Makanan Khas India yang Kaya Rempah-rempah, Wajib Coba!

Kamis, 16 Desember 2021 | 16:30:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Makanan Khas India Yang Kaya Rempah-Rempah, Wajib Coba!

Ilustrasi makanan khas India. (Special)

Ladiestory.id - Kuliner khas Asia memang terkenal lezat dan menggugah selera. Tak hanya Indonesia, namun makanan khas India juga tak kalah menggiurkan.

Perlu diketahui kalau India merupakan salah satu negara yang dikenal memiliki banyak ragam kuliner. Makanan khas India juga sudah diterima global. Bahkan, banyak di antaranya cocok di lidah orang Indonesia. Namun, kari tidaklah satu-satunya makanan khas India. Masih banyak varian rasa dan tekstur yang diberikan dari jenis hidangan lainnya.

Makanan Khas India yang Kaya Rempah-rempah

Sebab makanan khas India punya bumbu rempah yang sangat khas. Oleh sebab itu, rasanya benar-benar memanjakan indra perasa. Dari sekian banyak jenis makanan khas India, berikut yang paling populer dan cocok di lidah orang Indonesia.

1. Biryani

Nasi Biryani, makanan khas India. (Special)

Banyak sebutan untuk makanan khas India yang hampir terkenal di seluruh dunia. Ada yang menyebutnya biryani, beryani, biriani, atau nasi briyani.

Meski memiliki banyak nama, nasi biryani ini salah satu masakan rumahan ala India yang mengandalkan banyak rempah-rempah mulai dari ketumbar hingga kapulaga. Satu hal yang tidak bisa lepas dari nasi briyani adalah beras basmati yang memiliki ciri khas dengan bentuk panjang dan sedikit kering.

2. Ayam Tandoori

Ayam Tandoori, makanan khas India. (Special)

Ayam tandoori juga menjadi salah satu makanan India yang sudah cukup mendunia. Pemberian nama ayam tandoori sebab dalam proses pembuatannya bernama tandoori.

Tandoori sendiri merupakan cara memasak bahan makanan dengan menggunakan bumbu yang dibuat meresap ke dalam bahan. Bahan yang sudah dimasak tadi, lalu dipanggang dalam oven tandoori bertemperatur sangat tinggi atau bisa mencapai 300 derajat celsius.

Ayam biasanya ditusuk dengan menggunakan besi panjang karena dipanggang dalam suhu yang sangat tinggi. Rasanya menjadi sangat lezat karena menggunakan berbagai bumbu yang dilumuri pada ayamnya, seperti minyak mustar, garam musala, garam bubuk, yogurt, bubuk cabai, bubuk ketumbar, bumbu jinten, dan bumbu khas India yang bernama kasoori methi.

3. Rajma Masala

Rajma Masala, makanan khas India. (Special)

Bagi Kamu yang sedang diet, bisa mencoba makanan India bernama Rajma Masala ini. Biasanya, sebagian besar orang India mengonsumsi biji-bijian sebagai menu diet. Rajma Masala sendiri merujuk pada kacang merah. Makanan India tersebut sering disantap bersama roti dan chapati.

Tidak perlu ke India untuk mencicipinya, Kamu bisa membuat kuliner sederhana ini di rumah. Cukup merebus bahan utama, berupa kacang merah dan menumisnya dengan bumbu-bumbu yang terdiri atas jinten, garam masala, bubuk cabai dan kunyit.

4. Samosa

Samosa, makanan khas India. (Instagram.com/sinfullyspicy)

Samosa merupakan makanan khas India yang kerap disajikan sebagai camilan. Kulitnya memiliki tekstur garing, sedangkan isiannya berupa kentang dan daging berbumbu kari yang pedas. Sekilas, makanan ini tampak seperti lumpia goreng tapi dengan isian kari dengan saus chutney mint.

5. Jalebi

Jalebi, makanan khas India. (Spesial)

Jalebi juga makanan khas India berupa permen atau manisan. Manisan khas India ini tergolong makanan wajib ada di rumah-rumah orang India. Bentuk jalebi hampir sama dengan pretzel dan dibuat dari tepung yang dibentuk melingkar untuk kemudian digoreng hingga matang.

Setelah digoreng, jalebi akan direndam dalam sirup gula sampai permukaannya mengilap dan mengkristal. Jalebi tetap lezar disajikan dalam keadaan hangat ataupun dingin.

Jika tertarik untuk mencoba, Kamu tak perlu jauh-jauh ke India untuk merasakan makanan khas India. Sebab di Indonesia sendiri sudah banyak restoran yang menjual makanan khas India