Atasi Jerawat, 5 Manfaat Aloe Vera Gel untuk Kesehatan Kulit Wajah

Selasa, 9 Agustus 2022 | 16:00:00

Atasi Jerawat, 5 Manfaat Aloe Vera Gel Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Manfaat Aloe Vera untuk wajah (special)

Ladiestory.id - Lidah buaya atau Aloe vera sudah dipercaya memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, salah satunya untuk kulit wajah. Tanaman yang dimanfaatkan pada bagian pelepahnya ini memiliki banyak kandungan nutrisi.

Nutrisi yang terkandung dalam Aloe vera meliputi kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, natrium, zinc, folat, antioksidan, vitamin A, B, C, dan E serta manfaat lain, seperti enzim dan asam amino esensial. Berikut manfaat Aloe vera untuk kesehatan kulit wajah.

Pelembab Wajah

Manfaat Aloe Vera untuk wajah (Special)

Gel pada lidah buaya mengandung 98 persen air, sehingga bantu kamu untuk melembabkan, menenangkan, dan menghidrasi kulit wajah yang kering. Saat musim kemarau saat ini, penting untuk menghidrasi kulit agar tidak kering. Kamu bisa aplikasikan pada siku yang kering, tumit, hingga tangan yang kasar dan teriritasi.

Selain itu, Aloe vera dapat membantu produksi sel kulit baru yang membuat wajah tampak cerah dan sehat. Cobalah untuk rutin menggunakan Aloe vera tiap malam sebelum tidur. Kamu bisa menggunakan aloe vera soothing gel atau lidah buaya asli.

Cegah Jerawat

Foto: Ladiestory.id

Manfaat Aloe vera lainnya adalah dapat mengatasi jerawat. Aloe vera berfungsi untuk menyerap kelebihan minyak yang menjadi penyebab jerawat. Tak hanya itu, Aloe vera juga punya sifat anti-inflamasi.

Lidah buaya dikenal memiliki kandungan antibakteri, yakni antivirus yang dapat obati bentuk jerawat yang meradang. Kandungan lidah buaya juga mempercepat regenerasi atau perawatan luka pada kulit wajah. Kamu bisa menggunakan 2 sendok gel lidah buaya, lalu campurkan dengan 1/4 perasan jeruk lemon. Oleskan dan tunggu 5 sampai 10 menit.

Atasi Iritasi Kulit Wajah

Ilustrasi wajah kemerahan. (Special)

Saat kita tidak cocok menggunakan skincare baru, biasanya wajah akan kemerahan dan menyebabkan iritasi yang terasa gatal. Jika kamu membiarkannya, maka akan menyebabkan masalah pada kulit lainnya, seperti jerawat atau bruntusan. Kamu bisa redakan iritasi pada kulit wajah dengan Aloe vera. Kulit kering dan iritasi bisa diatasi dengan cara mengoleskan masker lidah buaya.

Kecilkan pori-pori

Ilustrasi pori-pori wajah. (Special)

Penyebab pori-pori wajah yang besar dikarenakan produksi sebum yang berlebihan. Lubang yang besar dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan terjadi penumpukan kotoran serta sel kulit mati. Selain itu, akibat dari pori-pori yang besar akan membuat kulit lebih rentan timbul jerawat dan komedo.

Aloe vera dikenal memiliki manfaat untuk mengecilkan pori-pori di wajah. Dengan rutin menggunakan gel lidah buaya, wajahmu akan menjadi lebih segar dan cerah. Selain itu, Aloe vera dapat membantu membersihkan dan menutrisi kulit untuk menghilangkan minyak dan kotoran. Kamu dapat mengoleskannya pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Lalu, bilas dengan air bersih.

Cocok untuk Kulit Sensitif

ilustrasi wajah sensitif Foto: eminenceorganics

Seseorang yang memiliki kulit sensitif dan berjerawat cenderung akan lebih mudah bereaksi terhadap produk berbahan kimia. Apalagi, jika kamu salah memilih kandungan skincare. Aloe vera memiliki vitamin B3 yang aman untuk kulit wajah yang sensitif. Aloe vera sangat aman bagi wajah karena tidak mengandung bahan yang keras.

s