5 Makanan Lezat Khas Dubai yang Menggoyang Lidah

Jumat, 29 Juli 2022 | 13:00:00

Kevin Putranto

Penulis : Kevin Putranto

5 Makanan Lezat Khas Dubai Yang Menggoyang Lidah

dubai (pixabay.com)

Ladiestory.id - Dubai merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal di dunia. Banyak wisatawan dari kalangan artis maupun artis terkenal dunia kerap mengunjungi kota yang berada di negara Uni Emirat Arab ini. Banyak tempat wisata yang terkenal di Dubai, salah satunya yang paling terkenal adalah Burj Khalifa.

Selain terkenal dengan wisatanya, Dubai terkenal dengan gaya hidup masyarakatnya yang mewah dan glamour. Dubai juga menjadi surga bagi mereka yang gemar berbelanja, deretan toko-toko yang menawarkan berbagai macam barang branded dapat ditemukan di sini.

Apabila tidak suka berbelanja, di Dubai juga memiliki wisata lainnya, yaitu wisata kuliner. Bagi pecinta makanan, banyak sekali kuliner lezat yang patut dicoba saat berkunjung ke kota ini, mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran mewah yang akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Banyak sekali makanan khas Dubai yang sudah terkenal ke berbagai belahan dunia. Sebenarnya, tipikal makanan Dubai merupakan dominasi kuliner dari Asia dan Timur Tengah. Sebagian besar makanan khas Dubai berasal dari olahan daging unta sebagai bahan utamanya. Secara umum, daging unta diberi bumbu dan dipanggang untuk memberikan tekstur lembut dan kaya akan rasa rempah.

Berikut 5 rekomendasi makanan khas Dubai yang wajib kamu coba saat berkunjung ke negeri para sultan ini.

Falafel

falafel (pixabay.com)

Ini merupakan salah satu makanan paling terkenal di Semenanjung Arab dan sebenarnya dapat ditemukan di mana-mana. Kamu dapat menikmati falafel di Suriah, Yordania, Arab, Turki, hingga Uni Emirat Arab. Di Timur Tengah, menu falafel menjadi santapan sehari-hari. Tidak heran kamu dapat menemukan falafel di restoran Dubai.

Falafel sendiri adalah adonan bola-bola dari kacang Arab yang digoreng. Rasa falafel yang krispi biasa disajikan dengan sayuran atau kentang dengan cara di rebus, panggang, atau goreng. Apabila di Indonesia, falafel hampir sama dengan perkedel yang enak.

Cokelat Unta

cokelat unta (pixabay.com)

Makanan ini sering dijadikan oleh-oleh khas Dubai untuk keluarga dirumah. Ya, cokelat unta merupakan panganan yang paling banyak dinikmati banyak orang. Rasa cokelat unta begitu enak dan lembut di mulut. Ada banyak pilihan isi di dalam cokelat, seperti rempah-rempah, susu, dan kurma serta kacang-kacangan. Dijamin semua orang yang menerima hadiah cokelat unta ini akan jatuh cinta dengan sensasi rasanya.

Kamu dapat membeli aneka cokelat unta di berbagai toko atau pusat oleh-oleh yang ada di Dubai seperti di Burj Khalifa dan Dubai Mall. Merek cokelat unta yang paling terkenal dan direkomendasikan adalah Al Nassma. 

Matchbous

matchbous (almajlesdiafa.com)

Sajian ini memiliki tampilan sama seperti makanan khas Arab, yaitu nasi kebuli yang sering dijumpai di Indonesia. Namun, di negara Dubai makanan ini disebut dengan matchbous. Makanan ini terbuat dari nasi, tomat, dan daging domba yang telah dibumbui.

Semua bahan di masak dalam kuah kaldu yang enak. Nikmati hidangan khas Dubai ini dengan saus yang terbuat dari perasan jeruk limau dengan ditambahkan dengan air garam.

Tabbouleh

tabbouleh (feastingathome.com)

Jazirah Arab identik dengan berbagai menu yang berasal dari daging domba. Jika kamu bukan pecinta daging, sebaiknya kamu mengetahui makanan khas Dubai yang cocok untuk vegetarian, yaitu tabbouleh. Makanan yang diyakini berasal dari Suriah ini terbuat dari potongan tomat, peterseli, bulgur, mint, dan daun bawang.

Makanan ini dibumbui dengan minyak zaitun, perasan lemon, dan garam.  Ada pula orang yang menambahkan bawang putih serta selada. Bisa pula mengganti bahan bulgur dengan couscous. Sesuaikan saja dengan selera kamu menikmati makanan tradisional Dubai yang masuk Golden Glober 2014 ini.

Esh Asarya

esh asarya (pixabay.com)

Bosan dengan menu makanan berat yang ada di Dubai? Kamu wajib menikmati kudapan khas Timur Tengah bernama Esh Asarya. Makanan ini memiliki bentuk pie atau cheese cake yang lembut. Perpaduan rasa kue yang lembut, manis dengan tambahan krim putih lumer akan membuatmu jatuh cinta.

Esh Asarya atau Bread of the Hareem menjadi camilan favorit banyak kalangan saat liburan asyik ke Dubai. Kalau kamu ingin menikmati waktu santai atau menginap di Burj Khalifa, jangan lupa memesan kudapan manis dan lembut satu ini ya!

Rencanakan liburan menyenangkan di salah satu kota dengan biaya hidup termahal di dunia ini. Jangan lupa untuk mencoba makanan-makanan khas Dubai, rekomendasi makanan di atas akan membuat lidahmu bergoyang.

s