Kongnamul Guk, Makanan Pereda Mabuk

Minggu, 12 Desember 2021 | 02:00:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Kongnamul Guk, Makanan Pereda Mabuk

Makanan khas Korea, kongnamul guk, yang meredakan mabuk

Ladiestory.id -  Korea sudah menjadi negara yang membawa banyak hal baru untuk masyarakat Indonesia. Dimulai dari lagu, pakaian, drama, film hingga makanan. Salah satunya makanan dengan bahan kecambah atau yang dikenal dengan nama tauge.

Secara umum, tumbuhan ini berkembang dengan mengalami tahapan pada fase perkecambahan. Tepatnya, tumbuhan muda yang baru saja berkembang dari tahap embrionik di dalam biji.

Sedangkan dalam dunia kuliner korea, kecambah sering erap diolah ke dalam masakan. Nama dari makanan korea itu adalah sup kecambah atau kongnamul guk. Tentu saja, para penggemar menikmati drama seri Korea Selatan sudah tak asing dengan sup kecambah hangat ini. Dalam dram korea kerap kali muncul sering para tokoh atau pemain menyantapnya di pagi hari setelah acara minum-minum.

Makanan Pereda Mabuk, Kongnamul Guk Namanya

Ada berbagai fakta menarik dan unik dari makanan sup tauge atau kongnamul guk. Biasanya di Korea, minum soju atau minuman keras lainnya bukanlah hal yang dilarang bahkan sudah menjadi sebuah tradisi. Maka, ketika seseorang telah mengalami mabuk karena minuman keras biasanya keesokan harinya mereka makan kongnamul guk atau sup tauge. Manfaat dari makanan ini sebagai pereda mabuk. 

Isi dari Kongnamul Guk sebagai Makanan Korea

Makanan khas Korea, kongnamul guk, yang meredakan mabuk

 

Penjelasan secara detail dari Kongnamul guk sendiri adalah air kaldu yang berisi tauge, ikan asin dan beberapa bumbu lainnya. Alasan memilih bahan dengan tauge dikarenakan akar tauge mengandung bahan kimia khusus yang disebut asparagines. Manfaat dari bahan ini adalah meredakan mabuk dengan cepat dan mengobati pilek atau flu. Bukan hanya itu, tauge kaya akan vitamin C sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Pengertian dari Kongnamul Guk dari Perspektif Estimologi 

Sebenarnya ketika dilihat dari segi etimologi akan berkaitan dengan penamaan. Faktanya, kongnamul guk berasal dari dua kata. Makna yang pertama adalah kata kongnamul yang berarti kecambah. Sedangkan yang Kedua adalah kata guk yang bermakna hidangan sup. Jika keduanya digabungkan, maka akan menjadi kongnamul guk yang berarti sup yang berbahan baku berupa kecambah.

Lebih Enak Jika Disantap Ketika Hangat dan Panas

Sup kecambah ini memang tidak dianjurkan jika disantap ketika sudah dingin. Pasalnya, Cita rasa yang menyegarkan dengan sensasi agak pedas dan gurih akan lebih nikmat ketika hangat. Bukan hanya itu, kongnamul guk dapat diperkaya dengan tambahan kimchi, bahkan telur mata sapi.  Sedangkan untuk penyajiannya, bisa sebagai Banchan atau side dish khas Korea yang sangat lezat jika disantap bersama nasi hangat. 

Punya berbagai varian menarik pada berbagai daerah

Ternyata, Kongnamul guk terdiri dari ragam varian berdasarkan daerahnya. Sebagai contoh pada wilayah Korea bagian selatan, seperti Busan. Sup kecambah umumnya khas dengan penambahan tahu yang berbeda dengan di wilayah utara, seperti Seoul.