Jalan-jalan ke Banyuwangi, Cobain Kuliner Khasnya

Senin, 29 November 2021 | 07:26:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Jalan-Jalan Ke Banyuwangi, Cobain Kuliner Khasnya

Foto: Pegipegi

Ladiestory.id - Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan ketika berlibur adalah mencoba kuliner khas daerah itu. Kuliner memang menjadi kegiatan yang menarik untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan bukan hanya makanan sebagai kebutuhan pokok tapi kita akan merasa keunikan tersendiri dari setiap makanan yang ada. 

Apalagi tidak dapat dipungkiri jika melakukan kegiatan berlibur tentu saja akan membuat perut membutuhkan asupan gizi. Selagi kita sedang menikmati berbagai wisata, maka tidak ada salahnya untuk ikut merasa kuliner khas yang ada di sana.  

Seperti yang kita ketahui jika Indonesia punya berbagai perbedaan dari suku, bangsa dan budaya. Hal ini yang tentu membuat kuliner di setiap daerah memiliki  cita rasanya sendiri. Kali ini kita akan melihat keunikan di salah satu kota Jawa Timur yaitu Banyuwangi.

Kuliner Khas Banyuwangi

Mungkin lebih banyak disebut sebagai kabupaten dengan kumpulan makanan khas yang sangat menarik untuk disantap. Jika ada keinginan untuk berlibur ke Banyuwangi, maka lebih untuk  mencari informasi mengenai kuliner-kuliner khas Banyuwangi yang lezat. Jalan-jalan ke Banyuwangi, cobain kuliner khasnya

1. Pecel Pitik 

Pecel Pitik. (Special)

Dilihat dari namanya saja, kita mungkin sudah mengetahui makanan apa ini. Pecel pitik adalah kuliner dengan cita rasa unik nan lezat.

Bahan dasar dari Pecel pitik adalah ayam kampung muda yang dipanggang, lalu disuwir dan dipisahkan dengan tulangnya, kemudian ada campuran dari bumbu-bumbu khas serta kelapa yang dimasak secara bersamaan sehingga meresap ke setiap dagingnya.

Jika kita mendalami mengenai filosofinya, makanan ini berasal dari masyarakat suku Using di Banyuwangi. Konon, katanya pemasak tidak boleh menggunakan pisau saat menyuir ayam sehingga harus dengan tangan kosong.

Bukan hanya itu, saat memasak lebih baik diam, atau berdoa supaya cita rasa ayamnya semakin istimewa. Ada pula yang menyebutkan kalau perempuan Using yang memasak harus dalam keadaan suci atau tidak dalam masa haid.

2. Rujak Soto 

Rujak Soto. (Special)

Hayo, apakah ada yang merasa kebingungan dengan makanan ini? Faktanya, ini memang makanan dari perpaduan soto dan rujak. Pada rujak soto, kita akan menemukan potongan tahu, tempe, kangkung, dan kecambang yang dicampur bumbu rujak pada cobek berukuran besar.

Sama seperti seperti rujak pada umumnya hanya saja ada keunikan lain. Jadi, campuran sayuran yang sudah disajikan pada piring akan dituangkan kuah soto plus jeroan sapi.

Namun kalau ingin lebih kenyang, kita menambahkan lontong di dalamnya. Tentu ingin, perpaduan makanan yang memberi sensasi rasa yang unik dan hanya ditemukan di Banyuwangi.

Maka dari itu, ketika ingin mencicipinya, kita bisa langsung berlibur ke ujung timur Pulau Jawa. Namun, kita bisa menemukannya pada sejumlah daerah. Bahkan ada kedai yang paling terkenal dan cukup melegenda di warung Ibu Tik pada Kapten Piere Tendean, Banyuwangi.

Jika kamu berencana untuk mengunjungi Banyuwangi, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya, ya.