Mencegah Penuaan Dini, Ini 5 Manfaat Lulur Kopi Bagi Kulit

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Mencegah Penuaan Dini, Ini 5 Manfaat Lulur Kopi Bagi Kulit

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Kopi ternyata bukan hanya nikmat diminum tapi bisa juga dimanfaatkan sebagai kecantikan dengan menjadikannya lulur. Lulur kopi memiliki manfaat bagi kulit wajah dan tubuh. Setidaknya ada 5 manfaat yang bisa didapatkan dari lulur kopi, apa saja manfaatnya? Cari tahu di bawah ini yuk. 

Manfaat Lulur Kopi 

Inilah beberapa manfaat  luar biasa yang bisa kamu dapatkan dari lulur kopi.

1. Mengencangkan Kulit 

Foto: Ladiestory.id

Manfaat yang pertama dari lulur kopi yaitu dapat mengencangkan kulit. Kopi merupakan scrub yang baik untuk membersihkan wajah dan tubuh dari semua kotoran dan sel-sel mati serta dapat meningkatkan regenerasi sel.  

Bubuk kopi bukan hanya dapat meningkatkan penampilan kulit saja, tetapi juga bisa membuat kulit kamu lebih kencang. Proses regenerasi sel kulit juga akan  membantu mengurangi flek hitam pada wajah dan warna kulit yang tidak merata. 

Cara mengaplikasikannya cukup mudah oleskan lulur kopi pada wajah dan tubuh saat mandi, dan biarkan selama 10 sampai 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. 

2. Mencegah Timbulnya Jerawat 

Foto: Ladiestory.id

Manfaat selanjutnya dari lulur kopi adalah mencegah timbulnya jerawat pada wajah. Hal ini lantaran kopi mengandung chlorogenic acid yang mampu berperan sebagai antibakteri dan antiinflamasi yang ampuh dalam memerangi masalah yang disebabkan karena bakteri yang berbahaya penyebab infeksi dan luka pada kulit. 

Untuk mendapatkan manfaat lulur kopi yang satu ini kamu hanya perlu oleskan lulur kopi pada wajah dan diamkan dalam 10 menit hingga mengering. Setelah itu bilas  dengan air bersih dan keringkan dengan menggunakan handuk bersih. 

3. Mencegah Penuaan Dini 

Foto : Ladiestory.id

Seperti yang kita tahu, paparan sinar ultraviolet dapat menimbulkan photoaging. Tapi tenang, Ladies, untuk mengatasinya kamu bisa oleskan lulur kopi pada  wajah dan tubuh, sehingga kondisi kulit kamu akan kembali seperti semula.  

Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa bubuk kopi bisa berperan sebagai pelindung kulit dari kerutan ataupun garis halus dan  mencegah penuaan dini. 

Cara menggunakan lulur kopi untuk mendapatkan manfaat yang satu ini adalah dengan mengoleskannya pada wajah dengan gerakan memutar. Kemudian diamkan selama 15 – 60 menit, selanjutnya bilas dengan air hangat dan keringkan dengan cara  ditepuk-tepuk dengan handuk lembut. 

4. Menghilangkan Selulit 

Foto : theasianparent

Manfaat lainnya yang bisa kamu rasakan dari lulur kopi adalah untuk menghilangkan selulit. Kandungan kafein pada kopi diyakini bisa menghilangkan selulit. Selain itu kafein juga berperan dalam mengalirkan darah ke tubuh. 

Adapun cara menggunakan kopi untuk selulit adalah dengan mengoleskannya pada bagian yang terdapat selulit sambil memijatnya dengan kuat selama beberapa menit. Lalu bilas dengan air bersih, gunakan lulur kopi ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu. 

5. Mengangkat Sel-sel Kulit Mati 

Foto : kencana

Manfaat berikutnya dari lulur kopi yakni untuk  mengangkat sel-sel kulit mati yang merupakan penyebab kulit kasar. Cara mendapatkan manfaat yang satu ini yaitu dengan mengoleskan lulur kopi pada seluruh tubuh dengan gerakan memutar. Kemudian diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih saat mandi.  

Nah, itulah 5 manfaat luar biasa dari lulur kopi. Bukan hanya untuk cegah penuaan dini, tapi beberapa manfaat lainnya pun bisa didapatkan hanya dengan bahan alami kopi yang dicampur dengan bahan alami lainnya. Selamat mencoba.