5 Makanan Bantu Atasi Rambut Rontok

Kamis, 14 April 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Makanan Bantu Atasi Rambut Rontok

Penyebab Rambut Rontok (Special)

Ladiestory.id - Rambut rontok menjadi salah satu permasalahan yang paling banyak dikeluhkan oleh para perempuan. Pasalnya rambut rontok yang terus menerus terjadi dapat mengakibatkan penipisan rambut hingga kebotakan.

Selain itu, rambut rontok juga akan mengganggu kebersihan. Pasalnya, rambut rontok sering menyumbat aliran air di kamar mandi. Bahkan, tempat di mana Kamu berada pasti banyak rambut rontok berserakan di lantai.

Banyak perempuan yang bingung mengatasi rambut rontok. Mereka kerap mencari produk perawatan rambut untuk mengatasi permasalahan ini. Namun, tahu kah Kamu rambut rontok bisa dicegah dan diatasi dengan makanan sehari-hari. Berikut makanan cegah rmabut rontok.

Telur

Ilustrasi putih telur. (Special)

Telur menjadi salah satu bahan pangan yang hampir di setiap rumah memilikinya. Telur kerap dijadikan alternatif lauk jika seseorang malas memasak ataupun malas membeli makan di luar rumah. Rupanya, mengonsumsi telur dapat membantu mencegah kerontokan. Pasalnya, telur mengandung protein yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Perlu Kamu ketahui bahwa folikel rambut terbuat dari protein. Sehingga jika Kamu kekurangan protein, maka dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Selain itu, telur juga mengandung biotin.

Sebelumnya, biotin merupakan zat esensial yang memproduksi protein rambut. Hal ini kerap disebut sebagai keratin. Dilansir berbagai sumber, sebuah studi mengatakan jika mengonsumsi makanan biotin membantu menumbuhkan rambut.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan (Special)

Makanan lain yang bisa membantu mencegah rambut rontok adalah kacang-kacanganan. Pasalnya, makanan yang kerap dianggap menimbulkan jerawat ini memiliki kandungan protein yang tinggi. Seperti yang dikatakan pada poin sebelumnya, jika rambut Kamu terbuat dari protein. Sehingga kacang-kacangan dapat memperkuat rambut Kamu.

Di Indonesia jenis kacang yang paling banyak ditemukan adalah kacang tanah. Tak perlu mengonsumsinya dalam bentuk kacang tanah utuh. Kamu bisa mengonsumsi kacang-kacangan yang telah diolah menjadi berbagai bentuk makanan lain.

Seperti selai yang bisa dijadikan bahan pelengkap untuk menu makanan. Selain kacang tanah, Kamu juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan lainnya seperi almond atau walnut.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau (Special)

Sayuran masih memiliki penikmat namun banyak juga yang tidak suka dengan makanan yang satu ini. Padahal, sayur telah terbukti menjadi salah satu makanan yang termasuk dalam menu empat sehat lima sempurna. Salah satu manfaat yang didapat jika Kamu mengonsumsi sayuran hijau adalah mencegah rambut rontok. Pasalnya, sayuran hijau memiliki kandungan zat besi.

Di dalam tubuh manusia, zat besi wajib terpenuhi. Jika Kamu kekurangan zat besi, maka dapat mengakibatkan kadar feratin dalam tubuh menjadi menurun. Inilah yang nantinya akan menyebabkan kerontokan pada rambut.

Oleh sebab itu, sayuran hijau disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. PSayuran hijau juga termasuk mikronutrein yang mampu membantu pertumbuhan rambut. Kamu bisa mengonsumsi berbagai sayuran hijau seperti bokchoi, bayam, brokoli, hingga seledri.

Yogurt

Foto: Ladiestory.id

Yogurt merupakan salah satu makanan yang terbuat dari olahan susu. Banyak orang yang menyukai yogurt karena kerap dijadikan sebagai dessert. Selain rasanya yang nikmat, Kamu bisa mendapat manfaat lain dari makanan yang satu in. Yogurt menjadi salah satu makanan yang bisa mencegah kerontokan.

Hal ini disebabkan yogurt memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi rambut. Di antaranya, vitamin B5 dan vitamin D. Kedua vitamin ini mampu membantu menguatkan kantung rambut. Selain dikonsumsi, yogurt juga bisa diolah menjadi masker rambut sehingga membuat akar rambut menjadi lebih kuat.

Alpukat

Foto: Ladiestory.id

Alpukat juga menjadi buah yang mampu mencegah rambut rontok. Pasalnya, alpukat mengandung gizi dan sumber lemak sehat. Inilah yang menyebabkan alpukat dapat mencegah rambut rontok. Selain itu, alpukat juga memiliki vitamin E yang mampu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Tak hanya itu, buah yang mengandung banyak lemak ini juga memiliki vitamin E. Vitamin tersebut berperan sebagai antioksidan yang membantu melawan stres oksidatif. Biasanya stres ini disebabkan paparan radikal bebas.