4 Manfaat dan Proses Perawatan Keratin Treatment

Kamis, 18 November 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

4 Manfaat Dan Proses Perawatan Keratin Treatment

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Keratin treatment atau perawatan keratin rambut adalah rangkaian perawatan kecantikan untuk mendapatkan rambut lurus. Sudah banyak orang yang melakukan perawatan keratin rambut, mereka mengaku rambutnya menjadi lebih halus, lurus serta mudah diatur. 

Lalu apa sih manfaat keratin treatment dan bagaimana prosesnya? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat Keratin Treatment

Selain untuk meluruskan dan menghaluskan rambut, keratin treatment juga memiliki banyak manfaat, di antaranya:

1. Menguatkan Rambut

Foto: Ladiestory.id

Melakukan keratin treatment mampu mempererat ikatan antara akar dan folikel rambut sehingga dapat mencegah rambut kamu dari kerontokan dan rapuh. Dengan begitu, rambut akan lebih sehat, bahkan bisa tumbuh lebih cepat.

2. Membuat Rambut Cepat Kering Saat Basah

Jika kamu selalu bepergian pada pagi hari, keratin treatment bisa menjadi pilihan perawatan rambut, pasalnya perawatan ini dapat menghemat waktu kamu untuk mengeringkan rambut.

Rambut kamu akan lebih lembut dan halus, serta lebih cepat kering saat kondisi basah bahkan di saat cuaca sedang panas dan lembap. Dengan begitu, kamu tidak perlu menggunakan alat pengering rambut setiap hari.

3. Melindungi Rambut

Foto: Ladiestory.id

Manfaat berikutnya dari perawatan keratin adalah melindungi rambut agar helaiannya lebih kuat. Perawatan keratin akan membuat rambut lebih berkilau dalam cuaca apapun, seperti pada cuaca panas, berangin, atau kering.

Jika kamu tinggal di daerah yang memiliki banyak polusi atau kabut asap, maka melakukan keratin treatment secara rutin bisa  mencegah rambut kusam akibat seringnya terpapar asap tersebut.

4. Mencegah Rambut Kusut

Manfaat lainnya dari keratin treatment adalah mencegah rambut kusut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang melakukan keratin treatment akan memiliki rambut yang halus dan mudah diatur. 

Hal ini karena perawatan keratin rambut bekerja dengan cara menghaluskan sel-sel rambut yang tumpang tindih membentuk helai rambut kamu. Lapisan sel, yang disebut kutikula rambut, secara langsung bisa menyerap keratin sehingga akan menghasilkan rambut yang lebih mengkilap. Keratin treatment juga akan membuat rambut keriting menjadi tampak lurus, mudah diatur, dan tampak lebih rapi.

Proses Perawatan Keratin Treatment di Salon Kecantikan

Foto: Ladiestory.id

Proses perawatan keratin rambut di salon kecantikan biasanya memakan waktu sekitar 90 menit. Tetapi, tergantung juga pada panjang rambut kamu, semakin panjang rambut, mungkin akan dibutuhkan waktu berjam-jam untuk melakukan keratin treatment di salon kecantikan dan retouch setiap beberapa bulan. 

Saat melakukan perawatan keratin rambut di salon, ada beberapa tahapan yang harus kamu lakukan, yaitu:

  • Pertama pegawai salon akan mencuci rambut kamu hingga  benar-benar  bersih. 
  • Selanjutnya keratin treatment dilakukan dengan cara mengoleskan serum atau cairan keratin mulai dari kulit kepala sampai batang rambut. 
  • Kemudian, rambut kamu akan dikeringkan dan dilakukan proses pelurusan rambut dengan menggunakan alat pemanas besi yang berbentuk pipih.
  • Setelah itu, rambut kamu akan dibilas lagi untuk membersihkan proses perawatan yang telah dilakukan. 
  • Terakhir pegawai salon akan mengeringkan rambut kamu.

Nah itulah informasi mengenai manfaat dan proses perawatan keratin treatment di salon kecantikan. Tertarik untuk melakukan perawatan rambut dengan keratin treatment?