Kumpulan Doa untuk Orang Sakit Lengkap Dengan Terjemahannya

Kamis, 2 Desember 2021 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Kumpulan Doa Untuk Orang Sakit Lengkap Dengan Terjemahannya

Foto: Muslim Obsession

Ladiestory.id- Sebuah doa untuk orang yang sakit bisa membuat harapan untuk segera sembuh. Tentunya, tidak ada orang yang menginginkan sakit. Tapi sakit bukan sesuatu hal yang bisa direncanakan atau dihindari.

Ketika ada seorang teman, saudara, atau tetangga yang sakit sudah sepatutnya kita untuk menjenguknya. Dalam hal menjenguk orang sakit  ada beberapa etika yang harus dipahami.

Misalnya tidak menjeguk di jam waktu istirahat serta tidak membuat kegaduhan atau keramaian. Namun hal yang paling penting kita lakukan apabila ada orang yang sakit adalah berdoa.

Benar, doa adalah salah satu obat mujarab yang paling manjur untuk orang yang sedang sakit. Berikut kumpulan doa untuk orang yang sakit sesuai dengan ajaran Rasullulah SAW

Doa Ketika Menjenguk Orang yang Sakit

 

Pernah diriwayatkan saat Nabi Muhammad menjenguk sahabatnya  dan mendoakan sahabatnya yang sedang sakit dengan bacaan berikut :

 

شَفَى اللَّهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي بَدْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘aafaaka fii badanika wa jismika ilaa muddati ajalika.

Artinya: "Wahai (sebut nama orang yang sakit) semoga Allah menyembuhkan sakitmu, mengampuni dosamu, menyehatkan badanmu dan jasadmu hingga waktu ajalmu."

Nabi Muhammad juga menganjurkan untuk membaca doa berikut  sebanyak 7 kali :

أَسْأَلُ الله الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As alullaahal 'azhiim rabbal 'arsyil 'azhiim an yasyfiyaka.

Artinya: “Aku mohon kepada Allah yang Maha Agung, Tuhan Arsy yang Agung semoga Dia menyembuhkanmu.”.

2. Doa untuk Orang Tua yang Sakit

Berdasarkan hadits Al Bukhari dan Muslim, Aisyah Ra mengatakan bahwa Rasulullah SAW biasa membaca doa kesembuhan kepada keluarganya, termasuk orang tuanya yang sedang sakit. Rasulullah sambil mengusapkan dengan tangan kanan dan membaca doa sebagai berikut:

                                                                                                               اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

                                    Allahumma rabban-nas 'adzhibil-ba'sa, isyfi antasy-syafi la syifa'a illa syifa uka syifa'a al la yughadirusaqama.

Artinya: "Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkan lah penyakit ini, sembuhkan lah, hanya Engkau lah yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan selain kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit".

 

3. Doa untuk Anak yang Sakit

Salah satu moment yang paling dikhawatirkan orang tua apabila anaknya sakit. Selain berusaha memberikan yang terbaik untuk anak, orang tua akan selalu berdoa untuk kesembuhan anaknya Rasulullah SAW  pernah membacakan ini untuk anaknya yang sedang sakit.

أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ الأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ الأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آَلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ.

Allahuma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin thibbil quluubi wadawaa-iha wa‘aafiyatil abdaani wasyifaa-ihaa wanuuril ab-shaari wadhiyaa-ihaa wa’alaa aalihii washohbihii wasaliim.


Artinya: "Ya Allah, berilah rahmat ke atas penghulu kami, nabi Muhammad SAW, yang dengan berkat baginda, Engkau menyembuhkan hati, menjadi penawar dan menyehatkan tubuh juga memberi kesembuhan penyakit, serta mengarunaiakan cahaya penglihatan. Dan karuniakanlah rahmat keberkatan dan kesejahteraan keatas keluarga dan sahabat baginda Nabi SAW".

 

4. Doa untuk Sahabat atau Teman yang Sakit

Nabi Muhammad SAW membaca doa saat menjenguk sahabatnya Sa'ad bin Abi Waqqash. Kata Sa'dan dalam doa bisa diganti nama orang yang sedang sakit agar lekas sembuh.Berikut doanya :


اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا


Allāhummasyfi Sa'dan. Allāhummasyfi Sa'dan. Allāhummasyfi Sa'dan.

Artinya: Tuhanku, beri kesembuhan Sa’dan, Tuhanku, beri kesembuhan Sa’dan, Tuhanku, beri kesembuhan Sa’dan.

 

5. Doa Sakit untuk Diri Sendiri

Selain memberikan doa untuk orang yang sakit, kamu juga bisa mendoakan diri sendiri ketika sakit. Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah Saw membaca ayat ini ketika sedang kesakitan.

عن أنس ، أن رسول الله – صلى الله عليه وسلم – : كان إذا حزبه أمر قال :  يا حي يا قيوم برحمتك أستغيث

 

Ya Hayyu Ya Qayyum bi Rahmatika Astaghiitsu

Artinya :  ( Wahai Allah Yang Maha Hidup, Maha Berkuasa, hanya dengan kasih-Mu aku sungguh memohon pertolongan. (H.R At-Tirmidzi)

Itulah lima doa untuk orang yang sakit. Dengan membaca doa tersebut semoga bisa memberikan kesembuhan bagi mereka yang sakit. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.