7 Makanan Khas Sukabumi yang Enak dan Bikin Lidah Bergoyang

Senin, 29 November 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

7 Makanan Khas Sukabumi Yang Enak Dan Bikin Lidah Bergoyang

Foto: IDNtimes

Ladiestory.id - Bagi kamu pecinta kuliner Nusantara pasti mengenal bubur ayam yang merupakan makanan khas Sukabumi, bubur ayam banyak dijumpai di mana-mana.

Tapi selain bubur ayam Kota Sukabumi juga memiliki banyak makanan khas yang tak kalah lezatnya dengan makanan khas daerah lain. Simak ulasannya berikut ini.

Daftar Makanan Khas Sukabumi yang Enak

Inilah daftar makanan khas Sukabumi yang pasti enak dan bakal bikin lidah kamu bergoyang saat mencicipinya

1. Sate Aci

Foto: 7terbaik

Dari namanya saja pasti sudah dapat diduga sate ini terbuat dari tepung kanji atau biasa juga disebut aci. Cara membuat sate aci ini adalah dengan mengolah tepung kanji yang telah dicampur penyedap rasa menjadi adonan lalu masak diatas kompor dengan api kecil, aduk perlahan jangan sampai adonan tersebut menggumpal. 

Setelah mendidih angkat dan tuang pada cetakan yang telah ditusuk lidi, bila sudah dingin angkat dari cetakan dan beri bumbu kacang, cukup mudah bukan cara membuatnya?

2. Geco (Toge-Tauco)

Foto: Merdeka

Geco atau taoge tauco adalah salah satu makanan khas yang berasal dari Kota Sukabumi, makanan ini berisi ketupat, taoge, mie, tahu dan tauco.

Bagi masyarakat Sukabumi biasanya menyantap geco untuk menu sarapan. Biasanya makanan ini dijual dipinggir jalan saat pagi hari dan akan habis terjual sebelum siang hari.

Makanan ini sangat laku dan diburu di pasaran bagi mereka yang membutuhkan sarapan praktis nan lezat serta mengenyangkan dengan harga merakyat, hanya Rp10.000 saja perporsinya.

3. Leor Daging

Foto: Masakapahariini

Leor Daging merupakan makanan khas Sukabumi yang mirip semur, masyarakat Sukabumi menyebutnya juga dengan gajih jando, masakan ini dibuat dari campuran daging sapi pipi dengan rempah-rempah pilihan. Leor daging dibuat dengan rasa manis dan pedas, sehingga cocok disantap bersama nasi hangat saat udara dingin.

Cara membuatnya pun cukup mudah dan bisa kamu praktekkan sendiri dirumah yaitu daging sapi pipi yang dipotong dadu rebus hingga empuk lalu tiriskan dan tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, merica, garam dan pala. 

Kemudian masukkan daging yang sudah direbus tadi beri kecap dan aduk hingga rata tambahkan tomat masak hingga matang, lalu angkat dan taburi bawang goreng agar lebih lezat rasanya. Tertarik untuk mencoba membuatnya?

4. Sagon Bakar Ciaul

Foto: Resepmasakanindonesia

Makanan khas kota Sukabumi lainnya adalah sagon bakar ciaul, makanan ini terbuat dari bahan aci, kelapa dan bahan-bahan lainnya. Sagon bakar ciaul memiliki rasa yang gurih dan renyah dengan variasi rasa kopi, cokelat, keju, original dan masih banyak lagi berbagai rasa lainnya.

5. Deblo

Foto: Cookpad

Deblo adalah kuliner khas Sukabumi yang berjenis kudapan, deblo terbuat dari bahan dasar singkong yang dicampur kunyit, bawang putih, daun bawang, merica dan garam yang ditumbuk halus kemudian digoreng sampai kering, rasanya gurih dan asin. Namun kini seiring perkembangan zaman deblo sulit didapatkan.

6. Nasi Tutug Oncom

Foto: Tribuntravel

Makanan khas Sukabumi selanjutnya adalah nasi tutug oncom yang menjadi makanan primadona karena rasanya yang enak dan harganya yang murah. Makanan ini terdiri dari nasi yang dicampur oncom ditambah bumbu lainnya dan rasanya dijamin dapat menggugah selera makan.

7. Kue Jahe

Foto: Ladiestory

Namanya juga kue jahe pastinya terbuat dari jahe. Kue jahe adalah kue yang dibuat dari parutan jahe, tepung terigu, mentega, telur, garam, kayu manis dan  gula, bisa juga tambahkan madu pada bahan-bahan tersebut.

Rasanya yang manis dan hangat membuat kue ini begitu istimewa bagi masyarakat Sukabumi dan juga wisatawan luar Kota Sukabumi. Karena itulah kue jahe ini biasa dijadikan oleh-oleh khas Sukabumi bagi mereka wisatawan yang berkunjung ke kota tersebut.

Itulah 7 makanan khas Sukabumi yang dijamin menggugah selera kamu dan akan membuat lidah bergoyang saat menikmatinya. Jadi bila kamu berkunjung ke Kota Sukabumi jangan lupa untuk mampir dan merasakan nikmatnya berbagai makanan khas asal Kota Sukabumi tersebut.