5 Makanan Khas Semarang Nikmat, Wajib Kamu Coba!

Selasa, 11 Januari 2022 | 12:00:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

5 Makanan Khas Semarang Nikmat, Wajib Kamu Coba!

Makanan Khas Semarang. (special)

Ladiestory.id - Semarang merupakan salah satu kota dengan destinasi wisata yang tidak ada habisnya. Mulai dari tempat bersejarah, wisata alam, serta wisata kulinernya menjadikan kota ini banyak dikunjungi para wisatawan. Terkenal dengan aneka sajian kuliner yang siap memanjakan lidah, rasanya kurang lengkap jika ke Semarang namun belum mencicipi makanan khasnya.

Makanan khas Semarang memiliki cita rasa yang unik. Berasal dari perpaduan budaya yang ada, menjadikan makanan di kota ini layak untuk Kamu coba. Bagi Kamu yang saat ini sedang jalan-jalan atau singgah di Semarang, jangan lupa untuk membeli atau mencicipi aneka kulinernya, ya. Berikut Ladiestory.id merangkum beberapa makanan khas Kota Semarang yang patut Kamu coba.

1. Loenpia

Ilustrasi Lumpia Semarang. (special)

Loenpia atau sering disebut lumpia adalah salah satu makanan khas Semarang yang sangat populer. Makanan ini merupakan perpaduan dari budaya Tiongkok dengan kata Lun Pia yang mempunyai makna rebung rebus sebagai isiannya.

Perpaduan budaya tiongkok dan Jawa menghasilkan beragam variasi lumpia. Saat ini lumpia tidak hanya diisi dengan rebung saja. Ada yang diisi dengan daging ayam, dan juga udang. Makanan ini terasa nikmat saat dicocol sambal. Lumpia khas Kota Semarang ini siap memanjakan lidahmu dengan rasa yang begitu menggoda.

2. Bandeng Presto

Ilustrasi Bandeng Presto. (special)

Semarang tak hanya dikenal sebagai Kota Atlas, namun juga kota pesisir. Hal ini membuat Semarang kaya akan hidangan yang menggunakan ikan sebagai bahan utama, salah satunya bandeng presto. Bandeng Presto sudah menjadi salah satu makanan khas Semarang sejak 1977 silam.

Bandeng Presto ini adalah ikan bandeng yang dimasak dengan cara di presto. Sehingga, membuat duri ikan bandeng menjadi lunak, dan tekstur ikan terasa sangat lembut. Makanan ini cocok bagi Kamu yang ingin mengonsumsi ikan, tapi malas untuk membuang durinya. Bandeng Presto akan lebih nikmat jika disantap bersama nasi putih hangat dan sambal.

3. Nasi Ayam Semarang

Ilustrasi Nasi Ayam Semarang. (special)

Nasi ayam mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Namun, nasi ayam Semarang memiliki perbedaan dengan nasi ayam pada umumnya. Perbedaan utama nasi ayam Semarang yaitu pada kuah opor kuning yang digunakan untuk menyiram nasi serta lauknya.

Nasi ayam Semarang biasanya disajikan dengan suwiran ayam, aneka sate, mulai dari usus, rempelo, hati, uritan, krecek urap dan sayuran yang lain. Rasa gurih dari kuah santan yang dipadukan dengan berbagai aneka lauk menjadikan nasi Semarang ini wajib Kamu coba.

4. Roti Gambang

Ilustrasi Roti Gambang. (special)

Roti gambang atau  yang lebih dikenal sebagai roti ganjel rel. Roti yang memiliki sejarah panjang di Semarang ini berasal dari Belanda. Disebut sebagai ganjel rel karena mempunyai bentuk seperti kayu bantalan rel dengan tektur yang begitu padat.

Roti ini dijadikan menu sarapan Belanda pada zaman dulu. Roti ini memiliki cita rasa yang begitu istimewa. Ditambah dengan aroma kayu manis yang wangi, sangat mampu menggugah selera untuk mencicipinya.

5. Kue Mochi

Ilustrasi Kue Mochi Semarang. (special)

Kue mochi adalah salah satu kue tradisional khas Semarang, yang merupakan hasil perpaduan budaya Jepang dan Tionghoa. Perbedaan kue mochi Semarang dengan yang lainnya adalah terletak pada isiannya yang menggunakan kacang.

Selain itu mochi Semarang memiliki tekstur yang padat dan kenyal. Kue mochi sendiri terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat, lalu diisi dengan kacang dan dibalur dengan biji wijen. Kue mochi sangat cocok dijadikan oleh-oleh saat Kamu singgah di Semarang.