Wajib Dicoba, 7 Makanan Khas Jepara Nikmat dan Memanjakan Lidah

Kamis, 31 Maret 2022 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Wajib Dicoba, 7 Makanan Khas Jepara Nikmat Dan Memanjakan Lidah

Makanan Khas Jepara (Special)

Ladiestory.id - Jepara merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah, yang terkenal dengan seni ukirannya. Terletak di perbatasan laut Jawa, membuat kota ini memiliki destinasi wisata alam yang menarik. Tak hanya menawarkan keindahan alam saja, kota kelahiran R.A. Kartini ini juga dikenal dengan wisata kuliner yang siap memanjakan lidah.

Bagi Kamu yang melewati kota Jepara, tak ada salahnya untuk singgah dan mencicipi makanan khas Jepara yang terkenal mantap dan nikmat. Berikut beberapa makanan khas Jepara yang wajib Kamu coba.

Bongko Mento

Makanan Khas Jepara (Special)

Makanan khas Jepara yang pertama adalah Bongko Mento. Sekilas makanan ini hampir sama seperti pepes, namun yang membuatnya berbeda adalah isiannya. Bongko Mento merupakan makanan yang sudah ada sejak zaman Kerajaan Kalinyamat, Keraton Jepara.

Makanan ini berupa tepung beras yang diisi dengan jamur kuping, ayam, soun lalu disiram santan dan dibungkus dengan daun pisang. Bongko Mento biasanya disajikan ketika ada pesta atau acara-acara keluarga.

Opor Panggang

Makanan Khas Jepara (Special)

Sekilas opor panggang Jepara hampir sama dengan opor bakar Kudus. Yang membuatnya berbeda adalah pada cara memasaknya. Opor panggang Jepara menggunakan ayam kampung yang dimasak dengan kuah opor, lalu dipanggang menggunakan paso.

Paso adalah wadah yang terbuat dari tanah liat dan berbentuk bulan yang digunakan untuk memanggang ayam. Meski saat ini sudah ada oven atau microwave namun paso tetap digunakan untuk mempertahankan resep dari nenek moyang.

Horok-horok

Makanan Khas Jepara (Special)

Makanan khas Jepara lainnya adalah horok-horok. Makanan yang satu ini tergolong makanan yang langka dan hanya ada di Jepara. Terbuat dari tepung pohon aren yang diambil dengan cara disisir, kemudian dicampur dengan santan dan gula.

Setelah matang, makanan ini akan memiliki tekstur yang kenyal dan sering dijadikan sebagai pengganti nasi. Horok-horok sering disajikan bersama soto, bakso, gulai dan pecel.

Lontong Krubyuk

Makanan Khas Jepara (Special)

Lontong Krubyuk merupakan makanan khas Jepara yang kerap disajikan pada siang hari, karena rasanya yang nikmat dan segar. Makanan ini bisa Kamu temukan di sekitar Karimun Jawa.

Sesuai dengan namanya, makanan ini terdiri dari lontong, tauge, suwiran ayam, potongan tahu, irisan daun seledri, dan disiram dengan kuah kaldu sapi. Kamu akan merasakan cita rasa yang lezat, nikmat dan segar ketika menyantapnya.

Sayur Betik

Makanan Khas Jepara (Special)

Daftar makanan khas Jepara selanjutnya adalah sayur betik. Sayur betik menggunakan bahan utama pepaya muda dan daging sapi. Pepaya muda dipotong korek api, kemudian dimasak bersama daging, santan, dan aneka bumbu rempah lainnya. Aroma rempah yang kuat, dan rasa gurih membuat makanan ini sering dibuat oleh masyarakat Jepara sebagai lauk sehari-hari.

Bontosan

Makanan Khas Jepara (Special)

Bagi Kamu pecinta kerupuk, tentunya Kamu wajib mencoba  salah satu makanan khas Jepara yang satu ini. Bontosan adalah makanan khas Jepara berupa kerupuk yang menggunakan bahan utama ikan kerapu.

Bontosan mempunyai bentuk gulungan yang bisa diolah dengan cara digoreng atau dikukus. Biasanya, bongkosan disajikan dengan saus sambal. Rasa ikan kerapu yang gurih serta pengolahannya yang unik dengan cara dikukus, akan menjadikan pengalaman kulinermu tidak terlupakan.

Blenyik

Makanan Khas Jepara (Special)

Blenyik merupakan olahan ikan laut Khas Jepara yang bisa Kamu jadikan oleh-oleh. Blenyik merupakan ikan teri kecil-kecil yang dicampur dengan tepung, merica serta kemiri, lalu digoreng sampai benar-benar kering. Blenyik sangat cocok disantap bersama nasi putih hangat dan juga sambal. Selain itu blenyik juga bisa dijadikan camilan saat hujan.