5 Manfaat Kandungan Alkohol untuk Perawatan Kulit dan Rambut

Senin, 5 Desember 2022 | 10:30:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Manfaat Kandungan Alkohol Untuk Perawatan Kulit Dan Rambut

Ilustrasi produk perawatan kulit. (Special)

Ladiestory.id - Dalam mencari produk perawatan kulit yang sesuai, kamu pasti pernah mendengar beberapa komposisi di dalamnya. Dalam komposisi tersebut, terdapat beberapa kandungan alkohol. Biasanya, alkohol dalam skincare akan memberikan dampak negatif. Seperti iritasi, kemerahan, hingga rusaknya sel kulit.

Akan tetapi, hal itu tidak sepenuhnya benar. Justru ada beberapa jenis alkohol yang berperan penting dalam meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Seperti jenis alkohol cetyl alcohol, behenyl alcohol, lauryl alcohol, stearyl alcohol, hingga cetearyl alcohol. 

Tidak semua jenis alkohol buruk untuk kulit. Masih ada beberapa alkohol yang baik dan aman untuk kulit. Apalagi jika alkohol tersebut terbuat dari bahan-bahan alami seperti minyak kelapa sawit. Sehingga, aman untuk digunakan dalam produk perawatan kulit dan rambut.

Jenis-jenis alkohol tersebut biasanya digunakan sebagai pelembap kulit dan rambut. Akan tetapi, masih ada banyak manfaat tersembunyi alkohol bagi kesehatan. Nah, Ladiestory.id sudah merangkumkan beberapa manfaat dari alkohol untuk kamu. Yuk simak!

Lawan Bakteri

Ilustrasi luka. (Special)

Untuk beberapa jenis alkohol gosok yang dijual di pasaran, biasanya ada beberapa yang mengandung zat air atau zat minyak di dalamnya. Manfaat dari alkohol sendiri dapat melawan bakteri dan juga mikroba berbahaya lainnya.

Akan tetapi, manfaat terpenting alkohol ialah untuk membersihkan luka dan mendesinfeksi permukaan. Ketika alkohol bersentuhan dengan kulit, maka akan bekerja sebagai desinfektan dengan cara menghancurkan bakteri yang ada. 

Bantu Pengobatan Jerawat

Ilustrasi serum wajah (Special)

Alkohol menjadi zat yang ideal untuk persiapan injeksi dan penggunaan medis lainnya. Efek antibakteri dan antimikroba dari alkohol sendiri mampu membantu pengobatan jerawat, terutama pada jerawat inflamasi, yang biasa disebabkan bakteri P. acnes.

Bakteri P. acnes menjadi salah satu bakteri penyebab infeksi jerawat, sehingga pemakaian alkohol dalam jumlah yang tepat mampu mengobatinya. Namun, alkohol memiliki kemungkinan yang kecil untuk perawatan jerawat yang tidak meradang (komedo dan komedo putih).

Percepat Skincare Meresap ke Kulit

Ilustrasi skincare. (Special)

Selain membantu dalam pengobatan jerawat, alkohol juga memiliki fungsi sebagai zat pelarut, hal itu terjadi jika alkohol memiliki berat molekul yang rendah. Sehingga, alkohol dapat membantu produk perawatan kulit lainnya untuk meresap ke kulit. Produk yang memiliki kandungan alkohol tersebut, biasanya meresap lebih cepat ke dalam kulit wajah daripada produk non alkohol lainnya.

Kurangi Produksi Minyak

Ilustrasi kulit wajah yang sehat. (Special)

Produksi minyak yang berlebihan sering menjadi masalah bagi sebagian orang. Nah, manfaat alkohol lainnya selain membantu produk skincare meresap lebih cepat ke kulit adalah mengurangi produksi minyak. Bagi kamu yang memiliki kondisi kulit berminyak, maka alkohol mampu mengangkat minyak berlebih serta membersihkan pori-pori yang tersumbat. Sehingga, kesehatan kulit tetap terjaga.

Lembapkan Kulit dan Rambut

Ilustrasi rambut panjang yang sehat (Special)

Manfaat terakhir dari alkohol adalah melembapkan kulit dan rambut. Produk skincare yang mengandung alkohol dengan molekul yang lebih berat dan tinggi bisa berpotensi dalam membantu menjaga kelembapan rambut dan kulit.

Contohnya, seperti alkohol cetyl, stearyl, dan cetearyl. Alkohol-alkohol tersebut dapat membuat lapisan luar kulit terasa lebih lembut serta memperbaiki tekstur kulit. Sehingga, kulit akan terasa lebih halus. Untuk kandungan alkohol dalam produk perawatan rambut, kandungan alkohol tersebut bisa membuat rambut lebih terjaga dari kerontokan.

Itu dia beberapa manfaat dari alkohol. Beberapa kandungan alkohol dalam skincare tidak sepenuhnya berdampak buruk bagi pemakainya. Hanya saja, perlu takaran yang sesuai guna menjaga kualitas produk itu sendiri. Akan tetapi, jika kamu memiliki kulit dan rambut yang sensitif, maka diperlukan saran dari ahli mengenai pemakaian alkohol dalam produk skincare-mu.