5 Manfaat Hidup Rukun dengan Tetangga Menurut Ajaran Islam

Senin, 16 Mei 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

5 Manfaat Hidup Rukun Dengan Tetangga Menurut Ajaran Islam

Ilustrasi kehidupan bertetangga. (Special)

Ladiestory.id - Hidup rukun dengan tetangga sepertinya merupakan sebuah kewajiban jika Kamu tinggal di Indonesia. Hal ini disebabkan karena padatnya penduduk di negara ini yang mengharuskan mereka tinggal saling berdekatan. Oleh karenanya, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya ia memuliakan tetangganya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Lantas, apa saja manfaat yang dapat tercipta jika hidup rukun dengan tetangga? Berikut Ladiestory.id telah merangkumnya untukmu.

Terciptanya Nilai-nilai Kebersamaan dalam Bertetangga

Ilustrasi kehidupan bertetangga. (Special)

Memuliakan tetangga adalah salah satu kewajiban seorang umat muslim. Hal ini lantaran tetangga adalah orang terdekat yang akan menolongmu setelah keluarga. Bahkan, bukan tidak mungkin hidupmu bergaantung pada tetangga. Oleh karena itu, Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Hujurat ayat 10:

"Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya Kamu mendapat rahmat."

Saling Bertoleransi kepada Tetangga

Ilustrasi kehidupan bertetangga. (Special)

Jika dihubungkan dengan poin yang di atas, sikap saling menghargai antara Kamu dengan tetangga akan menciptakan sikap toleransi yang kuat. Tidak membedakan suku, ras, dan agama menjadikan Kamu dan tetangga melebur menjadi satu manusia yang sama.

Oleh sebab itu, Kamu maupun tetangga sebaiknya menciptakan suasana yang kondusif dan tidak mengganggu orang sekitar agar dapat hidup dengan rukun.

Hal tersebut juga selalu diingatkan oleh malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW:

"Jibril memerintahkan berbuat baik kepada tetangga secara luas, yang aku berpikir bahwa ia memasukkan tetangga sebagai ahli waris.'' (HR Muttafaqun'alaih).

Terciptanya Saling Tolong Menolong antara Tetangga

Ilustrasi kehidupan bertetangga. (Special)

Bersikap tolong menolong juga akan semakin mudah apabila Kamu dan tetangga sudah dapat saling menghargai pendapat dan bertoleransi. Hubungan baik antartetangga dapat diperkuat dengan adanya sikap tolong menolong yang dapat menimbulkan simpati dan empati di antara warga.

Allah SWT juga berfirman dalam surah An-Nisa’ ayat 36 tentang anjuran berbuat baik dengan tetangga:

۞ وَٱعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا۟ بِهِۦ شَيْـًٔا ۖ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا وَبِذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَٱلْجَارِ ذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْجَارِ ٱلْجُنُبِ وَٱلصَّاحِبِ بِٱلْجَنۢبِ وَٱبْنِ ٱلسَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَٰنُكُمْ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ مَن كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

Artinya: "Sembahlah Allah dan janganlah Kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri."

Suasana Sakinah dan Hidup Berkah akan Tercipta

Ilustrasi kehidupan bertetangga. (Special)

Hanya dari senyuman dan juga lambaian tangan, Kamu sudah dapat menciptakan hubungan yang baik dengan tetangga. Hal yang tepat untuk mengawali hidup rukun dengan tetangga adalah dengan tersenyum tulus dan menyapa dengan beberapa kalimat sederhana.

Karena hal tersebut, Kamu sudah akan dapat merasakan manfaat-manfaat dari terciptanya suasana sakinah yang penuh berkah. Dari Abu Hurairah, sesungguhnya Nabi Muhammad SAW biasa mengucapkan doa:

“Wahai Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari tetangga yang buruk di kediaman yang tetap, karena tetangga dalam masyarakat yang berpindah-pindah selalu berganti-ganti.” (HR. Ibnu Hibban).

Hidup Menjadi Lebih Tenang

Ilustrasi kehidupan bertetangga. (Special)

Salah satu manfaat yang dapat dirasakan jika dapat hidup rukun dengan tetangga adalah hidup menjadi lebih tenang. Rasa tenang tersebut didapatkan dari tidak adanya masalah yang timbul antara Kamu dengan tetangga. Kamu juga akan semakin mengerti sifat dan karakter tetanggamu apabila Kamu semakin sering bergaul dengannya.

s