Dijuluki Surga Kuliner, 7 Makanan Khas Turki Ini Wajib Dicicipi

Rabu, 29 Desember 2021 | 09:30:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Dijuluki Surga Kuliner, 7 Makanan Khas Turki Ini Wajib Dicicipi

Ilustrasi makanan khas Turki, roti pide. (Special)

Ladiestory.id - Turki adalah negara penghasil hidangan yang terkenal enak, karena itulah negara ini dijuluki surganya kuliner. Makanan khas Turki didominasi dengan daging dan sayuran. Rasanya pun bisa diterima lidah kebanyakan orang, termasuk masyarakat Indonesia.

Makanan Khas Turki yang Enak 

Ladiestory.id telah merangkum tujuh makanan khas Turki yang populer, rasanya enak dan pasti menggugah selera. 

1. Kumpir

Ilustrasi makanan khas Turki, kumpir. (Special)

Salah satu makanan khas Turki yang enak adalah kumpir. Kuliner ini terbuat dari bahan utama kentang yang dipanggang dengan aneka topping seperti sayuran, potongan sosis, dan saus yang punya cita rasa gurih dan sangat lezat. Pasti deh menggugah selera. Kumpir biasa dijajakan pedagang kaki lima yang dapat dijumpai di pasar-pasar malam atau pinggir jalan. 

2. Manti

Ilustrasi makanan khas Turki, manti. (Special)

Kuliner khas Turki selanjutnya adalah Manti yang merupakan olahan daging sapi yang dibungkus dengan adonan layaknya pangsit. Adonan yang dibungkus ini selanjutnya direbus atau digoreng. Manti disajikan dengan yoghurt, rasanya enak dan unik di lidah. 

3. Kebab 

Ilustrasi makanan khas Turki, kebab. (Special)

Makanan khas Turki yang satu ini sudah mendunia, di Indonesia pun banyak masyarakat yang menggemarinya. Kebab diolah dari irisan daging sapi yang dipanggang lalu dibungkus roti dan diisi dengan sayuran dan saus. Rasanya enak, unik, dan cukup mengenyangkan. Kebab jadi salah satu makanan yang paling banyak diburu wisatawan saat berkunjung ke Turki.

4. Kokoretsi

Ilustrasi makanan khas Turki, kokoretsi. (Special)

Kokoretsi dikenal juga dengan nama kokorek. Kuliner ini diolah dari jeroan yang dililit usus kambing lalu dibakar bersama ragam dengan aneka rempah khas yang mengeluarkan aroma sedap dan juga gurih. Kokoretsi biasa disajikan dengan roti baquette yang sudah diberi bumbu oregano dan paprika. 

5. Menemen

Ilustrasi makanan khas Turki, menemen. (Special)

Kuliner khas turki lainnya yang enak dan pasti menggugah selera Kamu adalah menemen. Makanan ini berupa telur yang dimasak orak arik dan dicampur sayuran paprika hijau, tomat dan tumisan bawang bombai ditambah dengan berbagai  bumbu. Menemen biasanya dimasukan dalam isian roti dan disantap sebagai sarapan.

6. Lahmacun

Ilustrasi makanan khas Turki, lahmacun. (Special)

Kuliner khas turki yang satu ini mirip dengan pizza. Lahmacum terbuat dari roti yang dipanggang dengan bermacam topping seperti peterseli, daging, bawang bombay, dan tomat. Lahmacum biasanya disantap dengan digulung seperti kebab. Untuk menyantap makanan ini Kamu tidak perlu sendok ataupun garpu, cukup dengan tangan karena kuliner ini berbentuk gulungan yang praktis dimakan. 

7. Roti Pide

Ilustrasi makanan khas Turki, roti pide. (Special)

Satu lagi kuliner khas turki yang mirip pizza, yakni roti pide. Kesamaan pizza dan roti pide dari roti yang terhampar dengan permukaan diberi bermacam topping, seperti daging sapi, telur, sosis, dan masih banyak lagi. Bedanya kalau pizza bisa disantap setiap hari sedangkan roti pide hanya bisa dinikmati pada bulan Ramadan saja. 

Dalam proses pembuatannya roti pide sama seperti pizza yakni dengan cara dipanggang. Bahan-bahan yang dibuat untuk roti pide yakni terigu susu, ragi instan, air dan minyak zaitun. Saat roti yang dipanggang sudah matang selanjutnya ditaburi biji nigella dan yoghurt, lalu diberi topping