Langkah Tepat, Untuk Kamu Yang Memiliki Kulit Kering Dimusim Kemarau

Minggu, 10 September 2023 | 15:00:00

KD Mumpuni

Penulis : KD Mumpuni

Langkah Tepat, Untuk Kamu Yang Memiliki Kulit Kering Dimusim Kemarau

Ilustrasi Kulit Kering. (Canva)

Ladiestory.id - Kulit bersisik atau kering dapat menjadi masalah yang umum, terutama pada cuaca kering atau musim dingin. Namun, ini juga bisa terjadi karena faktor lain seperti dehidrasi, alergi, atau masalah kulit tertentu.

Kulit yang bersisik menandakan terkelupasnya sel kulit mati dan minyak alami akibat terlalu cepatnya proses pengelupasan lapisan kulit paling luar. Sehingga menyebabkan elastisitas kulit berkurang dan kulit tampak bersisik dan kasar saat disentuh.

Umumnya, kondisi kulit yang bersisik disebabkan oleh beberapa faktor lain seperti paparan sinar matahari langsung, cuaca panas atau dingin, kurang merawat kulit, dan asupan gizi yang kurang. Kulit kering dan bersisik rentan terkena masalah kulit seperti eksim. Kondisi kulit ini terkadang membuat kulit terasa gatal-gatal, dan bila terus digaruk bisa menyebabkan iritasi kulit hingga ruam.

Kulit bersisik pastinya sangat mengganggu penampilan dan membuat tidak nyaman. Kondisi ini bisa dilihat dari tampilan kulit yang tampak kasar, mengelupas, kering, dan kemerahan. Jika kondisi kulit sudah demikian, maka kulit tidak bisa lagi bekerja secara optimal sebagai pelindung tubuh. Tapi tenang saja, kamu bisa menerapkan beberapa cara ampuh mengatasi masalah kulit yang bersisik berikut ini.

1. Gunakan Pelembab Kulit yang Cocok

Ilustrasi Memakai Pelembab Kulit. (Canva)

 

Salah satu cara terbaik mengatasi kulit bersisik adalah dengan rutin menggunakan pelembab. Pilih pelembab yang memang diformulasikan untuk mengatasi masalah kulit yang bersisik dan cocok untuk kulit. Sebaiknya kamu menggunakan pelembab tubuh dengan kandungan pelembab tinggi seperti body butter & balm. Kamu bisa menggunakan pelembab sambil melakukan gerakan memijat setelah mandi dan juga sebelum tidur di malam hari.

2. Scrubbing

 

Lakukan scrub sebagai salah satu body care routine pada kulit tubuh yang mengalami kering dan pecah-pecah. Hal ini bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengelupaskan kulit dengan lembut. Pertama basahi kulit yang bersisik dan mulailah menggosoknya dengan lembut menggunakan spons atau sarung tangan eksfoliasi. Pastikan juga kamu menggunakan produk body scrub yang cocok dengan jenis kulitmu.

3. Mandi dengan Air Dingin

Ilustrasi Berendam. (Canva)

 

Perawatan kulit bersisik berikutnya adalah dengan mandi menggunakan air dingin secukupnya. Sebaiknya mandi air dingin tidak lebih dari 10 menit. Hindari mandi dengan air panas karena bisa meluruhkan minyak alami tubuh dan kelembapan kulit turut hilang. Gunakan pula beberapa produk body care, mulai dari body wash, body lotion, body serum, body butter, dan lainnya yang efektif membantu merawat kulit tubuhmu tetap lembab, halus, dan sehat.

4. Tingkatkan Asupan Cairan Tubuh

Ilustrasi Konsumsi Air Putih.(Canva)

 

Meningkatkan asupan cairan tubuh bisa membantu mengatasi kondisi kulit yang bersisik. Kurangnya asupan air bisa mengakibatkan kulit kering yang memicu kondisi bersisik dan kusam. Oleh karena itu, pastikan asupan cairan tubuh terpenuhi untuk menjaga kelembapan kulit.

5. Keringkan Tubuh dengan Baik

Ilustrasi Mengeringkan Kulit. (Canva)

 

Sebagai salah satu cara mencegah masalah kulit bersisik, kamu perlu mengeringkan kulit dengan baik setelah mandi. Gunakan handuk yang lembut untuk mengeringkan tubuh. Hal ini untuk mencegah terjadinya gesekan antar kulit yang bisa merusak lapisan terluar kulit. Jika lapisan kulit luar rusak, akan menyebabkan kekeringan dan menimbulkan iritasi kulit.

Setelah mengenali penyebab dan cara mengatasi masalah kulit bersisik, maka rawatlah kulit tubuhmu dengan baik dan benar. Penuhi asupan nutrisi kulit dari dalam dan lakukan rangkaian perawatan kulit tubuh yang tepat.