5 Makanan Khas Majalengka yang Bikin Lidah Bergoyang

Jumat, 1 Oktober 2021 | 08:06:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

5 Makanan Khas Majalengka yang Bikin Lidah Bergoyang

Foto: Izwie

Ladiestory.id - Majalengka tidak hanya terkenal dengan tempat wisatanya yang masih hijau dan asri. Majalengka juga memiliki beragam kuliner khas yang populer, lezat dan nikmat. Bagi Anda pecinta kuliner khas daerah, setidaknya layak mencoba 5 makanan khas Majalengka di bawah ini.

Makanan Khas Majalengka yang Cocok untuk Dicoba

Berikut  makanan khas Majalengka yang layak untuk dicoba.

1. Lotek

Foto: javatravel

Makanan khas Majalengka yang layak Anda cicipi yang pertama ialah lotek. Makanan ini sekilas mirip gado-gado yang berisi bermacam sayuran yang disajikan dengan  lontong  atau nasi dan dicampur dengan sambal kacang.

Yang khas dari sajian makanan ini adalah bumbu kacangnya yang lezat dan berbeda, dipadu dengan aneka sayuran yang pasti rasanya menggugah selera lapar Anda.

Lotek cenderung memiliki rasa yang manis dibandingkan dengan gado-gado atau pecel. Sajian kuliner khas Majalengka ini dapat Anda temui di sepanjang jalan Majalengka. 

2. Tutut

Foto: javatravel

Mungkin sebagian masyarakat tak asing lagi dengan tutut, yaitu sejenis keong kecil. Tutut adalah salah satu makanan khas majalengka yang memiliki rasa yang khas, karena diolah sedemikian rupa lalu dimasak dengan bumbu-bumbu pilihan. Sehingga menghasilkan tutut dengan citarasa yang lezat dan khas.

Walaupun tutut identik dengan makanan jadul tapi nyatanya hingga kini tutut masih banyak diminati. Tutut juga dipercaya sebagian orang dapat mengatasi berbagai penyakit seperti hipertensi, liver, diabetes, maag dan wasir.

Tutut juga mengandung banyak vitamin yang baik bagi tubuh. Kuliner yang satu ini dapat dikonsumsi sebagai lauk bersama nasi atau juga bisa dimakan tanpa nasi. Tutut juga mengandung banyak vitamin yang baik bagi tubuh. 

3. Jalabria

Foto: travel.tribunnews

Makanan khas Majalengka lainnya yang wajib Anda cicipi adalah Jalabria. Makanan yang satu ini terbuat dari ketan hitam yang di goreng lalu di taburi gula.

Bentuknya bulat dengan lubang ditengahnya, serta memiliki rasa yang manis dan gurih. Jalabria cocok dijadikan sebagai camilan, rasanya yang pasti enak dan lezat.

4. Seblak Basah

Foto: javatravel

Makanan khas majalengka lainnya  yang wajib Anda coba adalah seblak basah. Makanan ini cukup terkenal di Jawa Barat, khususnya di Majalengka. 

Seblak merupakan kerupuk yang dimasak dengan bumbu dan dihidangkan selagi hangat. Seblak ini bisa dimakan bersama nasi sebagai lauk, rasanya sangat lezat bila dinikmati saat baru matang dan dalam keadaan panas.

Seblak memiliki rasa yang khas. Itulah yang menjadikan makanan khas Majalengka ini banyak diburu wisatawan yang berkunjung ke Majalengka.

5. Lumpia Basah

Foto: javatravel

Sajian kuliner khas Majalengka selanjutnya adalah lumpia basah. Makanan ini banyak dicari para wisatawan pemburu kuliner daerah.

Lumpia basah terbuat dari berbagai bahan makanan seperti tauge, irisan bengkoang, daun bawang, irisan bakso, dan sosis yang ditumis lalu diisikan dalam kulit lumpia, selanjutnya digoreng hingga renyah. Makanan yang satu ini cukup mengenyangkan dan lezat pastinya, sehingga Anda wajib mencobanya.

Nah, itulah 5 makanan khas Majalengka yang layak Anda cicipi dengan rasanya yang lezat yang bakal menggoyang lidah Anda. 

Berita Terkait