiliki suhu mencapai 39 derajat Celcius.

Bahkan, karena suhunya yang panas, para masyarakat di kota Bima memanfaatkannya untuk berbisnis tani. Pertanian di daerah ini, seperti menanam jagung atau tanaman keras lainnya yang dapat bertahan di cuaca panas.

Untuk kamu yang ingin berkunjung di kota yang sudah disebutkan di atas, jangan lupa untuk menyiapkan segala kebutuhan, mulai dari sunblock, sunscreen, hingga pakaian yang dapat menyerap keringat dengan baik. Perbanyak juga minum air mineral untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.