Ada Gelaran MotoGP 2022, Yuk Cicip 5 Makanan Khas Mandalika, Lombok

Rabu, 23 Februari 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Ada Gelaran Motogp 2022, Yuk Cicip 5 Makanan Khas Mandalika, Lombok

Ilustrasi sate rembiga, makanan khas Mandalika. (Special)

Ladiestory.id - Mandalika menjadi daerah yang hangat dibicarakan akhir-akhir ini. Sebab Mandalika akan dijadikan tuan rumah untuk gelaran bergengsi MotoGP 2022.

Bahkan sirkuit di Mandalika ini terbilang sirkuit paling indah di Indonesia. Pasalnya, sirkuit ini memiliki view laut biru yang memanjakan mata. Tak heran, sebab daerah Mandalika, Lombok memang terkenal dengan pesisirnya yang indah.

Rencananya balap motor MotoGp 2022 ini akan dilansakanan pada Maret di Mandalika. Jika Kamu berkesempatan pergi ke sana, jangan lewatkan kuliner khas Mandalika yang tak kalah unik dan nikmat. Apa saja itu?

1. Sate Rembiga

Ilustrasi sate rembiga, makanan khas Mandalika. (Special)

Salah satu kuliner yang wajib di coba ketika ke Mandalika adalah satu rembiga. Sate yang satu ini menggunakan bahan utama daging sapi, namun bisa juga diganti dengan daging ayam.

Sate rembiga tidak disajikan dengan bumbu kacang. Namun diganti dengan beberapa bahan dan rempah-rempah, yang membuat sate rembiga ini beda dari sate biasanya. Sate khas Mandalika bisa dirasakan lewat asam jawa yang membuat kaya rasa.

Tidak perlu khawatir alot jika menyantapnya. Sebab sebelum ditusuk, potongan daging sapi akan direndam selama 3 jam. Oleh sebab itu, rasa bumbu akan meresap hingga dalam dan daging sapi akan empuk.

Sate yang satu ini berasal dari Desa Rembiga, dekat Bandara Selaparang. Oleh sebab itu, sate tersebut dinamai sate rembiga. Seperti sate pada umumnya, sate rembiga bisa disantap dengan ketupat atau lontong.

2. Ayam Rarang

Ilustrasi ayam rarang, makanan khas Mandalika. (Special)

Pecinta makanan pedas wajib mencoba kuliner khas Lombok Timur yang satu ini. Pada dasarnya ayam rarang mirip dengan ayam taliwang.

Namun ada sedikit perbedaan pada bumbu dan sambal yang menyebabkan ayam rarang sangatlah pedas. Biasanya, masyarakat menyebut bumbu yang digunakan ayam rarang ini bumbu plecing.

Jika dilihat dari gambar, visual dari makanan khas Mandalika ini sangat menggiurkan. Identik dengan warna merahnya, kuliner ini menggunakan ayam kampung.

3. Ares

Ilustrasi ares, makanan khas Mandalika. (Special)

Jika ingin merasakan perpaduan rasa manis, gurih, pedas, Kamu perlu mencicipi hidangan khas Mandalika, yakni Ares. Makanan ini terbilang unik sebab berbahan dasar pelepah pisang. Kemudian dimasak dengan santan yang membuat makanan ini terasa makanan khas Indonesia.

Di dalam sayur ares ini juga terdapat beberapa potong daging ayam dan tulang. Biasanya makanan cocok dinikmati waktu musim hujan. Sebab rasa pedas dan hangat dari sayur ares bisa membuat tubuh lebih hangat.

Dulu, sayur ares ini hanya dapat ditemui saat pernikahan suku Sasak asli. Namun kini, sayur ares sudah dapat dijumpai di warung makan dan menjadi salah satu makanan khas Mandalika.

4. Plecing Kangkung

Ilustrasi plecing kangkung, makanan khas Mandalika. (Special)

Makanan kali ini sangat cocok bagi Kamu yang menyukai sajian berbahan sayur. Seperti namanya, plecing kangkung yang menggunakan bahan utama kangkung.

Meskipun terlihat sederhana, namun makanan khas Mandalika ini sangatlah bergizi. Terlebih rasa pedas yang dapat membuat lidah bergetar akan memberikan sensasi tersendiri.

Tak hanya rasa pedas, namun kesegaran juga didapat dari plecing kangkung ini. Sebab pada dasarnya menggunakan sambal tomat segar yang diberi perasan jeruk limau.

Tak hanya kangkung, namun ada taoge, urap, kacang panjang, dan kacang tanah yang membuat makanan ini menjadi kaya akan tekstur. Biasanya orang akan memesan ayam taliwang disertai dengan plecing kangkung.

5. Beberuk Terung

Ilustrasi beberuk terung, makanan khas Mandalika. (Special)

Eits, makanan satu ini bukan berbahan utama bebek, ya. Namun, beberuk terung semacam gado-gado khas Mandalika. Makanan yang satu ini juga kerap dipesan bersamaan dengan ayam taliwang.

Jika gado-gado menggunakan saus kacang, beberuk terung menggunakan sambal merah yang mengguhah selera. Makanan ini berisi terung, tomat, kacang panjang, dan timun yang disiram dengan sambal.

Rasa manis dan pedas ini akan lengkap jika diberi perasan jeruk limau untuk menambah rasa asam dan segar. Hampir setiap rumah makan ayam taliwang, pasti menyediakan beberuk terung ini.

Tertarik untuk mencoba?