Makanan Khas Pelengkap Momen Lebaran di Berbagai Negara

Selasa, 3 Mei 2022 | 20:30:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Makanan Khas Pelengkap Momen Lebaran Di Berbagai Negara

Ilustrasi lebaran. (Special)

Ladiestory.id - Lebaran menjadi momen yang ditunggu umat muslim di berbagai belahan dunia. Selain menjadi ajang silaturahmi, momen lebaran pun kerap ditunggu karena kehadiran berbagai hidangan khasnya.

Seperti halnya rendang ataupun opor ayam di Indonesia, umat muslim di beberapa negara lain pun tak ketinggalan memiliki makanan khas yang tak bisa dilewatkan saat momen lebaran datang. Nah, berikut Ladiestory.id merangkum lima makanan khas saat lebaran di beberapa negara di dunia.

Baklava - Turki

Makanan Khas Lebaran di Dunia. (Spesial)

Salah satu negara yang memiliki banyak populasi umat muslim, Turki memiliki makanan khas lebaran yang bernama baklava. Makanan ini sekilas mirip dengan kue kering dengan selai di bagian tengah.

Dibuat berlapis, selai yang dimasukan di bagian tengah kue terbuat dari kacang walnut yang dicincang. Saat dihidangkan, baklava biasanya akan lebih nikmat jika disiram dengan sirup atau madu.

Chicken Bastilla - Maroko

Makanan Khas Lebaran di Dunia. (Spesial)

Selain Turki, negara lainnya, yaitu Maroko, pun memiliki makanan khas lebaran yang tak kalah lezat bernama Chicken Bastilla. Mirip dengan kue pie, makanan ini memang memiliki bahan utama yang sama, yang membedakan berada pada isiannya, yaitu ayam.

Maka tak heran, jika beberapa orang mengenal Chicken Bastilla dengan sebutan pie ayam, yang kerap disajikan dengan topping almond di atasnya. 

Sheer Khurma - Pakistan

Makanan Khas Lebaran di Dunia. (Spesial)

Lebaran di Pakistan identik dengan masakan bernama Sheer Khurma sebagai makanan khasnya. Makanan ini berbentuk krim yang terbuat dari susu dengan isian bihun, kurma kering dan kacang almond.

Selain bahan di atas, beberapa bahan lain seperti kunyit, kelapa, air mawar hingga kapulaga pun dicampurkan di Sheer Khurma untuk menambah cita rasa. Sheer Khurma biasanya disajikan sebagai makanan penutup saat Idulfitri.

Sup Mie La Mian - Tiongkok

Makanan Khas Lebaran di Dunia. (Spesial)

Meski bukan negara dengan mayoritas masyarakat muslim, sebagian kecil muslim memiliki makanan khas yang disebut Sup Mie Lamian. Makan ini kerap disajikan saat momen besar, seperti lebaran.

Makanan ini, merupakan mi pada umumnya yang disajikan dengan kuah sup hangat bercita rasa gurih dengan topping sayur-sayuran dan daging sapi ataupun ayam. Makanan ini cocok disajikan di kala berkumpul di momen lebaran yang hangat bersama keluarga.

Kari Chotpoti - Bangladesh

Makanan Khas Lebaran di Dunia. (Spesial)

Bangladesh punya makanan bernama Kari Chotpoti. Hidangan ini biasa dimasak saat momen lebaran. Makanan dengan kuah utama kari khas Asia Selatan dimasak bersama dengan isian kacang polong, kentang dan telur. 

Memiliki rasa pedas dan gurih, makanan ini sangat disukai masyarakat Bangladesh. Pasalnya, selain rasanya yang lezat, Kari Chotpoti pun memiliki kandungan protein yang tinggi dengan kalori yang rendah.

s