Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | BEAUTY | MANFAAT AIR BERAS UNTUK PERAWATAN RAMBUT, DARI MENGHALUSKAN HINGGA MENUMBUHKAN

Manfaat Air Beras untuk Perawatan Rambut, dari Menghaluskan Hingga Menumbuhkan

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Selasa, 16 Maret 2021 | 12:46:34
Durasi baca: 2 menit, 11 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Manfaat Air Beras untuk Perawatan Rambut, dari Menghaluskan Hingga Menumbuhkan 

Perawatan rambut memanfaatkan bahan alami bukan hal baru dan sudah sejak lama digunakan. Salah satunya, menggunakan air beras. Selain wajah, air beras diyakini dapat merawat dan menjaga kesehatan rambut secara alami. Rupanya, pemakaian air beras untuk perawatan rambut telah dilakukan sejak berabad-abad silam, terlebih di Cina, Jepang, dan Asia Selatan. 

Dilansir dalam laman Medical News Today, berdasarkan penelitian yang dilakukan para peneliti, wanita pada periode Heian (794 hingga 1185 M) di Jepang memiliki rambut yang sehat dan panjang hingga mencapai lantai. 

Rahasianya tak lain karena air beras. Mereka rutin mencuci rambut menggunakan air beras. Kisah serupa juga dapat ditemui di zaman modern ini. Di Cina, Wanita Yao, yang tinggal di sebuah desa bernama Huangluo, terkenal memiliki rambut panjang rata-rata mencapai enam kaki atau sekitar 1,8 meter. 

Baca juga: Agar Rambut Tetap Wangi Saat Berhijab

Selain panjang yang luar biasa, rambut wanita Yao juga sangat lama beruban. Mereka mulai beruban ketika mencapai usia 80 tahunan. Lantas, betulkah air beras dapat menumbuhkan rambut dan menjaga kesehatan rambut? 

Khasiat untuk Rambut 

Air beras adalah air yang tersisa dari rebusan air sehabis menanak nasi dan mencuci beras. Air beras mengandung 75-80 persen pati, antioksidan, mineral, dan banyak vitamin. Kandungan ini diyakini berkhasiat menghaluskan rambut, meningkatkan kilau alami rambut, menguatkan rambut, serta membantu rambut tumbuh cepat dan panjang. 

Tak hanya itu, dikutip dari laman Stylecraze, air beras juga mengandung inositol, karbohidrat yang memperbaiki kerusakan rambut, dan asam amino. Inositol ini tetap berada di rambut, bahkan setelah air beras dibilas. Inositol bertindak sebagai perisai untuk melindungi rambut dari kerusakan. 

Asam amino berkhasiat memperkuat akar rambut, meningkatkan volume rambut, juga membuat rambut berkilau dan lembut. Ditambah, air beras tidak memiliki efek samping apa pun sehingga aman digunakan pada rambut secara rutin. 

Baca juga: Rekomendasi Shampo Agar Rambut Cepat Panjang


Khasiat air beras makin besar ditemukan pada air beras yang difermentasi dibanding air beras biasa. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2012 menemukan air beras yang difermentasi memiliki jumlah antioksidan lebih tinggi yang bisa memerangi kerusakan sel rambut dan kulit. 

Untuk memfermentasi air beras, sangat mudah. Ambil air beras dari rebusan nasi atau rendaman mencuci beras. Kemudian biarkan air beras dalam suhu ruangan selama dua hari, itulah proses berfermentasi. Setelah dua hari, saring air beras ke dalam mangkuk bersih sebelum digunakan. 

Meski demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendukung manfaat air beras bagi rambut. untuk kesehatan rambut. Terlepas dari benar atau tidaknya, kamu bisa membuktikan sendiri khasiat air beras bagi rambut di rumah. 

Caranya, sangat mudah. Ada dua cara mengaplikasikan air beras pada rambut. Pertama, merendam rambut dalam bekas cucian beras selama 20-30 menit. Kedua, menyemprotkan air beras ke rambut secara merata dan diamkan selama 20-30 menit. Setelah itu, bilas rambut menggunakan sampo sampai bersih. 

Baca juga: Warna Rambut Yang Cocok Untuk Remaja

Tips perawatan rambut Cara agar rambut tidak rontok Tips menyehatkan rambut

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Beauty