5 Manfaat Keramas Menggunakan Air Dingin, Baik untuk Kesehatan

Senin, 8 November 2021 | 00:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

5 Manfaat Keramas Menggunakan Air Dingin, Baik Untuk Kesehatan

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Salah satu kunci dari rambut yang sehat adalah rambut dan kulit kepala yang bersih. Untuk dapat membersihkan rambut dan kulit kepala secara maksimal, kamu perlu memperhatikan beberapa hal kecil yang ternyata memberi dampak pada kesehatan rambut, salah satunya adalah suhu air yang tepat untuk keramas.

Keramas dengan suhu air yang tepat dapat menyehatkan rambut dan kulit kepala. Banyak belum tahu nih kalau keramas menggunakan air bersuhu dingin membuat rambut jadi sehat berkilau. Jadi, apa sih manfaat keramas menggunakan air dingin?

Manfaat Keramas Menggunakan Air Dingin

Keramas dengan air dingin ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Apa sajakah manfaat keramas dengan air dingin? Inilah manfaat yang akan kamu rasakan saat kamu mencuci rambut dengan air dingin:

1. Menjaga Kulit Kepala Tetap Bersih

Foto: Ladiestory.id

Pori-pori rambut yang terbuka mengakibatkan menumpuknya kotoran, polusi, minyak, dan keringat di folikel kulit kepala. Keramas dengan air dingin dapat menutup pori-pori dan membuat kulit kepala terasa lebih bersih.

2. Melancarkan Peredaran Darah di Kulit Kepala

Air dingin dapat membuka pembuluh darah di kulit kepala sehingga aliran darah di kulit kepala menjadi lancar. Peredaran darah yang lancar di kulit kepala dapat menghantarkan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan rambut. Alhasil rambut dan kulit kepala tampak sehat.

3. Mencegah Kerontokan Rambut

Foto: Ladiestory.id

Di bagian sebelumnya telah dijelaskan bahwa peredaran darah yang lancar di kulit kepala dapat memaksimalkan penyerapan nutrisi yang dibutuhkan rambut dan kulit kepala agar selalu sehat dan bersinar.

Nutrisi-nutrisi ini juga dibutuhkan akar rambut agar tetap kuat dan mencegah kerontokan. Dengan kata lain, mencuci rambut dengan air dingin dapat membantu proses pertumbuhan rambut yang sehat.

4. Menjaga Kadar Sebum di Kulit Kepala agar Tetap Seimbang

Manfaat berikutnya dari air dingin untuk kesehatan rambut dan kulit kepala adalah menjaga keseimbangan kadar sebum. Sebum merupakan komponen minyak alami yang bertugas untuk memberikan perlindungan pada rambut dan kulit kepala dari pengaruh lingkungan.

Rambut dan kulit kepala pun jadi lebih terhidrasi setelah rutin mencuci rambut menggunakan air dingin. Membuat rambut tampak lembut dan mudah diatur.

Dengan terjaganya kadar sebum, rambut pun juga akan terasa lembap, lembut, dan mudah diatur. Rambut pun akan tampil lebih berkilau dan mengurangi kekusutan rambut.

5. Mempertahankan Warna Rambut

Foto: Ladiestory.id

Manfaat lain yang dapat kamu rasakan dari keramas menggunakan air dingin adalah warna rambut yang awet dan tahan lama. Mencuci rambut dengan air panas dapat membuat warna rambut lebih cepat luntur.

Jika kamu kebetulan punya rambut berwarna, hindari penggunaan air panas saat keramas ya agar warna rambutmu tetap cantik!

Itulah tadi enam manfaat keramas menggunakan air dingin. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu, ya! Selamat mencoba!