Manfaat dan Efek Samping Pil KB Diane untuk Menghilangkan Jerawat

Selasa, 13 Juli 2021 | 12:05:43

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Manfaat Dan Efek Samping Pil Kb Diane Untuk Menghilangkan Jerawat

Foto: Ladiestory.id

Standar kecantikan pada umumnya memiliki kulit wajah sehat, putih, glowing, bersih alias bebas jerawat. Kendati demikian, banyak wanita yang melakukan apapun untuk mendapatkan kondisi kulit seperti yang diinginkan.

Terutama untuk permasalahan jerawat. Mereka cenderung akan mengikuti "apa kata orang" demi menghilangkan jerawat. Salah satunya dengan mengonsumsi pil kb.

Pil kontrasepsi atau yang lebih sering kita kenal dengan sebutan pil kb, adalah pil harian yang mengandung hormon untuk mengubah cara kerja tubuh dan mencegah kehamilan. Hormon merupakan substansi kimia yang mengontrol dan memfungsikan organ tubuh.

Terdapat 3 merek pil kb yang paling banyak diminati di Indonesia, yakni pil kb andalan, yasmin, dan diane. Nah kabarnya terdapat manfaat pil kb diane untuk kecantikan. Bagaimana kebenarannya?

Apa itu Pil KB Diane?

Foto: Ladiestory.id

Pil kb diane merupakan alat kontrasepsi yang berfungsi untuk mencegah kehamilan.

Pil kb ini memiliki hormon progestin sintetis yang satu ini bisa mengatasi gejala hiperandrogen yang banyak dialami para wanita di usia produktif.

CPA merupakan hormon sintetis yang bekerja menghambat reseptor androgen, sehingga menurunkan produksi hormon androgen.

Hormon androgen atau hormon laki-laki ditemukan dalam tubuh wabita dan jika jumlahnya berlebihan maka dapat mengakibatkan gejala hirsutisme meliputi pertumbuhan rambut yang lebat, timbul jerawat, rambut rontok, kulit berminyak. 

Namun jika hormon tersebut dapat dihambat, maka akan bepengaruh sehingga menjadikan kulit halus dan mencegah jerawat radang.

Pasalnya jerawat disebablam oleh banyak hal, salah satunya akibat produksi minyak berlebih.  Selain itu, hiperandrogenisme juga dapat menyebabkan pertumbuhan rambut berlebih, yang disebut hirsutisme.

Namun, Anda perlu ingat bahwa saat menggunakan pil kb yang satu ini, Anda mungkin mengalami gejala efek samping yang sifatnya hanya sementara. Sebagai contoh, Anda mungkin merasakan rasa sakit saat buang air kecil, punggung terasa sakit, kencing berdarah, hingga paha seperti ditusuk jarum.

Apakah Semua Jenis Pil KB Dapat Menghilangkan Jerawat?

Foto: Ladiestory.id

Sejauh ini hanya pil kb diane yang memiliki kombinasi estrogen dan progesteron yang sudah terbukti efektif mengatasi jerawat.

Sedangkan pil kb yang hanya mengandung progesteron justru dapat memperburuk jerawat.

Penelitian masih terus dilakukan untuk mencari kemungkinan jenis pil kb lain yang dapat menghilangkan jerawat, baik pil kb kombinasi maupun yang hanya mengandung progesteron.

Efek Samping Pil KB Diane

Foto: Ladiestory.id

Seperti kebanyakan obat yang mengandung hormon, Pil kb Diane juga memiliki beberapa efek samping. Efek ini dapat bersifat ringan dan hilang setelah berhenti mengonsumsi obat.

Namun, jika efek ini muncul dan semakin intens segeralah konsultasikan dengan dokter. Beberapa efek samping tersebut diantaranya adalah:

  1. Munculnya rasa sakit, terasa bengkak dan membesar serta muncul sekresi pada payudara.
  2. Efek pada susunan saraf pusat seperti sakit kepala, migrain, perubahan libido dan mood.
  3. Mual, muntah dan rasa tidak nyaman di pencernaan.
  4. Ruam kulit.
  5. Bertambahnya sekresi vaginal.
  6. Intoleransi terhadap lensa kontak.
  7. Retensi cairan, perubahan berat badan dan reaksi alergi.

Meskipun pil kb dapat membantu mengobati jerawat, namun pengobatan jerawat tetap harus disesuaikan dengan penyebabnya. Pil kb bukan cara satu-satunya untuk menyembuhkan jerawat. Jadi wajib mengonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakan pil kb ini.