Memiliki Cita Rasa yang Menggoda, 7 Makanan Khas Thailand Wajib Dicoba

Senin, 14 Maret 2022 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Memiliki Cita Rasa Yang Menggoda, 7 Makanan Khas Thailand Wajib Dicoba

Makanan Khas Thailand (Special)

Ladiestory.id - Thailand merupakan salah satu negara yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Negeri Gajah Putih ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, salah satunya dalam hal kuliner.

Makanan khas Thailand memiliki cita rasa yang cukup unik. Kuatnya aroma rempah-rempah dengan rasa asam, manis dan pedas menjadikan makanan tersebut sangat cocok di lidah masyarakat Indonesia. Nah, Ladies jika Kamu sedang berlibur ke Thailand, tak ada salahnya mencoba beberapa makanan khas Thailand berikut ini.

Tom Yum

Makanan Khas Thailand (Special)

Makanan yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Tom Yum atau sup khas Thailand dikenal dengan cita rasa kuah yang asam dan pedas. Bahan dasar utama tom yum yaitu menggunakan udang atau daging babi. Kedua bahan tersebut memiliki perbedaan dalam mengelolanya.

Jika menggunakan udang, maka udang akan dimasukkan ke dalam sup yang sudah mendidih. Namun, jika bahan yang digunakan daging babi, maka daging dimasukkan sebelum sup mendidih. Tom yum sangat cocok dinikmati saat musim dingin, Kamu akan mendapatkan sensasi makan dengan rasa yang segar sekaligus menghangatkan.

Pad Thai

Makanan Khas Thailand (Special)

Pad Thai merupakan salah satu makanan legenda Thailand yang cukup terkenal. Dari tampilannya Pad Thai hampir sama dengan kwetiau, namun dengan rasa yang dominan asam, manis dan asin. Pad Thai berbahan dasar mie yang digoreng dengan telur, tahu dan dicampur dengan bumbu bawang putih, saus ikan, cabai, kacang kedelai, gula dan juga asam. Selain itu, Pad Thai biasanya disajikan dengan irisan daging ayam, daging sapi atau seafood.

Tod Man Pla

Makanan Khas Thailand (Special)

Tod Man Pla adalah makanan khas Thailand yang mirip dengan kroket. Menggunakan bahan utama ikan, yang dibungkus dengan adonan kentang dan dilapisi remah roti kemudian digoreng. Umumnya jenis ikan yang digunakan adalah ikan kod, dan salmon. Tod Man Pla biasanya disajikan dengan saus cabai dan sayuran segar lainnya.

Khao Tom

Makanan Khas Thailand (Special)

Khao Tom merupakan hidangan penutup di Thailand yang terbuat dari beras ketan, dan kacang hitam, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Dari bahan utamanya hampir sama dengan lepet yang ada di Indonesia. Khao Tom memiliki makna khusus bagi penduduk Thailand, yaitu sebagai simbol pasangan serasi karena dibungkus dan diikat menggunakan tali bambu.

Khanom Krok

Makanan Khas Thailand (Special)

Khanom Krok merupakan salah satu hidangan penutup dengan cita rasa manis khas Thailand. Makanan ini terbuat dari campuran tepung, kelapa dan gula. Biasanya Khanom Krok akan disajikan dengan topping jagung manis, ubi atau talas. Namun, seiring berkembangnya zaman Khanom Krok juga divariasikan dengan rasa gurih dan creamy serta dilengkapi daun bawang atau ayam sebagai topping.

Kalamae

Makanan Khas Thailand (Special)

Kalamae adalah makanan ringan yang memiliki tektur lengket dengan rasa manis mirip dengan dodol atau jenang di Indonesia. Kalamae terbuat dari tiga bahan utama yaitu tepung ketan, santan dan gula. Ketiga bahan tersebut dicampur dan dimasak sampai matang dan tekturnya menjadi kenyal. Setelah itu adonan tersebut dipotong dalam ukuran kecil dan dilumuri dengan biji wijen sebelum dibungkus.

Som Tam

Makanan Khas Thailand (Special)

Som Tam terbuat dari pepaya muda yang dicampur dengan bawang putih, cabai, tomat, saus ikan dan jeruk nipis. Perpaduan pepaya muda dengan bermacam bumbu tersebut menghasilkan rasa yang pedas, manis dan juga gurih. Makanan ini menjadi salah satu makanan paling enak di Thailand. Jadi jika Kamu sedang berlibur ke Thailand, jangan lupa untuk mencobanya, ya.