Jangan Sampai Salah! Ini 5 Langkah Tepat Bersihkan Makeup

Minggu, 13 Februari 2022 | 21:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Jangan Sampai Salah! Ini 5 Langkah Tepat Bersihkan Makeup

Ilustrasi perempuan menghapus makeup. (Special)

Ladiestory.id - Disebut sebagai salah satu kebutuhan perempuan, makeup bisa menyempurnakan penampilan dan dapat menambah rasa percaya diri. Sayangnya, makeup yang tidak dibersihkan secara maksimal dapat mengundang berbagai masalah kulit, seperti jerawat dan komedo. 

Untuk itu, penting untuk mengetahui cara membersihkan makeup secara tepat agar kulit benar-benar bersih. Nah, Ladiestory.id merangkum beberapa langkah yang harus Kamu lakukan untuk membersihkan makeup, sehingga kulit tetap sehat.

1. Bersihkan Area Mata dan Bibir

Ilustrasi membersihkan riasan mata. (allure.com)

Saat membersihkan makeup, Kamu harus fokus membersihkan riasan mata, seperti eyeliner, eyeshadow, maskara, dan sisa lem bulu mata. Agar bersih maksimal, gunakan produk eye makeup remover. 

Caranya, tuangkan ke kapas lalu tempelkan pada mata. Diamkan selama beberapa saat kemudian usapkan hingga tak ada makeup pada bagian mata.

Beberapa produk ini juga dapat digunakan untuk membersihkan area bibir. Produk pewarna bibir yang waterproof dan transferproof cenderung susah untuk dibersihkan. Untuk itu Kamu bisa gunakan produk makeup remover yang serbaguna.

2. Gunakan Cleansing Oil

Ilustrasi menggunakan cleansing oil. (Special)

Setelah area mata dan bibir bersih, lanjutkan dengan menggunakan cleansing oil untuk membersihkan makeup pada wajah. Produk ini dikenal cukup ampuh dalam mengangkat makeup, bahkan yang waterproof sekalipun. 

Untuk menggunakannya, Kamu hanya perlu cleansing oil pada telapak tangan, lalu balurkan pada seluruh wajah. Pijat wajah secara perlahan agar makeup luntur.

3. Bilas hingga Bersih

Ilustrasi perempuan mencuci muka. (Special)

Jika makeup sudah luruh, Kamu perlu membilas wajahmu dengan air hingga bersih. Pastikan sisa makeup dan cleansing oil sudah tidak ada di wajah. Agar lebih maksimal, Kamu bisa gunkan micellar water untuk memberishkan wajah.

4. Bersihkan dengan Facial Wash

Ilustrasi perempuan membersihkan wajah dengan facial wash. (Special)

Walau sudah dibersihkan dengan cleansing oil, tapi Kamu perlu mencuci wajahmu lagi dengan facial wash. Teknik ini dikenal sebagai double cleansing, yang bertujuan agar kulit wajah bersih secara maksimal.

5. Gunakan Toner

Ilustrasi perempuan memakai toner. (Special)

Setelah wajah dibersihkan, langkah terakhir yang harus Kamu lakukan adalah mengaplikasikan toner. Produk ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati serta menyeimbangkan pH kulit.

Jika makeup sudah dibersihkan secara menyeluruh, Kamu bisa melanjutkan menggunakan produk skincare.