Wajib Dicoba! 6 Makanan Khas Gresik yang Menggugah Selera

Sabtu, 1 Januari 2022 | 23:43:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Wajib Dicoba! 6 Makanan Khas Gresik Yang Menggugah Selera

Ilustrasi orang makan bersama. (special)

Ladiestory.id - Gresik merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur. Makanan khas Kota Gresik bisa Kamu jadikan destinasi wisata kuliner yang menarik. Pasalnya, makanan khas Gresik mempunyai cita rasa yang sulit untuk dilupakan.

Makanan Khas Gresik yang Super Nikmat

Makanan khas Gresik sendiri sangat bervariasi mulai dari makanan berat hingga makanan ringan atau camilan juga tersedia. Wisata kuliner yang ditawarkan Kota Gresik juga beragam, dan memiliki rasa yang berbeda-beda.

Jika Kamu sedang jalan-jalan ke Kota Gresik, rasanya kurang lengkap tanpa mencicipi wisata kulinernya. Penasaran makanan apa saja yang menjadi khas Kota Gresik?

1. Nasi Krawu Gresik

Ilustrasi Nasi Krawu. (Special)

Makanan khas Gresik yang pertama adalah nasi krawu. Nasi krawu adalah nasi putih yang disajikan dengan sambal petis, serundeng, dan balacan. Kamu bisa menambahkan beberapa jenis lauk lainnya seperti, ayam atau daging suwir, babat, iso, dan paru goreng yang menjadikan Nasi Krawu lebih mantap dan nikmat. 

2. Sego Roomo

Ilustrasi Sego Roomo. (Special)

Makanan Gresik selanjutnya adalah sego roomo. Dari namanya sudah jelas kalau makanan ini menggunakan "sego" yang artinya nasi. Namun, jika dilihat sekilas tampilan sego roomo ini seperti bubur sumsum.

Sego roomo khas Gresik adalah nasi yang disajikan dengan bumbu racikan khas Gresik, bertekstur kental seperti Sate Padang. Warna orange tersebut berasal dari cabai dan udang yang telah ditumbuh halus. Sego roomo disajikan menggunakan daun pisang pincuk, yang berisi nasi, singkong, peyek, serundeng dan kerupuk. Rasanya lezatnya yang khas, membuat orang tergoda untuk mencicipinya.

3. Kue Pudak

Ilustrasi Kue Pudak. (Special)

Pudak merupakan salah satu kue khas Gresik, yang terbuat dari tepung beras, gula dan santan kelapa. Ketiga bahan tersebut dicampur sampai merata dan dibungkus menggunakan pelepah pisang yang sudah dikeringkan. Setelah itu proses terakhir adalah dikukus sampai matang. Terkadang beberapa orang ada yang menggunakan gula jawa atau daun pandan sebagai pewarna alami. Makanan khas ini hanya ada di Kota Gresik, yakin Kamu tidak ingin mencobanya?

4. Bubur Masin

Ilustrasi bubur masin. (Special)

Jika Kamu sedang berlibur atau singgah di Kota Gresik, tak ada salahnya untuk mencoba menu kuliner yang satu ini. Bubur masin kerap dijadikan makanan untuk sarapan masyarakat Kota Gresik. Namun, umumnya bubur ini sering dijual saat bulan Ramadhan. Memiliki cita rasa yang unik, gurih dan tambahan aroma kemangi semakin menggugah nafsu makanmu.

5. Jubung

Makanan Jubung. (instagram.com/yuk_aisyah)

Jubung merupakan makanan khas Gresik yang bisa Kamu jadikan oleh-oleh. Jubung khas Gresik dibuat dengan bahan dasar ketan hitam serta dicampur taburan wijen di atasnya. Umumnya jubung dimasak menggunakan selongsong putih yang terbuat dari daun pinang muda. Proses pembuatannya juga memakan waktu yang cukup lama, sekitar satu hari. Perpaduan rasa yang nikmat dan juga kenyal membuatnya sangat cocok di jadikan camilan bersama keluarga tercinta.

6. Sanggring (Kolak Ayam)

Makanan Sanggring. (instagram.com/aditongel)

Sanggring atau sering disebut kolak ayam merupakan salah satu makanan khas Gresik. Makanan ini terbuat dari suwiran daging ayam yang dipadukan dengan kuah atau kaldu seperti soto atau bakso, namun rasanya cenderung sedikit manis.

Proses pembuatannya juga cukup unik, cara membuatnya harus dilakukan oleh para pria yang sudah berwudu. Konon makanan ini berasal dari makanan obat yang dibuat oleh putra Sunan Giri pada saat ia mengalami sakit yang berkepanjangan.