Tak Hanya sebagai Bumbu Dapur! 5 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Tak Hanya Sebagai Bumbu Dapur! 5 Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

kunyit bubuk. (Special)

Ladiestory.id - Salah satu bahan bumbu yang memiliki karateristik menghasilkan warna kuning dan sering kamu temui di dapur adalah kunyit. Selain bermanfaat untuk keperluan memasak, kunyit juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Kamu bisa menggunakannya dengan cara dikonsumsi hingga dioleskan.

Adanya kandungan komponen bioaktif kurkumin yang terkandung dalam kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Kini, kunyit menjadi salah satu bahan yang juga digunakan dalam berbagai produk kecantikan, loh. Namun, apa saja manfaat kunyit bagi kecantikan? Yuk, simak.

Buat Kulit Jadi Glowing

Ilustrasi perawatan kunyit. (Special)

Adanya kandungan anti–inflamasi dan antioksidan membuat kunyit dapat membantu wajah kamu menjadi glowing. Selain itu, kunyit juga dapat membantu kulitmu segar dengan mengeluarkan cahaya alaminya.

Jika kamu ingin mendapatkan manfaatnya, kamu dapat mengolahnya menjadi masker wajah. Cukup campurkan sedikit madu, kunyit, dan juga Greek yogurt dalam satu wadah. Kemudian, oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Jangan lupa, bilas masker menggunakan air hingga bersih.

Obati Luka

Ilustrasi Bekas Luka. (Special)

Salah satu kandungan kunyit yang dapat membantu mengobati luka adalah kurkumin. Manfaatnya dapat membantu menurunkan perandangan dan oksidasi pada luka. Sehingga, luka akan lebih cepat untuk mengalami proses penyembuhan. Sebuah studi juga menemukan, manfaat kunyit dapat mempengaruhi jaringan dan kolagen secara positif.

Samarkan Bekas Jerawat

Foto: IDNTimes

Kemampuan kunyit menjadi bahan anti-inflamasi sangat cocok bagi kamu yang sedang berjerawat atau memiliki bekas jerawat. Penyebab jerawat sendiri berasal dari bakteri bernama Propionibacterium acnes. Kebanyakan perempuan akan mengoleskan obat yang mengandung antibiotik untuk mengatasinya.

Namun, terlalu sering terpapar bahan kimia akan membuat hasilnya kurang maksimal. Kurkumin yang terdapat dalam kunyit justru efektif sebagai bahan untuk memerangi bakteri penyebab jerawat dengan mengkombinasikannya pada asam laurat.

Ingin mencobanya? Kamu dapat menggunakan bubuk kunyit dan campurkan dengan berbagai bahan rumahan untuk masker wajah seperti, madu, lidah buaya, yogurt, hingga sari cuka apel. Selain itu, bisa juga menggunakan minyak atsiri kunyit. Selamat mencoba.

Perlambat Pertumbuhan Bulu

Ilustrasi kunyit bubuk. (Special)

Jika kamu menginginkan pertumbuhan bulu yang lambat, menggunakan kunyit merupakan pilihan terbaik. Sebab, sebuah studi pada 2017 membuktikan bahwa kunyit memiliki manfaat bagi kecantikan untuk membantu memperlambat pertumbuhan bulu atau rambut yang tidak diinginkan.

Penelitian tersebut dilakukan dengan mengoleskan minyak temulawak, salah satu keluarga kunyit ke 60 orang perempuan dalam 10 minggu studi. Jika kamu hendak mencobanya di rumah, campurkan setengah cangkir susu dingin, ½ cangkir tepung, bubuk kunyit 2 sendok makan, dan garam laut 1 sendok makan. Namun, bagi penderita eksim tidak disarankan. Sebab, rentan membuat kulit menjadi kering.

Mengandung Bahan Anti Aging

ilustrasi anti aging kunyit. (Special)

Sinar ultraviolet yang sering kamu dapati dari sinar matahari dapat membuat kulit terbakar, kanker kulit, kerutan hingga hiperpigmentasi. Sedangkan kunyit, memiliki kandungan yang dapat membantu kulitmu menjadi kembali sehat dan segar. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa antioksidan pada kunyit dapat membantu memperbaiki kerusakan pada kulit akibat paparan sinar matahari dan memperlambat efek penuaan pada kulit.

Kunyit sendiri dapat menghalau enzim elastase yang dapat mengganggu kemampuan kulit untukmemproduksi elastin yang memberi struktur pada kulit. Kamu juga dapat merasakan manfaatnya dengan mencampurkan 4 sendok makan gel lidah buaya dengan 10 tetes minyak atsiri kunyit dan 1 sendok teh minyak argan.

Itulah 5 manfaat kunyit untuk kecantikan yang bisa kamu coba. Ternyata, tak hanya sebagai bahan dapur. Namun, kunyit bisa jadi salah satu pilihan perawatan kecantikan. Selamat mencoba dan salam cantik, Ladies!

s