Dapat Turunkan Berat Badan, Ini 7 Manfaat Air Kelapa untuk Berbuka Puasa

Sabtu, 16 April 2022 | 19:25:00

Monica Dameria

Penulis : Monica Dameria

Dapat Turunkan Berat Badan, Ini 7 Manfaat Air Kelapa Untuk Berbuka Puasa

Ilustrasi air kelapa. (Special)

Ladiestory.id - Air kelapa yang disajikan dingin menjadi salah satu minuman berbuka puasa yang cukup digemari dan diincar oleh banyak orang. Air kelapa yang dikonsumsi pada waktu berbuka puasa akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita. 

Saat berbuka puasa, air kelapa dipercaya dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Kandungan serat yang tinggi dalam air kelapa juga dapat membantu menjaga kadar gula dalam tubuh agar tidak drop. Selain itu, simak pula beberapa manfaat konsumsi air kelapa saat berbuka puasa.

Bantu Cegah dan Atasi Dehidrasi

Ilustrasi dehidrasi. (Special)

Air kelapa bermanfaat untuk mencegah sekaligus mengatasi dehidrasi pada tubuh kita. Saat berbuka puasa, penting untuk mengonsumsi minuman yang dapat menggantikan cairan tubuh yang berkurang. Air kelapa sama baiknya dengan air putih dalam mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

Diketahui, air kelapa memiliki banyak kesamaan dengan cairan yang berada di dalam tubuh. Tak hanya itu, air kelapa juga memiliki kandungan elektrolit yang sangat tinggi.

Kandungan lain di dalam air kelapa, seperti potasium, bermanfaat untuk menjaga tekanan air dalam sel dan darah. Selain itu, air kelapa juga mudah diserap oleh tubuh.

Mampu Turunkan Berat Badan

Ilustrasi berat badan turun. (Special)

Metabolisme yang tak sehat dapat membuat kamu kesulitan untuk menurunkan berat badan. Maka dari itu, kamu perlu mengonsumsi banyak cairan tubuh untuk meningkatkan metabolisme.

Air kelapa dipercaya dapat mempercepat metabolisme tubuh yang melambat. Air kelapa juga ampuh untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan kandungan lemak, gula, dan kalori dalam air kelapa memiliki kadar yang sangat rendah.

Kembalikan Energi Tubuh

Ilustrasi tubuh berenergi. (Special)

Air kelapa dapat secara langsung mengembalikan energi tubuh dengan sangat baik. Tak hanya itu, air kelapa mampu mengembalikan kadar gula darah dengan lebih baik karena mengandung gula alami. Kembalinya kadar gula darah, tubuh akan terasa lebih berenergi.

Netralkan Racun dalam Tubuh

Ilustrasi racun dalam tubuh. (Special)

Air kelapa mampu untuk menetralkan racun yang berada dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, kandungan tanin dan antidotum yang terdapat dalam air kelapa sangatlah tinggi. Tak hanya itu, kandungan enzim yang terdapat dalam air kelapa juga dapat mengurai sifat racun dalam tubuh.

Atasi Masalah Pencernaan

Ilustrasi masalah pencernaan. (Special)

Air kelapa dipercaya dapat mengatasi masalah pencernaan saat berpuasa, seperti diare, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, dan gangguan ginjal. Air kelapa memiliki kandungan enzim biaktif alami, seperti asam fosfatase, katalase, dehydrogenase, diastase, dan peroksidase, yang dapat membantu sistem pencernaan.

Lembapkan Kulit

Ilustrasi kulit lembap. (Special)

Mengalami kulit kering seringlah terjadi saat menjalani puasa. Hal ini dikarenakan tubuh sedang mengalami kekurangan cairan yang biasanya melembapkan permukaan kulit. Air kelapa dipercaya dapat menjadi solusi bagi Kamu yang mengalami kulit kering.

Air kelapa juga mengandung vitamin C yang mampu menyehatkan kondisi kulit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Kamu dapat menggunakan pelembap untuk menghindari kulit kering.

Cegah Penuaan Dini

Ilustrasi penuaan dini. (Special)

Manfaat air kelapa untuk berbuka puasa tak hanya bagi kesehatan, namun bisa juga kecantikan. Salah satunya, air kelapa dapat membuat kulit lebih halus dan tampak muda. Air kelapa memiliki kandungan sitokinin yang berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel.

Tak hanya itu, kandungan sitokinin pada air kelapa juga mempunyai efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (pembekuan darah). Sitokinin dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, serta mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia.