5 Makanan Khas NTT yang Lezat Menggugah Selera

Minggu, 12 Desember 2021 | 14:15:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

5 Makanan Khas Ntt Yang Lezat Menggugah Selera

Ilustrasi makanan khas NTT, pelepah manuk. (Spesial)

Ladiestory.id  -Setiap daerah punya makanan khas yang jadi ciri daerah tersebut, seperti halnya NTT, yang punya banyak ragam kuliner yang unik, enak dan lezat pastinya. Mau tahu apa saja makanan khas NTT? Yuk, cari tahu di bawah ini. 

Makanan Khas NTT

Inilah ragam kuliner khas NTT yang enak, dijamin bikin kamu ngiler dan ingin mencobanya.

1. Jagung Bose

Ilustrasi makanan khas NTT, jagung bose. (Spesial)

Salah satu makanan khas NTT yang satu ini adalah makanan pokok masyarakat NTT sebagai pengganti nasi. Karena makanan pokok, maka banyak ditemukan di rumah-rumah warga setempat.

Bose sendiri dalam bahasa NTT artinya dilunakkan, jadi,  jagung bose artinya jagung yang dilunakkan. Jagung yang digunakan adalah jagung putih, yang dimasak dengan cara dicampur kacang merah yang direbus dengan santan sampai jadi bubur.

Saat dihidangkan, biasanya jagung bose dipadukan bersama lauk seperti ikan tuna goreng, tahu bumbu, tumis paria, atau sambal lu’at.

2. Kolo

Ilustrasi makanan khas NTT, kolo. (Spesial)

Makanan khas NTT selanjutnya adalah kolo. Kolo sendiri memiliki tampilan seperti nasi bakar.  Kolo dimasak dengan bambu yang ditaruh di atas bara api untuk dibakar.

Cara membuatnya adalah pertama cuci beras sebelum dimasukkan ke dalam bambu muda sepanjang 30 sentimeter. Beras tersebut telah dicampur dengan rempah-rempah khas NTT.

Setelah itu beras yang dicampur rempah tadi dimasukkan dalam bambu. Jangan lupa tutup bambunya dengan daun pisang. Lalu, bambu ditaruh berdiri di bara api untuk dibakar selama setengah jam.

Setelah matang, kolo dikeluarkan dari bambu kemudian digulung dengan daun sebagai pembungkusnya. Biasanya, Kolo disajikan dalam acara-acara adat. Selain itu, Kolo juga dijadikan menu utama yang akan disantap bersama dengan sayur dan segala macam lauk.

3. Kue Jawada

Ilustrasi makanan khas NTT, kue jawada. (Spesial)

Makanan khas NTT lainnya adalah kue jawada. Kue jawada adalah kue tradisional masyarakat Pulau Flores. Kue ini memiliki tekstur yang renyah sehingga sering juga disebut dengan kue rambut karena bentuknya terlihat seperti rambut.

Masyarakat NTT khususnya Flores biasanya menyantap kue rambut ini ditemani dengan kopi hangat yang pastinya akan menambah cita rasa.

4. Rumpu Rampe

Ilustrasi makanan khas NTT, rumpu rampe. (Spesial)

Rumpu rampe merupakan salah satu makanan khas NTT yang enak. Sajian ini berupa tumisan campuran dari  daun dan bunga papaya. Tumis ini biasa disajikan di rumah sebagai hidangan sayur favorit masyarakat NTT.

Biasanya makanan yang terdiri dari daun serta bunga papaya ini ditumis dengan bawang merah, bawang putih, cabe merah, dan bahkan cabe rawit.jika menyukai rasa pedas. Semua bahan tadi ditumis dengan bumbu seperti garam dan gula serta rempah-rempah lain.

5. Pelepah Manuk

Ilustrasi makanan khas NTT, pelepah manuk. (Spesial)

Pelepah Manuk awalnya adalah makanan khas NTT yang diolah dari burung, tapi kelamaan makanan ini menggunakan bahan utama ayam meskipun dengan bumbu yang sama.

Ayam atau burung pada pelepah manuk biasanya dimasak dengan cara dibakar yang selanjutnya dimasukan dalam panci yang sudah diisi dengan  bumbu–bumbu dan rempah–rempah yang sudah ditumis.

Setelah ayam atau burung dimasukkan kedalam panci bersama dengan bumbu dan rempah, selanjutnya tambahkan santan dan masak sampai daging ayam atau burung meresap dan bercampur dengan santan dan bumbunya. Masak hingga kuah mengental dan angkat, pelepah manuk pun siap disajikan.

Bagaimana, tertarik mencoba makanan khas NTT yang enak menggoda tersebut? Selamat mencoba.