Siap Manjakan Lidah, Ini 6 Makanan Khas Argentina yang Wajib Dicoba

Kamis, 22 Desember 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Siap Manjakan Lidah, Ini 6 Makanan Khas Argentina Yang Wajib Dicoba

Ilustrasi makan bersama. (Special)

Ladiestory.id - Argentina tengah menjadi sorotan dunia sejak kemenangan mereka pada perhelatan akbar Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar. Argentina sendiri memiliki salah satu pemain ternama yaitu Lionel Messi. Tak ayal, banyak penggemar mengharapkan Argentina dapat menghadapi Prancis dengan sempurna pada laga final.

Diketahui, Argentina merupakan sebuah negara yang berada di benua Amerika Selatan. Argentina juga merupakan peringkat ke-8 sebagai negara terbesar di dunia. Selain tekenal dengan bola serta wisatanya, Argentina juga memiliki makanan lezat yang patut kamu coba. Berikut beberapa makanan khas Argentina yang wajib kamu coba.

Locro

Ilustrasi locro. (Special)

Makanan ini termasuk dalam jenis sajian tradisional. Sebab, locro selalu hadir saat peringatan Revolusi Mei Argentina yang diadakan setiap 25 Mei. Makanan ini juga biasa digunakan oleh masyarakat Argentina sebagai obat ketika memasuki musim dingin, lho.

Locro merupakan sajian berupa sup yang kental dan terbuat dari berbagai kombinasi bahan, seperti, jagung, kacang-kacangan, daging yang diberi bumbu jintan dan daun salam, serta kentang atau labu. Supaya semakin lengkap, biasanya locro disajikan dengan potongan chimichurri atau saus pedas khas Argentina. Bahan yang dibutuhkan dalam membuat chimichurri adalah bawang, cabai, paprika, serta daun peterseli.

Asado

Ilustrasi asado. (Special)

Bagi kamu pecinta makanan berbahan baku daging, kamu tidak boleh melewatkan sajian yang satu ini. Ya, asado merupakan makanan khas Argentina yang berasal dari gabungan daging barbeku. Adapun jenis daging yang digunakan antara lain bife de lomo atau tenderloin, vacio, matambre, hingga bife de chorizo atau sirloin.

Uniknya, asado akan dimasak di atas api terbuka dan selalu hadir dalam acara keluarga. Makanan ini juga dianggap merupakan cerminan dari warga Argentina. Makanan ini mulanya merupakan konsumsi dari para gauchi atau penunggang kuda yang nomaden di padang rumput. 

Empanadas

Ilustrasi empanadas. (Special)

Salah satu makanan khas Argentina yang paling populer yaitu empanadas. Sebab, makanan ini dapat kamu temui di berbagai tempat atau kios makanan kecil hingga street food.

Empanadas memiliki kemiripan dengan salah satu makanan yang ada di Indonesia, yakni pastel. Berbentuk seperti pastel, empanadas memiliki isian mulai dari sayuran hingga campuran potongan daging yang lezat. Tak hanya itu, isinya juga terkadang dimodifikasi sesuai selera. Ada yang menjual empanadas dengan isian jagung manis, ayam, keju, serta ham.

Provoleta

Ilustrasi provoleta. (Special)

Sajian lezat khas Argentina yang tak boleh kamu lewatkan yaitu provoleta. Makanan ini cocok untuk kamu pecinta keju. Sebab, provoleta terbuat dari keju yang dinikmati bersama daging asado. Teksturnya creamy dan sangat pas untuk dijadikan pelengkap makanan dengan cita rasa gurih dan asin.

Tentunya, kamu tidak akan kesulitan menemukan makanan ini. Sebab, provoleta banyak dijual di Argentina, mulai dari kedai kecil hingga restoran besar.

Choripan

Ilustrasi choripan. (Special)

Bagi pecinta hot dog, ternyata Argentina juga memiliki sajian serupa yang khas. Choripan merupakan makanan Argentina yang sekilas memiliki bentuk seperti hot dog.

Makanan ini terbuat dari bahan roti dengan kulit yang sangat renyah. Isiannya terdiri dari sosis, selada, bawang panggang, serta acar. Kamu dapat menemukan makanan ini di berbagai kedai penjual makanan.

Namun, bagi kamu yang muslim, alangkah baiknya untuk bertanya kehalalan makanannya. Sebab, beberapa penjual menyediakan choripan dengan varian isian daging babi. 

Alfajores

Ilustrasi alfajores. (Special)

Pecinta makanan manis harus mencoba alfajores. Ini merupakan salah satu sajian khas Argentina yang sangat sayang untuk dilewatkan. Sekilas makanan atau camilan ini mirip dengan makarun dari Prancis. Namun, di Argentina sendiri kue kering ini memiliki cita rasa yang berbeda.

Bahan yang digunakan untuk pembuatannya antara lain tepung, madu, almon, hazelnut, serta dulce de leche. Uniknya, di Argentina, alfajores akan disajikan dengan taburan serbuk gula serta parutan kelapa di luarnya. Beberapa penjual juga menyediakan cokelat leleh untuk celupan. Sehingga, bisa menikmati varian lain ketika memakan alfajores.