5 Manfaat Ajak ke Pantai, Efektif Bantu Perkembangan Buah Hati

Rabu, 9 November 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Manfaat Ajak Ke Pantai, Efektif Bantu Perkembangan Buah Hati

Ilustrasi anak bermain di pantai. (Special)

Ladiestory.id - Pantai merupakan salah satu destinasi liburan yang tepat untuk menghabiskan waktu. Suara deburan ombak yang menenangkan serta angin yang berhembus sejuk menambah suasana menyenangkan di pantai. Tak ayal, mulai dari tua hingga muda menyukai pantai.

Bahkan, beberapa orang tua selalu menempatkan pantai sebagai salah satu tujuan penting ketika berlibur. Menghabiskan waktu di pantai cocok untuk menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi anak dan orang tua. Sebab, pantai dapat menjadi lokasi yang membantu menciptakan momen bagi keluarga.

Selain itu, pantai dapat membangun hubungan yang berkualitas antar ayah, ibu, dan anak. Nah, mengajak anak ke pantai memiliki manfaat lain yang efektif membantu perkembangan si buah hati. Penasaran? Yuk, simak!

Bantu Anak Merasa Tenang

Ilustrasi anak bermain di pantai. (Special)

Bagi beberapa orang, laut merupakan salah satu tempat yang berbahaya bagi anak karena ombaknya yang berderap kencang serta terus menerus mencapai bibir pantai. Nyatanya, menurut terapis okupasi pediatri, Lindsey Biel mengatakan bahwa suara atau irama dalam ombak laut merupakan salah satu fitur sensorik yang memberikan manfaat bagi perkembangan anak.

Selain itu, suara ombak tersebut dapat memberikan efek meditasi pada otak anak. Sehingga, menghasilkan sebuah ketenangan pada tubuh dan pikiran anak.

Latih Anak Terampil dalam Berpikir

Ilustrasi anak bermain di pantai. (Special)

Bermain di pantai ternyata memiliki manfaat bagi anak, lho. Ketika kamu membiarkan anak bermain dengan air laut hingga pasirnya, hal tersebut dapat membantu meningkatkan keterampilannya serta tingkat eksplorasinya. Bahkan, hasil penelitian menyatakan bahwa anak balita akan secara otomatis belajar mengenai cara menghindari gerakan air laut ketika mendekatinya.

Anak juga secara mandiri terampil dalam berpikir, misalnya cara menuangkan dan menyendok pasir, membuat istana pasir, hingga bermain air di pantai. Aktivitas semacam itu sangat memberikan efek positif dan melatih anak terampil dalam berpikir.

Tingkatkan Kesadaran Tubuh Anak

Ilustrasi anak bermain di pantai. (Special)

Tak hanya ombak, ternyata pasir di pantai juga memiliki manfaat, lho. Ketika anak bermain di pasir pantai, maka akan tercipta sensasi tubuh yang unik ketika duduk, berbaring, berjalan, hingga berlari.

Karena permukaan pasir pantai yang tidak stabil dapat melatih anak untuk menjaga keseminbangan, mengembangkan kesadaran tubuh, hingga anak dapat memiliki keseimbangan melalui gerakan vestibular.

Bantu Menstimulasi Sensorik Anak

Ilustrasi anak bermain di pantai. (Special)

Dengan merasakan sentuhan, tekanan, suhu, hingga rasa sakit pada tubuh saat bermain pasir dan air pantai akan membuat anak menjadi berkembang sensoriknya. Anak akan menikmati sensai tersebut melalui jari-jari kaki dan tangannya. Hal ini tentu belum pernah dirasakan anak sebelumnya. Aktivitas semacam ini sangat` baik untuk mendukung stimulasi sensorik pada anak.

Tingkatkan Kemampuan Motorik Anak

Ilustrasi anak bermain di pantai. (Special)

Ketika anak berada di area yang luas seperti pantai, maka anak tentu sulit menahan diri untuk tidak berkeliling bahkan berlarian ke berbagai arah. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, aktivitas semacam ini akan sangat membantu bagi si kecil untuk meningkatkan kemampuan motoriknya.

Bahkan, kaki si kecil akan semakin lincah berjalan, tangannya juga mampu menggenggam pasir dengan kuat serta melatih otot-ototnya memiliki kekuatan dan bertumbuh dengan baik, sehingga si kecil semakin tangguh.

Nah, itulah beberapa manfaat mengajak balita ke pantai. Selain memberikan manfaat pada anak, melakukan aktivitas di pantai juga dapat membantu meningkatkan kualitas hubungan antara orang tua dan anak lho. Jadi, jangan ragu untuk berlibur ke pantai. Yuk, mulai coba Ladies!