L’Oréal Umumkan 5 Tim Pemenang "Hair & Skin Research Grant 2022"

Rabu, 21 September 2022 | 08:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

L’oréal Umumkan 5 Tim Pemenang "Hair & Skin Research Grant 2022"

L’Oréal Bersama PERDOSKI dan Universitas Indonesia "Hair & Skin Research Grant 2022 ". (Ladiestory.id/ Arfiah Ramadhanti)

Ladiestory.id - Mendukung dan memajukan sains di Indonesia agar para peneliti Indonesia dapat mewujudkan ide-ide penelitian mereka yang tentunya dapat menjawab tantangan dunia, adalah salah satu komitmen L’Oréal. Bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan kelamin Indonesia (PERDOSKI) dan Universitas Indonesia, hadir kembali program filantropi “Hair and Skin Research Grant 2022”.

Program pemberian dana hibah penelitian tersebut terkait rambut dan kulit bagi para peneliti dan dermatolog, di mana tahun ini adalah tahun kedua dari program “Hair & Skin Research Grant” yang dilaksanakan di Indonesia, dengan pemberian jumlah dana hibah yang meningkat dibanding tahun lalu, menjadi 375 juta rupiah untuk 5 tim pemenang.

L’Oréal  Bersama PERDOSKI dan Universitas Indonesia "Hair & Skin Research Grant 2022 ".. (Ladiestory.id/ Arfiah Ramadhanti)

Pengumuman lima tim pemenang dilakukan pada Selasa (20/9/2022) dalam konferensi pers yang dihadiri oleh Junaid Murtaza, Presiden Direktur L’Oréal Indonesia; Dr. Michèle Verschoore, Medical Director L’Oréal Research, Innovation and Technologies; Dr. dr. M. Yulianto Listiawan, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV, Ketua Umum PERDOSKI; Ahmad Gamal, S.Ars., M.U.P., Ph.D, Direktur Direktorat Inovasi dan Science Techno Park Universitas Indonesia; seluruh dewan juri dan kelima tim pemenang. 

Dipimpin oleh Dr. dr. M. Yulianto Listiawan, dewan juri yang terdiri telah memilih lima tim pemenang “Hair and Skin Research Grant 2022” dengan proposal penelitian sebagai berikut (diurut berdasarkan abjad):

Tim pemenang 1

L’Oréal  Bersama PERDOSKI dan Universitas Indonesia "Hair & Skin Research Grant 2022 ". (Ladiestory.id/ Arfiah Ramadhanti)
  1. dr. Ambar Rialita, SpKK, FINSDV, FAADV
  2. Mahyarudin, S.Si, MSi
  3. dr. Yuliana Teguh, SpKK, FINSDV, FAADV
  4. dr. Retno Mustikaningsih, MKes, SpKK, FINSDV, FAADV
  5. dr. Lindayani, SpKK, FINSDV
  6. dr. Herni, SpKK, FINSDV 

“Potensi Bawang Hitam Tunggal sebagai Anti-Jerawat yang Disebabkan Bakteri Propionibacterium acnes, Staphylococcus aureus, dan Staphylococcus epidermidis”.

Tim pemenang 2

L’Oréal  Bersama PERDOSKI dan Universitas Indonesia "Hair & Skin Research Grant 2022 ". (Ladiestory.id/ Arfiah Ramadhanti)
  1. dr. Farah Faulin Al Fauz Lubis 
  2. Dr. dr. Lili Legiawati, Sp.KK(K)  

“Efektivitas dan Keamanan Kombinasi Finasteride dan Minoxidil Topikal Dibanding Minoxidil Topikal untuk Perawatan Androgenetic Alopecia. pada Pria”.

Tim pemenang 3

L’Oréal  Bersama PERDOSKI dan Universitas Indonesia "Hair & Skin Research Grant 2022 ". (Ladiestory.id/ Arfiah Ramadhanti)

 

  1. dr. Raissa 
  2. dr. Lili Legiawati, SpKK(K)

“Hubungan Kadar Vitamin D Pada Derajat Keparahan Alopesia Androgenetik Pada Laki-laki Usia Muda”.

Tim pemenang 4 dan 5

L’Oréal  Bersama PERDOSKI dan Universitas Indonesia "Hair & Skin Research Grant 2022 ". (Ladiestory.id/ Arfiah Ramadhanti)
  1. dr. Ruri Diah Pamela, SpKK dari RS Dr. Suyoto Kementerian Pertahanan, Jakarta 
  2. dr. Rifki Sadikin, MKom, Pusat Riset Komputasi, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)
  3. dr. Stanley Setiawan, SpKK dari C Derma Dermatology & Aesthetic Jakarta
  4. dr. Dian Pratiwi, SpKK, FINSDV, FAADV dari Erha Derma Center Kemanggisan
  5. dr. Henry Tanojo, SpKK dari Melania Skin Clinic Surabaya
  6. dr. Inneke Jane, SpKK, MKes dari Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya Jakarta 
  7. dr. Achmad Yudha, SpKK dari Klinik Rowawi Bandung
  8. dr. Deasy Thio, SpKK dari RS Cinta Kasih Tzu Chi Jakarta
  9. dr. Indah Widyasari, SpKK dari ZAP Premiere Clinic Jakarta

“Profiling Mikrobiota Menggunakan Analisis Genom Berbasis Kecerdasan Buatan untuk Kulit Berminyak-Sensitif Orang Indonesia: Sebuah Studi Awal”.

“Pemetaan Jenis Kulit Orang Indonesia dengan Klasifikasi Baumann pada Penduduk Perkotaan”. 

Dengan terpilihnya kelima tim, Dr. dr. M. Yulianto Listiawan, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV, selaku Ketua Umum PERDOSKI berharap agar hasil akhir dari program ini dapat memberikan sumbangsih nyata dalam peningkatan kualitas perawatan rambut dan kulit yang dihadapi masyarakat sehari-harinya di Indonesia dan seluruh dunia. Kiranya pencapaian ini dapat menjadi inspirasi tidak hanya bagi para peneliti dan dermatolog Indonesia, namun juga bagi kita semua untuk tidak berhenti berkontribusi dan berkarya.