Manfaat Facial Massage bagi Kesehatan dan Kecantikan Wajah 

Selasa, 16 Maret 2021 | 00:45:48

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

Manfaat Facial Massage Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Wajah 

Tak hanya otot tubuh, otot-otot wajah juga memerlukan perawatan agar kembali rileks. Salah satu perawatan yang dapat dilakukan adalah pijat wajah atau facial massage. Selain menjadi salah satu teknik relaksasi yang menyenangkan, facial massage merupakan rutinitas kecantikan yang wajib dilakukan.

Sama dengan tubuh, wajah juga perlu dipijat. Ketika melakukan facial massage, wajah akan merasakan ketenangan dan kesegaran. Umumnya, facial massage dilakukan dengan beragam teknik seperti dengan alat face roller dan tangan menggunakan cleansing balm.

Vanda Serrador, ahli perawatan wajah dan tubuh, mengatakan pijat wajah adalah teknik yang dirancang untuk mempercepat sirkulasi darah, menstimulasi, mengencangkan, juga merevitalisasi otot wajah dalam rangkaian gerakan dinamis. 

Teknik ini dapat membantu meningkatkan aliran alami sirkulasi darah dan penyaluran limfatik serta melepaskan ketegangan di area yang tersumbat. "Melakukan ini secara teratur setidaknya sekali sehari akan membantu memperbaiki warna kulit dan pembentukan otot, melepaskan stres secara umum, dan menemukan ketenangan," katanya kepada Skincare.com. 

Untuk melakukan facial massage, kamu tak perlu pergi klinik kecantikan maupun salon kecantikan. Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah. “Anda dapat memijat wajah sendiri kapan saja, seolah-olah sedang melatih tubuh Anda,” ucapnya. 

Serrador cenderung melakukan pijat wajah pada pagi hari untuk merevitalisasi dan mengencangkan kulit. Selain pagi hari, Serrador terkadang juga melakukan pijat wajah pada malam hari. Ia menggabungkannya dengan beberapa meditasi kesadaran untuk lebih melepas lelah. 

"Luangkan waktu setidaknya dua menit untuk melakukan pijat wajah, sekali atau dua kali sehari. Semakin banyak Anda melakukannya, semakin baik," saran Serrador. 

Selain itu, jika kamu memperhatikan otot-otot tertentu di wajah yang membutuhkan lebih banyak perhatian, otot itulah yang membuat Anda lebih sering berkonsentrasi. Serrador merekomendasikan untuk memijat menggunakan minyak wajah. "Teksturnya bagus untuk memijat karena memungkinkan aliran pijatan terbaik," ujarnya. 

Untuk minyak wajah, Serrador memilih menggunakan Kiehl’s Cannabis Sativa Seed Oil Herbal Concentrate karena non-komedogenik, membantu menenangkan, melembapkan, juga membersihkan kulit. Bila tidak suka memakai minyak, Serrador merekomendasikan menggunakan serum dengan kandungan formula yang dapat menghidrasi kulit. 

Cara melakukan pijat wajah sangat mudah. Pertama, bersihkan wajah terlebih dulu memakai facial wash. Setelah itu, aplikasikan minyak wajah atau serum ke wajah hingga leher secara merata. Pijat lembut kulit di sepanjang sisi leher dengan gerakan ke bawah menggunakan ujung jari. 

Kemudian pijat area wajah dengan gerakan ke atas dan ke luar di sepanjang garis rahang, mulut, pipi, di atas alis, serta dahi. Kamu bisa memijat wajah memakai face roller untuk hasil lebih maksimal. "Pijat wajah yang dilakukan dengan alat lebih intens dibanding hanya memakai jari," ucap Serrador.